10 Lagu Anime Jadul Bahasa Jepang yang Ikonik

Titip Jepang - lagu anime jadul

Lagu anime jadul memiliki kenangan tersendiri bagi masyarakat yang menonton anime pada jaman dulu. Di Jepang, banyak anime yang telah tayang sejak Era Showa hingga awal Era Heisei. Bagi masyarakat Jepang sendiri, penayangan anime di era 80-an hingga 90-an memiliki kenangan tersendiri. Terutama saat mereka mendengar lagu opening ataupun ending dari tiap-tiap anime. Apalagi anime zaman dulu tersebut cenderung hanya memiliki satu lagu opening atau ending untuk banyak episode. Berbeda dengan zaman sekarang yang biasanya lagu opening atau ending hanya dipakai untuk 12/13 episode saja.

Selain masyarakat Jepang, masyarakat negara lain termasuk di Indonesia juga memiliki kenangan terhadap lagu anime jadul dengan bahasa Jepang. Walaupun banyak lagu tersebut dialihbahasakan ke bahasa setempat, namun cukup banyak lagu-lagu anime yang tetap mempertahankan lagu original berbahasa Jepang.

Berikut adalah lagu anime jadul original bahasa Jepang yang populer:

1. Cha-La Head Cha-La (Dragon Ball Z) 

Salah satu anime legendaris yang membawa anime ke ranah Internasional, Dragon Ball. Bagian keduanya yang berjudul memiliki lagu opening ikonik. Anime ini tayang pada tahun 1989 hingga 1996. Lagu opening anime Dragon Ball Z, berjudul ‘CHA-LA HEAD CHA-LA’. Lagu ini dinyanyikan oleh Hironobu Kageyama.

 2. We are (One Piece) 

Anime One Piece adaptasi dari manga karya Eiichiro Oda ini memiliki popularitas besar di dunia. Tayang perdana pada tahun 1997 hingga sekarang, Lagu opening perdana anime One Piece, ‘We Are’ ini pertama kali dirilis pada tahun 1999 merupakan lagu ikonik dari anime tersebut. Penyanyi lagu ini adalah Hiroshi Kitadani.

 3. A Cruel Angel’s Thesis (Neon Genesis Evangelion) 

Ini adalah salah satu anime Masterpiece karya Hideaki Anno. Anime mecha yang bisa memicu psikologis penontonnya. Neon Genesis Evangelion ditayangkan pada tahun 1995-1996. Lagu opening anime Neon Genesis Evangelion, ‘A Cruel Angel’s Thesis’ atau dengan judul Jepang ‘Zankoku na Tenshi no Te-ze’. Lagu ini dinyanyikan oleh Yoko Takahashi.

 4. Sekai ga Owaru Made wa (Slam Dunk) 

Slam Dunk merupakan anime bertemakan basket. Anime ini menjadi anime genre sport yang paling populer pada zamannya, bahkan menjadi salah satu peloper anime-anime basket. Anime ini ditayangkan pada tahun 1993 hingga 1996. Lagu ending keduanya berjudul ‘Sekai ga Owaru Made wa’ cukup ikonik bagi masyarakat Jepang. Lagu ini dinyanyikan oleh WANDS.

 5. Tetsuwan Atom (Astro Boy) 

Astro Boy merupakan pillar awal popularitas anime di ranah global. Anime ini pertama kali tayang pada tahun 1963 dengan format hitam-putih. Lalu di tahun 1980, dibuat versi remake-nya. Lagu opening untuk anime Astro Boy berjudul Tetsuwan Atom yang dirilis pada tahun 1980 adalah salah satu lagu anime jadul ikonik. Dinyanyikan oleh ‘Atomuz’.

 6. Sobakasu (Rurouni Kenshin) 

Anime bertema Samurai yang populer di medio 1990-an. Rurouni Kenshin tayang pada tahun 1996 hingga 1998. Lagu opening untuk anime Rurouni Kenshin ini berjudul ‘Sobakasu’ yang dirilis dengan penayangan anime-nya, tahun 1996. Lagu ini dinyanyikan oleh grup band Jady & Mary.

 7. Moonlight Densetsu (Sailor Moon) 

Sailor Moon merupakan anime shojo (demografi remaja perempuan) yang pertama kali mendapatkan popularitas besar. Dan menjadi pelopor anime-anime dengan tema Magical Girl. Lagu opening untuk anime Sailor Moon berjudul ‘Moonlight Densetsu’ , dirilis pada tahun 1992 bertepatan dengan penayangan animenya. Dinyanyikan oleh penyanyi DALI.

 8. Mezase Pokemon Monster (Pokemon) 

Salah satu franchise anime populer di akhir 1990-an hingga 2000-an. Anime ini memberikan dampak kultural besar yang merambah pada video games, trading card games, hingga merchandise. Lagu opening pertama anime Pokemon dengan judul ‘Mezase Pokemon Monster’, dinyanyikan oleh Rika Matsumoto. Lagu ini dirilis pada tahun 1997.

 9. Doraemon no Uta (Doraemon) 

Salah satu anime jadul yang tayang sejak 1970-an. Anime ini memiliki popularitas tinggi pada medio 1980-an, 1990-an, hingga 2000-an. Doraemon adalah anime anak-anak yang paling digemari. Lagu opening anime Doraemon yang berjudul ‘Doraemon no Uta’ ini dinyanyikan oleh Kumiko Osugi. Perilisan lagu ini bertepatan dengan penayangan animenya, yakni 1979.

 10. Butterfly Kiss (Rave Master) 

Hiro Mashima merupakan salah satu mangaka yang memiliki banyak karya. Serialisasi manga pertamanya adalah Rave Master. Manga ini mendapatkan adaptasi anime pada tahun 2001. Lagu opening perdana anime Rave Master yang berjudul ‘Butterfly Kiss’ ini dirilis pada tahun 2001. Dinyanyikan oleh Chihiro Yonekuro.

BACA JUGA: 10 Lagu Anime Jadul Ikonik Versi Bahasa Indonesia

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Animanga Anime Movies Music News Series

Top 20 Lagu Anime Favorit Era Reiwa, Heisei, Showa

Animanga Anime Film Layar Movies Music News

Lagu-Lagu Jadul di Film Suzume

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *