5 Komik Jepang Olahraga Terbit di Indonesia

Olahraga merupakan suatu aktivitas fisik yang menyehatkan. Olahraga juga menjadi atraksi menarik yang bisa menyedot atensi penonton. Oleh sebab itu, banyak cabang olahraga yang dipertandingkan menjadi sajian entertain. 

Tidak cuma menjadi sajian entertain, olahraga juga memengaruhi kultur pop. Banyak produk kultur pop yang mengangkat tema olahraga, tidak terkecuali manga atau Komik Jepang. Beberapa komik Jepang yang mengangkat tema olahraga, berhasil terbit di Indonesia, apa saja? Inilah komik Jepang olahraga yang pernah terbit di Indonesia:

BACA JUGA: Mengenal Manga atau Komik Jepang

1. Blue Lock

Blue Lock adalah komik bertemakan sepak bola karya Maneyuki Kaneshiro, terbit pertama kali di Jepang pada 1 Agustus 2018 di majalah Weekly Shonen Magazine milik Kodansha. Volume pertamanya terbit pada 16 November 2018.

Di Indonesia, Blue Lock diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, volume pertamanya terbit di Indonesia pada 4 Januari 2022. Sinopsis:

“Tahun 2018 timnas Jepang tereliminasi pada putaran per delapan final Piala Dunia. Akibat kegagalan ini, persatuan sepak bola Jepang mendirikan training camp ‘Blue Lock’, mengumpulkan 300 orang penyerang pelajar tingkat SMA supaya Jepang menjadi juara piala dunia. Jinpachi Ego, laki-laki yang menjabat sebagai pelatih, menegaskan, “yang dibutuhkan Jepang itu striker yang penuh keegoisan”. Penyerang yang tidak terkenal, Yoichi Isagi, dan teman-teman penyerang lainnya mengikuti training di mana mereka bersaing satu sama lain, training yang akan mengubah diri mereka menjadi egois!”
bluelock

2. Haikyu!

Haikyu! adalah komik bertemakan bola voli Haruichi Furudate, terbit pertama kali pada 20 Februari 2012 di majalah Weekly Shonen Jump milik Shueisha dan berakhir pada 20 Juli 2020. Volume pertama Haikyu!! terbit di Jepang pada 4 Juni 2012.

Di Indonesia, Haikyu!! diterbitkan oleh m&c!, volume pertamanya terbit pada 19 Juli 2016. Sinopsis:
“Pada pertandingan voli yang pertama sekaligus terakhir di masa SMP, Shoyo Hinata yang terpesona pada olahraga voli dikalahkan secara telak oleh Kageyama, pemain jenius yang dijuluki “Raja Lapangan” karena kemampuan bermainnya yang tidak bisa diragukan. Hinata bersumpah untuk membalas dendam, dan memutuskan untuk melanjutkan sekolah ke SMA Karasuno. Akan tetapi, Hinata malah bertemu sosok tak terduga di klub voli SMA Karasuno.”

3. Eyeshield21

Eyeshield21 adalah komik bertemakan American Football karya Riichiro Inagaki dan Yusuke Murata, terbit pertama kali pada 23 Juni 2002 hingga 15 Juni 2009 di majalah Weekly Shonen Jump milik Shueisha. Volume pertamanya diterbitkan pada 20 Desember 2002.

Di Indonesia, Eyeshield 21 diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan Real Comic sejak tahun 2011. Sinopsis:

Seorang remaja laki-laki lemah bernama Sena Kobayakawa yang memasuki sekolah pilihannya, SMA Deimon, di mana juga merupakan sekolah teman masa kecilnya, Mamori Anezaki yang diterima tahun lalu. Kemampuan fisik Sena yang berada di atas rata-rata hanyalah berlari, dikarenakan saat kecil ia sering disuruh dan dikerjai teman sebayanya yang nakal untuk dibelikan ini-itu dalam waktu singkat.
Bakatnya itu ditemukan oleh quarterback tim American football sekolah itu, Youichi Hiruma. Ia menipu dan memaksa Sena yang polos itu hingga akhirnya bergabung dengan timnya yang saat itu hanya terdiri dari dua orang, Deimon Devil Bats, dan ditempatkan pada posisi running back.
v6 - eyeshield 21

4. Dandoh!!

Dandoh!! adalah komik bertemakan golf karya Nobuhiro Sakata dan Daichi Banjo, komik ini terbit di Jepang pada 29 Maret 1995 hingga 5 Juli 2000 di majalah Weekly Shonen Sunday milik Shogakukan. Volume pertamanya terbit pada 18 September 1995.

Di Indonesia, komik Dan Doh!! ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sinopsis:

“Dandoh alias Tadamichi Aoba adalah anak kelas 1 SMP asal Kumamoto yang ingin jadi pegolf profesional. Suatu hari, datang surat undangan dari sang guru, Shinjo, untuknya. Surat undangan yang akan menciptakan legenda baru dalam sejarah golf.”

5. Smash!

Smash! adalah komik bertemakan bulutangkis karya Kaori Saki yang terbit pada tahun 2006-2010 di majalah Weekly Shounen Magazine milik penerbit Kodansha. Total 18 volume telah terbit di Jepang.

Di Indonesia, Smash! mulai diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada Maret 2011. Sinopsis:

“Shota sangat senang bermain badminton dan jago. Tapi dia nggak berminat ikut kompetisi atau semacamnya, apalagi interhigh. Tapi semenjak pertemuannya dengan seorang gadis bisu yang jago badminton, Shota sepertinya mulai tertarik untuk serius. Ditambah lagi, tiba-tiba seseorang yang nggak dikenalnya mengajaknya bertanding.”

Lihat Juga:
Komik Jepang
Produk Olahraga

Manga

Jangan lupa, ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: gramedia, bukukita

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

 

Tinggalkan Balasan