Menilik Penampilan Timnas Sepakbola Jepang di Piala Dunia Sejak Debutnya

Timnas sepakbola Jepang, merupakan salah satu raksasa sepakbola Benua Asia. Tim ini telah mendominasi selama bertahun-tahun. Tim Samurai Biru (julukan Timnas Jepang) menjadi negara paling banyak menjuarai Piala Asia sebanyak 4 kali. Mereka sudah tampil di Piala Dunia sebanyak 6 kali, dan pada Piala Dunia Qatar nanti menjadi penampilan ketujuh mereka.

Akan tetapi, tahukah Titipers? Dominasi sepakbola Jepang baru dimulai pada medio 1990-an. Sebelum itu, mereka tidak pernah tampil di Piala Dunia sama sekali. Bahkan mereka baru sekali tampil di Piala Asia, itu pun terjadi pada tahun 1988.

Kiprah mereka di Piala Dunia pertama kali terjadi pada tahun 1998 yang digelar di Perancis. Sejak saat itu, mereka selalu berhasil melanggeng ke Piala Dunia sebanyak tujuh edisi berturut-turut. Bagaimana penampilan mereka di tiap edisi, berikut kami ulas:

  1. Piala Dunia 1998


    Sumber: Goal

    Ini menjadi debut Jepang di Piala Dunia. Digelar di Perancis, Jepang tergabung di Grup H bersama Argentina, Kroasia, dan Jamaika. Pada debutnya ini, Timnas Jepang harus puas berada di posisi juru kunci, setelah mengalami tiga kekalahan.

  2. Piala Dunia 2002

    Photo by DAMIEN MEYER / AFP

    Pada edisi kali ini, Jepang menjadi tuan rumah bersama Korea Selatan, sehingga bisa lolos tanpa melalui fase kualifikasi. Berada di Grup H, Jepang berhasil melaju ke babak 16 besar usai mengalahkan Tunisia dan Rusia, serta menahan imbang Belgia. Di 16 besar, perjalanan Jepang harus terhenti akibat kekalahan melawan Turki dengan skor 0-1.

  3. Piala Dunia 2006


    Sumber: Pesmitidelcalcio

    Piala Dunia 2006 ini digelar di Jerman, Jepang berada di grup F, tergabung bersama Brazil, Australia, dan Kroasia. Pada edisi kali ini, Jepang gagal melaju dari fase grup usai gagal mencuri poin dari Brazil dan Australia. Jepang hanya berhasil mendapatkan satu poin dari Kroasia.

  4. Piala Dunia 2010


    Photo by Stuart Franklin/Getty Images

    Jepang kembali berhasil lolos ke babak 16 besar pada Piala Dunia yang digelar di Afrika Selatan ini. Di Grup E, tim Samurai Biru berhasil mengumpulkan 6 poin dari kemenangan melawan Denmark dan Kamerun, Jepang hanya kehilangan poin dari Belanda. Di babak 16 besar, Jepang harus disingkirkan Paraguay melalui drama adu pinalti.

  5. Piala Dunia 2014

    Photo by REUTERS/Kai Pfaffenbach

    Digelar di Brazil, Tim Samurai Biru sebenarnya berada di grup yang cukup mudah. Sayangnya Jepang gagal memanfaatkan hal tersebut usai dikalahkan Kolombia dan Pantai Gading, Jepang hanya bisa mendapatkan satu poin usai bermain imbang melawan Yunani.

  6. Piala Dunia 2018


    Photo by REX/Shutterstock

    Pada Piala Dunia Rusia ini menjadi salah satu penampilan terbaik Jepang di Piala Dunia. Jepang berhasil membalas kekalahannya dari Kolombia di edisi sebelumnya pada pertandingan pembuka Grup H. Walaupun bermain imbang melawan Senegal dan kalah menghadapi Polandia, Jepang tetap berhasil lolos ke 16 Besar. Sayangnya, di 16 besar, Jepang harus tersingkir secara dramatis dari Belgia dengan skor 2-3. Awalnya mereka sempat unggul 2-0, sebelum dibalik oleh Belgia.

  7. Piala Dunia 2022, Jepang akan tampil di Piala Dunia edisi 2022 yang digelar di Qatar. Piala Dunia ini akan digelar pada 22 November hingga 20 Desember. Kita liat bagaimana kiprah Jepang pada edisi kali ini.

 

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

 

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *