Sang Kreator Leiji Matsumoto Tutup Usia

titip jepang - Leiji Matsumoto

Leiji Matsumoto adalah kreator di balik Space Battleship Yamato dan Galaxy Express 999. Sang legenda kreator manga itu diberitakan menderita gagal jantung.

Kreator manga, ilustrator, dan desainer terkenal Leiji Matsumoto tutup usia pada 13 Februari 2023 Pukul 11.00 waktu setempat. Ia meninggal di usia 85 tahun karena gagal jantung akut.

Keluarga terdekat telah mengadakan kebaktian untuk mendiang yang dipimpin oleh istrinya sendiri, Miyako Maki yang berprofesi serupa dengan mendiang.

Nama kecil Matsumoto adalah Akira. Ia lahir pada tahun 1938 di Kota Kurume, Prefektur Fukuoka. Karirnya sebagai seniman manga dimulai pada tahun 1953 dengan Michibachi no Bōken (Petualangan Lebah Madu). Debutnya tersebut dimulai saat ia masih duduk di bangku SMA.

Ia berpindah ke Tokyo selepas SMA. Ia mulai terkenal di tahun 1950-an sebagai kreator manga shōjo. Pada tahun 1965 ia akhirnya mengadopsi namanya yang paling terkenal, Leiji Matsumoto seperti nama yang Titipers kenal sekarang.

Karya-karya Matsumoto yang terkenal adalah Space Pirate Captain Harlock, Galaxy Express 999, dan Queen Emeraldas. Kesemuanya menginspirasi banyak adaptasi anime atau live-action. Ia juga turut menciptakan satu serial anime Space Battleship Yamato

titip jepang - space battleship yamato

Matsumoto juga menjadi supervisor video animasi dari sebuah grup pop elektronik asal Prancis yang bernama Daft Punk. Video-video tersebut dirangkai dan menjadi film INTERSTELLA 5555. Desain dan karya-karyanya telah mempengaruhi banyak generasi seniman di seluruh dunia.

Desain-desain Matsumoto berkisar antara kapal perang ramping yang terinspirasi oleh kapal perang awal abad 20, hingga kereta luar angkasa. Karakter yang ia ciptakan juga merupakan karikatur yang familiar.

Matsumoto juga sempat beberapa kali dianugerahi penghargaaan, seperti penghargaan “Medal with Purple Ribbon” tahun 2001, penghargaan “Order of the Sacred Treasure, Gold Rays with Rosette” tahun 2010, dan penghargaan Chevalier de l’Ordre des Arts et des Lettres (Knight of the Order of Arts and Letters) dari pemerintah Prancis tahun 2012.

Karya sang kreator Leiji Matsumoto akan terus dikenang oleh para penggemarnya.

Jangan lupa, ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: animenewsnetwork

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan