KATEGORI

Belum ada Produk di keranjang kamu, yuk cari produk incaran kamu di sini!

7 Fakta Menarik tentang Blue Box

Pasti Titipers tahu, akhir-akhir ini serial Ao no Hako atau Blue Box karya Kouji Miura sedang menjadi perbincangan hangat di internet. Bagaimana tidak, manga dari Blue Box ini sendiri sedang diadaptasi menjadi anime pada musim gugur 2024 ini, dimana animenya ini memiliki visual dan grafis yang memukau mata. Seri ini sendiri bercerita tentang kisah cinta pemain bulu tangkis bernama Inomata Taiki yang jatuh cinta dengan kakak kelasnya bernama Chinatsu Kano yang merupakan seorang pemain basket.

Nah! bagi Titipers yang tertarik dengan Blue Box, di artikel ini Mimin akan memberikan 7 fakta menarik tentang seri ini, berikut penjelasannya!

1. Genre Romance x Sport yang Jarang

TITIP JEPANG - BLUE BOX - AO NO HAKO - ANIME FALL 2024

Yang pertama adalah genre dari Blue Box ini sangatlah unik, dimana menggabungkan cerita romance dengan sport, dimana sangat jarang ditemui anime dan manga dengan genre seperti ini, terlebih di zaman sekarang yang dipenuhi dengan genre action dan isekai. Di seri ini, Titipers dapat menikmati kisah percintaan antara Taiki dengan Chinatsu yang juga diiringi dengan alur cerita kompetitif dari pertandingan-pertandingan olahraga yang dilakukan oleh para karakternya. Dengan cerita yang seperti ini, Titipers dijamin dapat menjadi deg-deg an dari kisah percintaan mereka dan merasakan adrenaline saat menonton pertandingan olahraga dari para karakter di waktu yang bersamaan.

Bagi Titipers yang tidak terlalu suka dengan genre sport pun masih bisa menikmati alur dari seri ini, dimana ceritanya juga berfokus dari perkembangan dari karakter-karakter yang ada di seri ini. Titipers masih dapat menikmati alur ceritanya tanpa perlu memahami terlalu dalam tentang cabang olahraga yang ada di seri ini.

2. Berfokus Pada 2 Cabang Olahraga yang Berbeda

Yap! Cerita dari Blue Box ini bukan hanya berfokus pada satu cabang olahraga, tetapi dua cabang yang berbeda, yaitu bulu tangkis dan basket, dimana menjadi salah satu keunikan lagi dari seri ini yang berbeda dari anime maupun manga lainnya di luar sana. Seperti yang Titipers ketahui, sang MC, Taiki merupakan seorang pemain bulu tangkis. Sebaliknya, heroine utama dari seri ini merupakan seorang pemain basket.

TITIP JEPANG - BLUE BOX - AO NO HAKO - ANIME FALL 2024 - BLUE BOX MANGA - AO NO HAKO MANGA

Jadi, selain mendapatkan perkembangan kisah cinta antara mereka bedua, Titipers juga dapat menikmati pertunjukan dari dua cabang olahraga yang berbeda secara bersamaan. Biasanya manga olahraga fokus pada satu cabang saja, namun seri ini menghadirkan perspektif berbeda dengan memperlihatkan tantangan yang dihadapi oleh para karakter dari dua bidang ini.

BACA JUGA:

3. Romance Khas Shojo di Weekly Shonen Jump

Sebagaimana layaknya manga shojo, yang dimana menghadirkan kisah percintaan yang manis dan berbunga-bunga, Blue Box menghadirkan kisah percintaan antara dua orang remaja yang berlatar di persekolahan dan ditambah unsur sport di dalamnya. Walaupun begitu, manga ini sendiri malah hadir di majalah Weekly Shonen Jump, yang dimana berisikan manga yang berfokus kepada cerita shonen yang berisikan action dan petualangan yang membara dan meningkatkan semangat.

Hal ini dikarenakan cerita dari Blue Box ini juga berfokus pada perjuangan dan ambisi karakter dalam mencapai kesuksesan di bidang olahraga, yang membuatnya relevan dengan genre shonen. Ditambah, ciri khas dari sang MC, Taiki yaitu penuh akan semangat dan kerja keras yang selalu berusaha menghadapi tantangan dalam olahraga bulu tangkis, yang dimana sangat cocok dengan tema dari Shonen Jump tentang ketekunan dan kedisiplinan dalam menjadi lebih baik.

CHINATSU KANO - KANO CHINATSU - AO NO HAKO KARAKTER

4. Sangat Mudah dijadikan Live Action

Tema dari Blue Box sendiri dapat dibilang sangat realistis, dimana mengambil pusat pada kehidupan remaja sehari-hari, kisah percintaan, dan juga persahabatan. Ditambah dengan setting dari manga ini sangat sederhana seperti sekolah, rumah, lapangan, dan lainnya membuat seri Blue Box ini berpotensi sangat besar untuk dijadikan live action tanpa memerlukan visual yang rumit dan action yang berat seperti genre fantasi.

Blue Box juga berfokus pada drama dan kisah romansa remaja yang relatable dengan dunia nyata, dimana sudah banyak kita lihat manga yang seperti ini mendapatkan adaptasi live action-nya, seperti Kimi ni Todoke dan Ao Haru Ride, membuat manga ini berpotensi tinggi untuk dijadikan versi “nyata”nya. Terlebih seri Blue Box ini bisa dibilang memiliki popularitas yang tinggi, dimana saat baru dirilis pun, banyak komentar positif dari para pembaca dan juga pernah masuk ke jajaran manga terpopuler di Weekly Shonen Jump.

5. Terinspirasi dari Kisah Author-nya yang Menyukai Olahraga

AO NO HAKO KARAKTER - TAIKI BLUE BOX - TAIKI INOMATA - INOMATA TAIKI - TITIP JEPANG

Dalam beberapa wawancara, Koji Miura, sang author dari Blue Box pernah menyebutkan bahwa ia sangat menyukai olahraga. Ia menyebutkan beberapa elemen di dalam Blue Box terinspirasi dari pengalaman serta kesukaannya terhadap olahraga. Hal ini mungkin menjadi alasan kenapa cerita dari Blue Box terkesan sangat realistis dan relatable bagi beberapa orang.

Dapat kita lihat dari bagaimana sang MC, Taiki berjuang dalam bidang bulu tangkis, namun di sisi lain juga berjuang untuk mendapatkan hati Chinatsu, layaknya remaja pada umumnya. Miura juga menyebutkan bahwa fokus utama dari Blue Box adalah menunjukkan bagaimana setiap karakter menghadapi tantangan pribadi mereka, baik itu di lapangan olahraga maupun dalam hubungan sosial dan romantis.

6. Angka Penjualan yang Tinggi

Berkat genre yang unik dan jalan cerita yang seru, Blue Box mendapatkan kepopularitasan yang tinggi, bukan hanya di Jepang, melainkan juga di luar Jepang. Berdasarkan data dari infografis dari akun X @Josu_ke yang diambil dari Mangacodex.com, penjualan fisik dari manga Blue Box ini berhasil mencapai 3 juta copy, dimana penjualan setiap volumenya rata-rata berada di sekitar angka 100 ribu copy.

Bukan hanya itu, manga ini juga memiliki lebih dari 100 ribu viewer di website Mangaplus, menandakan kepopularitasan seri Blue Box ini sangat diminati banyak orang. Di MAL saja, manga Blue Box sendiri mendapatkan rating sebesar 8.12 dari 2 ribu user, dan untuk animenya mendapatkan 8.35, yang dimana animenya ini baru tayang sebanyak 2 episode. Terlebih lagi, manga dari Blue Box ini berhasil menduduki posisi ke 31 dalam kategori “Book of the Year” di 21st Da Vinci Annual.

7. Manga Blue Box Sudah Rilis di Indonesia

Pada Rabu, 23 November 2022 lalu, editor komik Elex Media Komputindo telah mengumumkan perilisan manga Blue Box ini di Indonesia. Volume 1 dari manga ini kemudian terbit pertama kali pada 14 Maret 2023. Sampai sekarang, manga dari Blue Box ini telah dijual sampai Volume ke 6 di Gramedia.

Sekian 7 fakta menarik tentang Blue Box dari Mimin. Nah! Gimana nih Titipers? Makin tertarik untuk mengikuti seri romance x sport yang satu ini? Silahkan tinggalkan komentar yah!

Sumber: Gramedia.com, otakuusamagazine, Yahoo News Japan, Wikipedia

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang