Daftar Pemenang The Anime Awards 2023

titip jepang - The Anime Awards 2023

Crunchyroll baru saja menyelenggarakan The Anime Awards 2023 pada 4 Maret 2023 lalu. Acara ini merupakan gelaran ketujuh setelah pertama kali diadakan di tahun 2017.

Gelaran ketujuh ini juga merupakan gelaran yang diadakan secara langsung untuk yang pertama kali setelah sempat dilaksanakan secara daring di tahun 2021 dan 2022.

Gelaran kali ini digelar di Tokyo, Jepang dan menjadi yang pertama kali diselenggarakan di Jepang. Sebelum-sebelumnya acara ini selalu diselenggarakan di Amerika Serikat.

titip jepang - The Anime Awards 2023

Acara tersebut berlangsung dengan dipandu oleh pengisi suara kenamaan Sally Amaki dan presenter Jon Kabira. Acara ini juga dihadiri banyak aktris, pengarah, serta produser anime.

Pada The Anime Awards 2023 ada 31 kategori yang diperebutkan. 31 kategori tersebut dibagi menjadi kategori utama yang ditentukan melalui penjurian dan kategori favorit penggemar. Berikut daftar pemenang The Anime Awards 2023:

1. “Cyberpunk : Edgerunners” nominasi Anime of the Year

titip jepang - The Anime Awards 2023

Cyberpunk: Edgerunners pertama kali rilis di Netflix pada September 2022. Anime ini diadaptasi dari sebuah video game dengan judul Cyberpunk 2077 milik CD Projekt Red asal Polandia. Kisah yang dibawa dalam anime ini adalah seorang anak berbakat yang berjuang menjadi seorang tentara bayaran di sebuah dunia yang terobsesi dengan teknologi dan rekayasa genetika, di tempat tersebut sangat penuh dengan kejahatan dan korupsi. Cyberpunk: Edgerunners berhasil menyabet kategori Anime Of the Year di ajang The Anime Awards 2023.

2. “Lycoris Recoil” nominasi Best Original Anime

titip jepang - Lycoris Recoil

Lycoris Recoil merupakan sebuah serial anime televisi original yang diproduksi oleh A-1 Pictures dan telah ditayangkan dari 2 Juli hingga 24 September 2022. Dengan membawa kisah seorang gadis SMA yang masuk kesatuan tugas pembununuh dan mata-mata yang dinamakan Lycoris, kesatuan tersebut bertugas memberantas kejahatan dan terorisme diTokyo. Anime ini telah berhasil memenangkan kategori Best Original Anime di ajang penghargaan anime tersebut.

3. “Jujutsu Kaisen 0” nominasi Best Film

titip jepang - Jujutsu Kaisen 0

Jujutsu Kaisen 0 adalah sebuah film anime yang diadaptasi dari manga yang berjudul sama. Jujutsu Kaisen 0 merupakan prekuel dari seri Jujutsu Kaisen. Film ini diproduksi oleh MAPPA dan tayang di bioskop Jepang di akhir tahun 2021. Jujutsu Kaisen 0 berhasil memenangkan nominasi Best Film di ajang The Anime Awards 2023 yang diadakan Crunchyroll hari Sabtu lalu.

4. “Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc” nominasi Best Animation, Best Action, dan Best Fantasy

titip jepang - Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc mengisahkan Tanjiro yang tengah menyelidiki tempat hiburan terdekat yang kabarnya telah dikuasai iblis. Anime yang diproduksi oleh Ufotable ini telah berhasil menyabet tiga kategori penghargaan sekaligus. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc berhasil memenangkan kategori Best Animation, Best Action, dan Best Fantasy di The Anime Awards 2023.

5. “SPY x FAMILY” nominasi Best New Series dan Best Comedy

titip jepang - SPY x FAMILY

SPY x FAMILY serial yang membawa cerita seorang detektif yang harus membangun sebuah keluarga palsu untuk menyelidiki sebuah kasus, tanpa ia sadari ternyata yang ia nikahi dan adopsi adalah seorang pembunuh bayaran dan seorang esper pembaca pikiran. Serial bergenre action comedy ini rilis di bulan April 2022 lalu. Di ajang The Anime Awards 2023 lalu mereka berhasil menyabet dua kategori, yaitu Best New Series dan Best Comedy.

6. “One Piece” nominasi Best Continuing Series

titip jepang - one piece

One Piece merupakan anime yang diadaptasi dari manga yang berjudul sama karya Eiichiro Oda. Anime ini diproduksi oleh Toei Animation dan ditayangkan pertama kali di Fuji TV tahun 1999. Perjalanan Monkey D. Luffy hingga kini masih terus berlanjut. Crunchyroll menobatkannya sebagai Best Continuing Series di ajang The Anime Awards 2023.

7. “Attack on Titan Final Season Part 2” nominasi Best Drama dan Best Score

titip jepang - attack on titan final season

Attack on Titan Final Season Part 2 membawa cerita para prajurit Paradis pergi berperang dengan bangsa Marley, Mereka berniat untuk segera mengakhiri peperangan. Eren memulai jalan pemusnahan untuk menghancurkan semua musuh-musuhnya. Attack on Titan Final Season Part 2 berhasil memenangkan nominasi Best Drama dan Best Score pada The Anime Awards 2023 di Tokyo.

8. “Kaguya-sama: Love is War -Ultra Romantic-” nominasi Best Romance

titip jepang - Kaguya-sama: Love is War Ultra Romantic

Kaguya-sama: Love is War -Ultra Romantic- merupakan sebuah anime yang diadaptasi dari manga yang berjudul Kaguya-sama: Love is War. Anime bergenre romance ini berhasil memenangkan nominasi Best Romance di ajang The Anime Awards 2023.

9. “The Rumbling” by SiM, Storyboard and Direction from Takashi Kojima, Attack on Titan Final Season Part 2 nominasi Best Opening Sequence

titip jepang - the rumbling opening attack on titan

Setelah memenangkan kategori Best Drama, Attack on Titan: Final Season Part 2 juga memenangkan Best Opening Sequence untuk openingnya yang menggunakan backsound The Rumbling yang dinyanyikan SIM. Opening denga backsound lagu bergenre rock itu sukses membawa gelar di ajang The Anime Awards 2023.

10. “Comedy” by Gen Hoshino, Storyboard and Direction from Atsushi Nishigori, SPY x FAMILY nominasi Best Ending Sequence

titip jepang - Comedy Opening SPY x FAMILY

Kategori Best Ending Sequence di The Anime Awards 2023 suskses diamankan oleh SPY x FAMILY dengan openingnya yang menggunakan backsound lagu berjudul Comedy yang dinyanyikan oleh Gen Hoshino.

11. Akira Matsushima, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc nominasi Best Character Design

titip jepang - Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Akira Matsushima merupakan designer dari karakter-karakter Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc. Di ajang The Anime Awards 2023 ia berhasil memenangkan kategori Best Character Design.

12. “The Rumbling” by SiM, Attack on Titan Final Season Part 2 nominasi Best Anime Song

titip jepang - the rumbling opening attack on titan

The Rumbling merupakan lagu dari band SIM, band SIM merupakan band yang beraliran metal. Lagu yang diciptakan sebagai lagu tema dari Attack on Titan: Final Season Part 2 ini sukses menghipnotis siapapun yang mendengarnya. Lagu ini pernah berada di peringkat pertama tangga lagu Hard Rock di Amerika Serikat dan kini lagu ini berhasil meraih kategori Best Anime Song di ajang The Anime Awards 2023.

13. Haruo Sotozaki, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc nominasi Best Director

titip jepang - Haruo Satozaki

Haruo Sotozaki adalah sutradara dari anime berjudul Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc. Ia merupakan seorang sutradara terkenal yang memiliki banyak prestasi. Kali ini ia berhasil memenangkan kategori Best Director di ajang penghargaan anime yang diadakan Crunchyroll di Tokyo.

14. Eren Yeager, Attack on Titan Final Season Part 2 nominasi Best Main Character

titip jepang - Eren Jaeger

Eren Yeager sukses menjadi karakter utama di Attack on Titan Final Season Part 2. Aksinya The Rumbling setelah mendapatkan kekuatan dari Founding Titan milik Ymir Fritz setelah bersentuhan dengan Zeke sukses membuat penonton terpana. Tak ayal bila ia memenangkan kategori Best Main Character di ajang The Anime Awards 2023 yang diselenggarakan Crunchyroll.

15. Anya Forger, SPY x FAMILY nominasi Best Supporting Character dan Best “Must Protect at All Costs” Character

titip jepang - Anya Forger

Anya Forger adalah anak yang diadopsi oleh seorang detektif. Uniknya, ternyata dia adalah seorang esper yang mampu membaca pikiran orang. Aksi lucu dan menggemaskannya sukses mencairkan anime SPY x FAMILY. Anya Forger juga sukses mengamankan dua kategori di ajang The Anime Awards 2023, yaitu Best Supporting Character dan Best “Must Protect at All Costs” Character.

16. Yuki Kaji, Eren Yeager in Attack on Titan Final Season Part 2 nominasi Best Voice Acting Performance (Japanese)

titip jepang - Yuki Kaji

Yuki Kaji merupakan seorang pengisi suara dan penyanyi yang tergabung dalam agensi VIMS. Pria kelahiran 1985 ini telah banyak mengisi suara berbagai karakter penting, salah satunya adalah karakter Eren Yeager. Berkat mengisi suara karakter tersebut ia sukses memenangkan kategori Best Voice Acting Peformance (Japanese) di The Anime Awards 2023.

17. Zach Aguilar, David Martinez in Cyberpunk: Edgerunners nominasi Best Voice Acting Performance (English)

Zach Aguilar adalah pengisi suara Amerika, suaranya telah banyak beredar di berbagai anime dan video game berbahasa Inggris. Pria yang pernah mengisi suara karakter Genos di serial One Punch Man ini telah berhasil menjadi pengisi suara untuk karakter David Martinez di anime Cyberpunk: Edgerunners. Keberhasilan ini pun terbukti, Ia mendapatkan penghargaan Best Voice Acting Peformance (English) di ajang penghargaan anime tahunan Crunchyroll itu.

Itulah beberapa pemenang nominasi The Anime Awards 2023 yang diselenggarakan di Tokyo hari Sabtu, 4 Maret 2023 lalu. Untuk informasi dan daftar lengkap nominasi dan pemenangnya bisa Titipers cek di sini.

Jangan lupa, ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: Twitter

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan