KATEGORI

Belum ada Produk di keranjang kamu, yuk cari produk incaran kamu di sini!

5 Fakta Menarik Dan Da Dan, Mangakanya Pernah Jadi Asisten Tatsuki Fujimoto!

Dengan kesuksesan episode pertama anime Dan Da Dan, seri ini menjadi salah satu seri terpopuler di musim gugur tahun 2024 ini. Cerita mistis yang digabung dengan sci-fi tentang alien membuatnya menjadi salah satu cerita paling unik yang tidak bisa ditemukan di seri lainnya. Selain itu, Dan Da Dan juga memiliki cukup banyak komedi yang menghibur. Tapi apakah Titipers tahu jika Dan Da Dan muncul karena mangakanya terinspirasi dari film “Sadako VS Kayako“? Jika ingin tahu lebih banyak, inilah 7 fakta menarik tentang Dan Da Dan yang akan membuat Titipers semakin suka dengan seri satu ini.

1. Cerita Supranatural Unik yang Menggabungkan Hantu dan Alien

BLOG TITIP JEPANG - REVIEW FIRST IMPRESSION EPISODE 1 DAN DA DAN HANTU ALIEN

Biasanya suatu cerita ditulis dengan satu tema yang jelas. Dengan berfokus kepada satu tema tertentu, cerita tersebut bisa di eksplor lebih jauh. Contohnya cerita horor yang berfokus kepada suatu makhluk halus tertentu, bisa jadi mitologi, urban legend, atau cryptid, akan lebih mudah untuk menulis cerita yang berfokus pada satu tema. Mulai dari asal-usul, motivasi, maupun cara mereka menggerakkan cerita.

Dan Da Dan yang mengambil tema okultisme (kepercayaan pada hal supranatural) akan lebih mudah ditulis jika berfokus kepada hantu saja. Tetapi seperti yang Titipers ketahui, Dan Da Dan juga mengambil alien sebagai penggerak ceritanya. Gabungan hantu dan alien yang jarang ditemui ini ditulis dengan apik tanpa memasukkan hal-hal rumit sehingga membuatnya bisa dengan mudah dinikmati. Yukinobu Tatsu juga menonjolkan komedi pada kedua makhluk ini yang membuatnya semakin memorable.

2. Komedi Romantis yang Unexpected

BLOG TITIP JEPANG - 5 FAKTA MENARIK DAN DA DAN ROMCOM

Melihat trailer anime Dan Da Dan, mungkin Titipers tidak akan mengira kalau seri ini akan memiliki elemen romcom di dalamnya. Meskipun manga ini dipenuhi dengan aksi supernatural dan misteri alien, hubungan antara dua karakter utamanya, Momo dan Okarun, berkembang dengan cara yang penuh kejutan. Alih-alih kisah cinta yang manis, Dan Da Dan menghadirkan interaksi yang kocak, sering kali diwarnai dengan kekonyolan dan situasi aneh. Dinamika antara Momo yang percaya pada hantu tetapi skeptis terhadap alien, dan Okarun yang kebalikannya, menciptakan suasana komedi yang tak terduga, namun secara perlahan mengarah ke hubungan yang lebih dalam seiring berjalannya cerita. Kombinasi humor yang absurd dengan momen-momen emosional membuat sisi romantis seri ini menjadi salah satu elemen paling mengejutkan dan menarik bagi pembacanya.

3. Mangaka Yukinobu Tatsu Pernah Menjadi Asisten Tatsuki Fujimoto

BLOG TITIP JEPANG - 5 FAKTA MENARIK DAN DA DAN TATSUKI FUJIMOTO

Yukinobu Tatsu sudah lama menjadi asisten beberapa seri manga namun ia merasa kesal karena tidak mendapat bayaran untuk pekerjaannya. Ketika menceritakan hal tersebut kepada editornya, ia diberi pekerjaan sebagai asisten untuk Tatsuki Fujimoto. Ia bekerja dari awal serialisasi Fire Punch hingga akhir dari bagian pertama Chainsaw Man. Ia juga mengambil pekerjaan asisten untuk Yuji Kaku, seorang mangaka yang juga dulunya pernah menjadi asisten Tatsuki Fujimoto, mengerjakan manga Hell’s Paradise. Sebagai tambahan, mangaka SPYxFamily Tatsuya Endo juga pernah menjadi asisten Tatsuki Fujimoto, loh! Jika Titipers ingin menjadi mangaka sukses, sepertinya menjadi asisten Tatsuki Fujimoto bisa jadi pilihan.

4. Dan Da Dan Adalah Salah Satu Manga Dengan Debut Paling Sukses di Shonen Jump+

BLOG TITIP JEPANG - 5 FAKTA MENARIK DAN DA DAN SHONEN JUMP+

Dirilis pada 6 April 2021 di Shonen Jump+ milik Shueisha, Dan Da Dan sukses mengambil perhatian satu juta pembaca hanya dalam waktu 48 jam untuk chapter pertamanya. Popularitasnya terus meningkat seiring dengan perkembangan ceritanya yang penuh kejutan. Bahkan sebelum adaptasi animenya dirilis, Dan Da Dan sudah menjadi salah satu judul teratas di Shonen Jump+. Manganya sudah terjual sebanyak 3,2 juta kali di bulan November 2023.

5. Sadako VS Kayako Menjadi Inspirasi Besar dalam Menentukan Tema Dan Da Dan

BLOG TITIP JEPANG - 5 FAKTA MENARIK DAN DA DAN SADAKO VS KAYAKO

Ketika menulis Dan Da Dan, Yukinobu Tatsu tidak memiliki gambaran pasti bagaimana ia akan menulis ceritanya. Mengikuti saran dari editornya untuk membaca logline (deskripsi cerita dalam satu kalimat) yang pernah ia tulis, ia menemukan kalimat “Sadako VS Kayako sepertinya menarik.” Tema okultisme pun menjadi bagian besar dalam Dan Da Dan. Manganya pun penuh dengan referensi supranatural dari dunia nyata, seperti Flatwoods Monster dan Count of Saint Germain.

Itulah 5 fakta menarik tentang Dan Da Dan. Menarik bukan? Jika Titipers belum mengikuti petualangan Momo dan Okarun dalam menghadapi alien dan makhluk supernatural, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai membaca atau menonton anime-nya!

Sumber: Wikipedia, Dan Da Dan Wiki, Channel Youtube 2Spooky

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang