10 Top Anime terbaik Menurut Otaku Jepang

Anime terbaik

Hai hai hai…. bagi kalian para pecinta Anime Jepang pasti tidak asing dengan serial film anime yang akan kita bahas dibawah ini. Diambil dari majalah Weekly Shonen Jump, 1.425 otaku Jepang memberikan votingnya utk memilih 10 Top Anime terbaik menurut otaku Jepang sepanjang masa! Apakah anime favoritmu masuk dalam list di bawah ini? Penasaran bukan, yuk langsung mari kita simak.

  1. Gintama

10 top anime terbaik

Setelah menonton anime Gintama dari episode awal hingga akhir, anime satu ini sebagai layak dinobatkan sebagai anime terbaik dan terabsurd. Bahkan keabsurdannya, bisa dibilang lebih baik dari anime Naruto yang bertarung dengan alien dari planet lain di episode terakhirnya. Padahal jika disimak, cerita Naruto sebenarnya sudah habis setelah pertarungan dengan Akatsuki dan Uchiha Madara.

Namun, Masashi Kishimoto, pengarang Naruto justru menambah jumlah adegan pertarungan dengan mempertemukan klan otsutsuki. Dengan adanya klan baru itu, justru menjadikan anime Naruto membosankan. Terlebih lagi musuh mereka bukan penghuni bumi.

Efeknya, usai kisah Naruto dan kawan-kawannya itu selesai, kisahnya berganti dengan menampilkan banyak tokoh baru, yang berlanjut menjadi anime Boruto. Kelahiran Boruto justru menurut saya bertambah absurd. Apalagi Boruto dan anak-anak tokoh yang lain hanya mengulang jutsu atau jurus yang sebelumnya ada di anime Naruto.

Hal itu tentu berbeda dengan Gintama. Yang sejak awal episode sudah membuka mata penikmatnya, jika anime satu ini adalah anime absurd. Maka itu, menurut saya Gintama memang pantas untuk dinobatkan sebagai anime absurd ketimbang anime lainnya.

2.  Demon Slayer : Kimetsu No Yaiba

10 Top Anime terbaik

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Koyoharu Gotōge. Ceritanya mengisahkan tentang Tanjiro Kamado, seorang anak laki-laki yang menjadi pembasmi iblis setelah keluarganya dibunuh dan adik perempuannya yang bernama Nezuko diubah menjadi iblis. Manga ini dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Jump terbitan Shueisha sejak bulan Februari 2016 hingga Mei 2020, dan telah dibundel menjadi dua puluh satu volume tankōbon hingga bulan Juli 2020. Manga ini diterbitkan dalam bahasa Inggris oleh Viz Media, sementara Shueisha merilisnya dalam bahasa Inggris dan Spanyol secara serentak dengan perilisannya di Jepang melalui platform Manga Plus milik mereka.

Manga ini diadaptasi menjadi sebuah seri anime yang diproduksi oleh Ufotable dan ditayangkan sejak bulan April hingga September 2019. Sekuel berupa film layar lebar diumumkan ketika episode terakhir disiarkan dan dijadwalkan untuk dirilis pada bulan Oktober 2020. Anime ini sukses mendapatkan penghargaan bergengsi & dianggap sbg salah satu serial anime terbaik dekade ini!

3. Dragon Ball

10 top anime terbaik

Dragon Ball adalah ebuah manga dan anime karya Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995. Albumnya terdiri dari 42 buku dan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelumnya Dragon Ball juga pernah diterbitkan oleh Rajawali Grafiti.

Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda genius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball. Keterangan: Dragon Ball adalah 7 buah bola kristal yang tersebar di seluruh dunia, bola tersebut berwarna jingga yang terdapat pola bintang di dalamnya, apabila seseorang berhasil mengumpulkan 7 buah Dragon Ball maka akan muncul sebuah dewa naga yang mampu mengabulkan sebuah permintaan apa saja, bahkan termasuk menghidupkan orang mati. Dalam perjalanannya bersama Bulma mencari Dragon Ball, Goku harus berhadapan dengan banyak rintangan, salah satunya adalah dari Tentara Pita Merah. Kelompok ini mempunyai keinginan yang sama dengan Goku dan Bulma.

Anime ini mencakup empat dekade, 519 bab manga, 5 seri anime, 20 film animasi & 3 spesial televisi (ditambah adaptasi Hollywood). Pasti anime ini nostalgic bgt buat kamu yg tumbuh di era 80, 90 s.d 2000an!

4. Haikyuu 

haikyuu

Haikyuu adalah film anime yang diterbitkan di Indonesia dengan judul Haikyu!! Fly High! Volleyball!, adalah sebuah seri manga shōnen asal Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Haruichi Furudate. Bab-bab tunggalnya telah dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Jump sejak bulan Februari 2012 hingga Juli 2020. Manga ini pada awalnya dirilis sebagai cerita one shot dalam majalah musiman Jump NEXT! milik Shueisha sebelum dimuat berseri. Per bulan Juli 2020, empat puluh lima volume tankōbon telah diterbitkan oleh Shueisha.

Manga ini diadaptasi menjadi seri anime yang diproduksi oleh Production I.G, dan ditayangkan sejak bulan April hingga September 2014. Musim keduanya ditayangkan sejak bulan Oktober 2015 hingga Maret 2016. Musim ketiga ditayangkan sejak bulan Oktober hingga Desember 2016. Musim keempat ditayangkan sejak bulan Januari hingga April 2020.

Meskipun nggak ada jurus–jurus dahsyat, anime sport ini menampilkan teknik permainan voli yg sangat real. Plus dilengkapi penjelasan yg mudah dipahami shg para penonton yg masih awam dengan voli dapat memahaminya.

5. One Piece

one piece

One Piece adalah adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda. Manga ini telah dimuat di majalah Weekly Shōnen Jump milik Shueisha sejak tanggal 22 Juli 1997, dan telah dibundel menjadi 91 volume tankōbon. Ceritanya mengisahkan petualangan Monkey D. Luffy, seorang anak laki-laki yang memiliki kemampuan tubuh elastis seperti karet setelah memakan Buah Iblis secara tidak disengaja. Dengan kru bajak lautnya, yang dinamakan Bajak Laut Topi Jerami, Luffy menjelajahi Grand Line untuk mencari harta karun terbesar di dunia yang dikenal sebagai “One Piece” dalam rangka untuk menjadi Raja Bajak Laut yang berikutnya. Franchise Jump paling sukses sepanjang masa, One Piece jadi fenomena budaya & masih mempertahankan popularitasnya setelah 22 tahun dan lebih dari 980 episode. wow

One Piece telah menerima pujian atas alur cerita, gambar, karakterisasi, dan humornya. Beberapa volume dari manga ini telah memecahkan rekor penerbitan, termasuk cetakan awal tertinggi dari buku apa pun di Jepang. Situs web resmi untuk manga One Piece karya Eiichiro Oda mengumumkan bahwa manga ini telah meraih Guinness World Record untuk kategori “salinan terbanyak yang diterbitkan untuk seri buku komik yang sama oleh seorang penulis tunggal”. Hingga bulan Mei 2018, manga ini telah terjual hingga lebih dari 440 juta kopi di seluruh dunia, menjadikannya seri manga terlaris dalam sejarah. One Piece juga menjadi manga terlaris selama sepuluh tahun berturut-turut pada tahun 2017.

6. Slam Dunk

slam dunk

Slam Dunk adalah sebuah seri manga asal Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Takehiko Inoue. Ceritanya mengisahkan tentang klub basket SMA Shōhoku di wilayah Shōnan. Manga ini dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Jump sejak tahun 1990 hingga 1996, dan bab-babnya telah dibundel menjadi 31 volume tankōbon oleh Shueisha. Manga ini telah diadaptasi menjadi sebuah seri anime yang diproduksi oleh Toei Animation dan telah disiarkan di seluruh dunia. Seri anime tersebut mendapatkan popularitas yang tinggi khususnya di Jepang, beberapa negara Asia lainnya dan di Eropa.

Slam Dunk telah terjual sebanyak lebih dari 121 juta kopi di Jepang, membuatnya menjadi salah satu seri manga terlaris dalam sejarah. Inoue kemudian menjadikan basket sebagai tema utama dalam seri manga lain karyanya: Buzzer Beater dan Real. Pada tahun 2010, Inoue menerima penghargaan khusus dari Asosiasi Bola Basket Jepang karena turut membantu memopulerkan olahraga bola basket di Jepang. Kisahnya berpusat pada Hanamichi Sakuragi, seorang berandalan yg bergabung dalam tim basket SMA Shōhoku. Btw tahun 2022 filmnya bakalan dirilis lho! Penasaran bukan?

7. Kochikame: Tokyo Beat Cops

kochikame: tokyo beat cops

Kochikame: Tokyo Beat Cops adalah serial manga karya Osamu Akimoto yang dimuat di mingguan Shonen Jump. Kesuksesan manga tersebut kemudian dibuat menjadi serial anime yang diproduksi oleh Studio Gallop. Kochikame versi manga telah dipublikasikan sejak tahun 1976 yang bercerita tentang seorang polisi yg ceroboh & kesialan di pos polisinya di Tokyo. Dan telah lebih dari 1400 bab. Kochikame termasuk dalam serial manga yang terpanjang dalam sejarah manga. Sebenarnya Kochikame untuk bacaan orang dewasa. Namun banyak pula anak-anak yang menyukainya. Mungkin karena Ryo ini digambarkan sebagai orang yang lucu dan senang bercanda. Pada bulan September 2006 yang lalu, ada perayaan 30 tahun Kochikame. Sebelum itu, bulan Februari 2006, patung perunggu Ryo didirikan di depan stasiun Kameari. Kameari Koen sendiri sebetulnya nama taman di Katsushika, Tokyo.

8. Yu Yu Hakusho

Yu Yu Hakusho

Yu Yu Hakushoadalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshihiro Togashi. Serial ini bercerita tentang Yusuke Urameshi, seorang remaja nakal yang ditabrak dan dibunuh oleh mobil saat mencoba menyelamatkan nyawa seorang anak. Setelah sejumlah tes yang diberikan kepadanya oleh Koenma, putra penguasa dunia bawah setelah kematian, Yusuke dihidupkan kembali dan diangkat dengan gelar “Detektif Dunia Bawah”, yang dengannya ia harus menyelidiki berbagai kasus yang melibatkan setan dan penampakan di dunia manusia. Manga menjadi lebih fokus pada pertempuran dan turnamen seni bela diri seiring perkembangannya. Togashi mulai menciptakan YuYu Hakusho sekitar November 1990, mendasarkan seri pada minatnya pada film okultisme dan horor dan pengaruh mitologi Buddhis.

9. Naruto 

Naruto

Naruto adalah sebuah serial manga karya Masashi Kishimoto yang diadaptasi menjadi serial anime. Manga Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja yang hiperaktif, periang, dan ambisius yang ingin mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan gelar Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya. Serial ini didasarkan pada komik one-shot oleh Kishimoto yang diterbitkan dalam edisi Akamaru Jump pada Agustus 1997. Anime style “shonen” yg paling klasik ini, menggabungkan slice of life & aksi fantasi yg mengasyikkan! Untuk versi anime Naruto dibagi jadi dua, yakni Naruto dan Naruto Shippuden. Popularitas Naruto membuat seri ini juga diadaptasi dalam bentuk the movie atau film layar lebar. Total ada 11 film dalam daftar film Naruto, baik saat seri Naruto original, Naruto Shippuden maupun Boruto.

10. City Hunter 

city hunter
adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tsukasa Hojo. Itu diserialkan di Weekly Shonen Jump dari 1985 hingga 1991 dan dikumpulkan menjadi 35 volume tankōbon oleh penerbitnya Shueisha. Manga ini diadaptasi menjadi serial televisi anime oleh Sunrise Studios pada tahun 1987. Serial anime ini populer di banyak negara Asia dan Eropa. City Hunter menelurkan waralaba media yang terdiri dari banyak adaptasi dan spin-off dari beberapa negara. Waralaba ini mencakup empat serial televisi anime, tiga spesial televisi anime, dua animasi video asli, beberapa film fitur animasi (termasuk film yang dirilis pada Februari 2019), beberapa film aksi langsung (termasuk film Hong Kong yang dibintangi Jackie Chan dan film Prancis). ), video game, dan drama TV Korea live-action. Itu juga memiliki manga spin-off, Angel Heart, yang pada gilirannya melahirkan serial televisi anime sendiri dan drama TV Jepang live-action.
Anime ini menceritakan kisah sepak terjang Ryo Saeba, detektif bayaran yg cuma tertarik menangani kasus dari para perempuan cantik. Meskipun sifatnya cabul, ternyata Ryo memiliki kemampuan tarung yg tak tersaingi.
Bagaimana dengan informasi diatas tentang 10 Top Anime Terbaik Menurut Otaku Jepang, Yuk komen dibawah!

Sumber: Mojok.co, Liputan6, celebrity okezone, jurnal otaku, anitrendz.net, Kompasiana, Cartoon wonders blog, Fernsehserien.de, AnimeClick, track2training.

Ikuti juga media sosial Titip Jepang:

Instagram: @titipjepang

Twitter: @titipjepang

Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan