Siapa itu Isao Takahata dari Studio Ghibli?

Titip Jepang-Isao Takahata

Isao Takahata (高畑 勲) adalah seorang sutradara, penulis skenario, dan produser Jepang. Lahir di Ise (Ujiyamada), Jepang pada tanggal 29 Oktober 1935. Takahata telah didiagnosis menderita kanker paru-paru, dan meninggal pada tanggal 5 April 2018, di sebuah rumah sakit di Tokyo, pada usia 82 tahun. Menjadi salah satu bagian dari pendiri Studio Ghibli, bersama animator Hayao Miyazaki.

Takahata berhasil mendapatkan pengakuan kritis internasional atas karyanya sebagai sutradara film fitur animasi Jepang. Mengawali karir di Toei Animation usai menyelesaikan studinya di Universitas Tokyo pada tahun 1959 dengan gelar Sastra Prancis. Dia bekerja sebagai asisten sutradara, memegang berbagai posisi selama bertahun-tahun dan berkolaborasi dengan rekannya Hayao Miyazaki, yang berujung menyutradarai filmnya sendiri, berjudul The Great Advernture of Horus, Prince of the Sun (1968). Lalu dia melanjutkan bermitra dengan Miyazaki, di bawah naungan Nippon Animation hingga mereka berdua membentuk Studio Ghibli pada tahun 1985.

Penasaran, siapa sosok Isao Takahata?! Simak cerita lengkapnya berikut ini!

Pendidikan & Awal Karir

Sebagai anak bungsu dari tujuh bersaudara dan putra ketiga dalam keluarga tersebut. Ayahnya, Asajirō Takahata (1888–1984), adalah seorang kepala sekolah menengah pertama, yang menjadi kepala pendidikan prefektur Okayama setelah perang. Pada tanggal 29 Juni 1945, ketika Takahata berusia sembilan tahun, dia dan keluarganya selamat dari serangan udara besar-besaran Amerika Serikat di Kota Okayama. 

Titip Jepang-Isao Takahata

Karya-karya Takahata dipengaruhi oleh karya-karya Paul Grimault, seorang animator Prancis, serta sutradara French New Wave, Jean-Luc Godard. Dia juga dipengaruhi oleh sutradara Kanada kelahiran Prancis, Frederic Back, termasuk karyanya Crac dan The Man Who Planted Trees. Dia merasa penting untuk bisa mencapai trompe-Ioeil, ilusi tiga dimensi dengan menggunakan medium dua dimensi.

Selama di sekolah, dia pernah menonton film Prancis Le Roi et I’Oiseau (The King and the Mockingbird), yang membuatnya tertarik pada animasi. Takahata lebih tertarik pada animasi sebagai media, dan ingin menulis dan menyutradarai karya animasi daripada membuat animasi sendiri. Seorang teman menyarankan agar dia melamar pekerjaan sebagai sutradara di Toei Animation; Takahata lulus ujian masuk, dan dipekerjakan sebagai asisten sutradara untuk beberapa acara televisi dan film animasi Toei – termasuk Wolf Boy Ken, di mana dia dibimbing oleh Yasuo Otsuka. Sayangya, dia tidak sukses membawakan film-nya secara komersial Takahata terpaksa diturunkan pangkatnya.

Pada tahun 1979, Takahata bekerja di Nippon selama sekitar satu dekade. Sekitar tahun 1981, Takahata meninggalkan Nippon dan bergabung dengan Telecom Animation Film Co., Ltd. Sekitar tahun 1982, Telecom mendapatkan ide untuk membuat film fitur animasi Little Nemo: Adventures in Slumberland yang mengadaptasi komik Little Nemo, yang menampilkan arahan bersama antara teknik animasi Jepang dan Amerika. Meskipun Takahata dan Miyazaki awalnya terlibat, mereka memilih untuk keluar dari proyek tersebut dan Telecom sendiri karena perselisihan antara arah proyek Jepang dan Amerika.

Studio Ghibli 

Miyazaki mendekati Takahata dengan ide mendirikan studio animasi mereka sendiri berdasarkan kesuksesan Nausicaä; Studio Ghibli kemudian dibentuk pada tahun 1985 oleh Miyazaki, Takahata, dan kolaborator Miyazaki Toshio Suzuki. Studio ini merilis film fitur animasi yang disutradarai oleh Miyazaki, dengan Takahata berperan sebagai produser atau peran lainnya. Takahata juga menyutradarai beberapa film Studio Ghibli. Yang pertama, Grave of the Fireflies, dirilis pada tahun 1988, didasarkan pada cerita pendek semi-otobiografi dengan nama yang sama yang ditulis oleh Akiyuki Nosaka, tetapi Takahata juga sebagian terinspirasi oleh pengalamannya sendiri dari pengeboman Kota Okayama. Grave of the Fireflies menerima pujian kritis atas dampak emosional dan tema anti-perangnya, dan dianggap sebagai film yang mendapatkan penghargaan internasional dari Studio Ghibli.

BACA JUGA: Daftar Lengkap Judul Film Anime Studio Ghibli

Film Ghibli lainnya yang Takahata menjabat sebagai sutradara termasuk Only Yesterday (1991), Pom Poko (1994) dan My Neighbors the Yamadas (1999). Selain mengarahkan dan memproduksi, dia juga menjabat sebagai direktur musik untuk Kiki’s Delivery Service Miyazaki (1989).

Film Isao Takahata

Titip Jepang-Isao Takahata

Isao Takahata menyutradarai beberapa serial televisi di antaranya:  

  1. Heidi, Girl of the Alps (1974)
  2. 3000 Leagues in Search of Mother (1976)
  3. Anne of Green Gables (1979).

BACA JUGA: [REVIEW FILM ANIME] My Neighbors The Yamada : Kisah Keluarga Yamada

Takahata, Miyazaki, dan lainnya membentuk Studio Ghibli pada tahun 1985, di mana dia menyutradai film-film berikut ini: 

Titip Jepang-Isao Takahata

  1. Grave of the Fireflies (1988) 
  2. Only Yesterday (1991) 
  3. Pom Poko (1994)
  4. My Neighbors the Yamadas (1999).
  5. The Tale of the Princess Kaguya (2013), yang dinominasikan untuk Oscar dalam kategori Film Fitur Animasi terbaik di Academy Awards ke-87.

Takahata terus bekerja di Ghibli, menjabat sebagai produser artistik untuk The Red Turtle (2016), film fitur pertama dari animator dan sutradara Belanda Michael Dudok de Wit bekerja sama dengan Ghibli. Film ini tayang perdana pada September 2016.

Pada tanggal 15 Mei 2018, diadakan upacara perpisahan untuk Takahata. Di Museum Ghibli di Tokyo. Hayao Miyazaki secara terbuka berbicara untuk pertama kalinya tentang kematian Takahata, mengatakan “Saya yakin bahwa Paku-san [julukan Takahata] akan hidup sampai usia 95 tahun, tetapi sayangnya dia telah meninggal dunia. Itu membuat saya berpikir bahwa waktu saya juga terbatas.. .Terima kasih, Paku-san.” 

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: wikipedia

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: h@titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan