5 Anime Dengan Judul ‘Blue’

Titip Jepang - Ilustrator Blue Lock cover weekly shonen magazine

Blue is the colour… Akhir-akhir ini, banyak judul anime yang menggunakan kata ‘Blue’. Saking banyaknya, sudah tak terhitung lagi berapa anime dengan judul ‘Blue’ . Beberapa anime yang akan rilis di tahun depan juga ada yang memiliki kata ‘Blue’. Bahkan, masih banyak lagi manga-manga baru yang juga menggunakan kata ‘Blue’ pada judulnya.

Berikut ini adalah 5 Anime Dengan Judul ‘Blue’ yang terkenal:

 1. Blue Exorcist 

Titip Jepang - anime Blue Exorcist

Dengan judul Jepang Ao no Exorcist, Blue Exorcist merupakan manga karya Kazue Kato. Pertama kali terbit tahun 2009 di majalah Jump Square dan masih terbit hingga sekarang. Manga ini mendapatkan adaptasi anime nya pertama kali pada tahun 2011, season keduanya kemudian dirilis pada tahun 2017.

Mengisahkan seorang pemuda yang mewarisi darah iblis, Rin Okumura. Suatu ketika muncullah Setan yang memperkenalkan diri sebagai ayah Rin dan berniat membawanya ke Gehenna, tempat para iblis bersemayam. Ayah angkat Rin yang seorang Exorcist kelas atas, mempertaruhkan nyawa dan tewas demi melindungi Rin… Rin yang berduka atas kelemahannya sendiri kemudian bertekad untuk melawan Setan dengan menjadi seorang Exorcist!

 2. Grand Blue 

Grand Blue merupakan manga karya Kenji Inoue dan diilustrasikan oleh Kimitake Yoshioka. Manga ini pertama kali terbit pada tahun 2014 di majalan Good Afternoon. Adaptasi animenya dirilis pada tahun 2018 lalu dengan 12 episode.

Iori Kitahara siap menyambut kehidupan kuliahnya di Semenanjung Izu. Di sana dia akan tinggal rumah pamannya yang juga pemiliki toko selam. Namun, dia terkejut ketika bertemu dengan anggota Klub Selam Lokal yang diisi pria berotot dan pemabuk. Iori pun lantas jadi ikut-ikutan kelompok tersebut walaupun dia enggan setengah mati. Sementara itu sepupu-sepupunya yang cantik, menunjukkan keindahan menyelam di lautan kepadanya.

 3. Blue Spring Ride 

Blue Spring Ride atau judul Jepangnya ‘Ao Haru Ride‘ merupakan manga Shojo karya Io Sakisaka. Dia mempublikasikan manga nya tersebut di majalah Bessatsu Margaret pada tahun 2011 hingga 2015. Manga ini memiliki adaptasi anime yang rilis pada tahun 2014 dengan 12 episode.

Sinopsis, Futaba yang kini kelas 1 SMA tak pernah melupakan cinta pertamanya saat SMP, Tanaka. Waktu SMP dulu, Futaba menjalani hari-hari sekolahnya tanpa teman. Hingga akhirnya Futaba bertemu kembali dengan cowok yang mengingatkannya pada Tanaka. Lalu, bagaimana kehidupan SMA Futaba yang biru dan hangat ini?

 4. Blue Lock 

Blue Lock merupakan anime bertema sepakbola yang diadaptasi dari manga karya Muneyuki Kaneshiro dan diilustrasikan Yusuke Nomura. Terbit di majalah Weekly Shounen Magazine sejak Agustus 2018 hingga sekarang. Adaptasi animeya dirilis pada Oktober tahun 2022 lalu.

Mengisahkan seorang pemuda bernama Isagi Yoichi yang mengikuti program Blue Lock yang digagas oleh Asosiasi Sepakbola Jepang. Program Blue Lock tercipta akibat tersingkirnya Jepang di Piala Dunia 2018, sehingga Asosiasi Sepakbola Jepang membuat program tersebut untuk menciptakan penyerang-penyerang hebat.

 5. Blue Orchestra 

Titip Jepang-Blue Orchestra

Blue Orchestra atau Ao no Orchestra merupakan anime bertemakan musik yang diadaptasi dari manga karya Makoto Akui. Diterbitkan di majalah MangaONE dan Ura Sunday pada April 2017 dan masih berlanjut hingga sekarang. Adaptasi animenya dirilis pada April 2023 lalu.

Hajime Aono, seorang ahli biola, berhenti bermain biola karena alasan pribadinya. Di saat yang sama, dia mengenal seorang gadis yang memberitahunya tentang klub orkestra SMA. Hal itu berhasil menggerakkan kembali detik waktu kehidupan Aono yang sempat terhenti. Inilah permulaan kisah drama masa muda yang melahirkan harmonisasi antara hati dan musik!

.

Ya itulah dia beberapa anime dengan judul ‘blue’. Daftar di atas hanya menyebutkan judul-judul yang terkenal saja. Pada dasarnya, jumlah anime dengan judul ‘blue’ ada lebih dari lima.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan