Klarifikasi Produser Film Anime Mononoke Tentang Desainer Karakter yang Tidak Kembali

Titip Jepang-Mononoke

Dilansir dari Anime News Network pada hari Sabtu (25/06), pekan lalu laman resmi franchise anime Mononoke mengumumkan akan mendapatkan film baru pada tahun 2023. Kenji Nakamura kembali menyutradarai film tersebut, dengan produksi di Twin Engine dan Takahiro Sakurai akan kembali menjadi pengisi suara.

Namun dari pengumuman tersebut Takashi Hashimoto sebagai desain karakter tidak disebut, karena dia menjabat sebagai direktur animasi utama di anime TV aslinya. Produser Koji Yamamoto menerbitkan sebuah postingan blog pada hari Minggu, mengungkap alasan ketidakhadiran Hashimoto dari proyek tersebut.

Menurut Yamamoto, Hashimoto terlibat dengan praproduksi awal sekitar akhir tahun 2020, tetapi dia mengundurkan diri dari proyek tersebut pada akhir Juli 2021. Usai itu dia mengalami masalah pada kesehatan fisik dan mental, yang membuatnya sulit untuk mengambil peran besar dalam pekerjaannya.

Yamamoto juga menulis motivasi kepada Hashimoto jika dia dapat berpartisipasi tergantung perubahan suasana hati. Menurut Yamamato sementara ini staf mencoba untuk mengakomodasi kebutuhannya dan membatasi beban kerjanya karena pertimbangan kesehatannya, komunikasi menjadi sulit, dan Hashimoto berjuang dengan menggambar desain yang dapat dilanjutkan oleh staf.

Dia menulis bahwa kesehatan Hashimoto semakin memburuk hingga keluarganya turun tangan dan memutuskan untuk meninggalkan proyek tersebut.

Hashimoto mengunggah sebuah postingan di Twitter bahwa dia meminta karya desainnya tidak dibayar, selama staf animasi tidak mempublikasikannya. Dan dia juga berjanji tidak akan membicarakan hal seperti itu di media sosial.

Yamamoto meminta maaf karena membahas masalah pribadinya dan mempublikasikannya, karena dia merasa perlu untuk mengklarifikasi kepada publik agar tidak terjadi simpang siur. Sebab dia merupakan kawan akrab Hashimoto, dan dia berharap Hashimoto bisa bekerja kembali dengannya suatu hari nanti.

Dalam tweet terbarunya, Hashimoto berkomentar bahwa dia tidak percaya jika produksi telah berkembang banyak sejak kepergiannya, menunjuk pada kurangnya visual utama. Dia juga mengeluh tentang “Produser Y” (tampaknya mengacu pada Yamamoto) karena hanya menawarkan perjanjian verbal informal alih-alih kontrak tertulis, yang membuatnya tidak mendapatkan bayaran atas kontribusinya dalam mengumpulkan staf dan menghadiri pertemuan.

Anime Mononoke tayang perdana pada tahun 2007 dan ditayangkan sebanyak 12 episode. Serial ini merupakan spin-off dari anime Ayakashi Samurai Horror tales. Secara khusus, ini mengikuti penjual obat dari busur “Bakeneko” (Kucing Goblin). Anime Mononoke memiliki lima arc, yang terakhir berjudul “Bakeneko.”

Kenji Nakamura menyutradarai anime televisi di Toei Animation, dan Takashi Hashimoto mendesain karakter dan menjabat sebagai kepala direktur animasi. Yasuharu Takanashi menggubah musiknya.

Proyek ulang tahun ke-15 anime ini juga mencakup kampanye crowdfunding dan stage play. Kampanye crowdfunding diluncurkan di Kickstarter (untuk penggemar luar negeri) dan Ubgoe (untuk penggemar di Jepang) pada hari Jumat.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: Animenewnetwork

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:

Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Animanga Anime Budaya Manga News Series

One Piece Akan Tampil di Las Vegas Sphere Pada Juni 2024

Animanga Anime Manga News Series

10 Quirk Hewan di My Hero Academia

Animanga Anime News Series

Ace of Diamond act II Season 2 Diumumkan

Animanga Anime Manga News

7 Anime Populer dari Majalah Underrated

Tinggalkan Balasan