[REVIEW KOMIK] Mashima HERO’S: Reuni Rave Master, Fairy Tail, dan Edens Zero

Hiro Mashima merupakan sosok Mangaka yang telah menelurkan tiga karya besar, Rave Master, Fairy Taildan Edens ZeroTiga manga itu terbit di majalah Weekly Shonen Magazine milik KodanshaDan ketiganya berhasil mendapatkan adaptasi anime. Semuanya juga sudah terbit di Indonesia oleh Elex Media Komputindo.

Dalam rangka memperingati 60 tahun Weekly Shonen Magazine, Hiro Mashima diminta untuk membuat crossover dari tiga manga nya. Crossover ini akhirnya rilis pada tahun 2019 di majalah Weekly Shonen Magazine. Dengan judul “Mashima HERO’s”, Hiro Mashima menciptakan crossover tiga manga-nya ke dalam 10 chapter cerita.

Pada tanggal 23 Maret 2022, Elex Media Komputindo menerbitkan manga Hero’s ini ke Indonesia. Berikut sinopsis resmi dari Elex:
“Di Pulau True berkumpul Haru cs dari Rave Master, Natsu cs dari Fairy Tail, dan Shiki dan Edens Zero! Mereka menghadapi musuh yang menyalahgunakan “Oasis batu ajaib yang mewujudukan kekuatan imajinasi”. Seiring waktu “pertama dan terakhir kali” mereka bertarung bersama dengan serangkaian tawa dan kegembiraan. Permata Mashima World yang telah lama ditunggu-tunggu akan dimulai di sini.”

 BANYAK FANSERVICE 

Komik ini sungguh menyajikan banyak fanservice. Fanservice yang pertama adalah membawa kembali karakter lama karya dia, hal ini sebagai momen nostalgia untuk fans lama, terutama fans Rave Master. Rave Master sendiri sudah lama tamat, terbit sejak 1999 hingga 2005.

Yang kedua adalah pertemuan antar tokoh dari tiga manga. Momen pertemuan mereka pun penuh dengan gelak tawa khas dari Hiro Mashima. Walaupun baru bertemu, mereka langsung bisa memunculkan persahabatan karena masing-masing memiliki sifat yang sama.

Dan yang ketiga, tentu saja tidak lain adalah Fanservice yang “itu” (cek gambar di atas). Fans service yang “itu” sungguh memanjakan mata bagi para pembaca sekalian.

 APAKAH HARUS BACA SEMUA KARYA HIRO MASHIMA UNTUK BISA MENIKMATI KOMIK INI? 

Nah, untuk pertanyaan di atas, Titipers tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Penulis sendiri hanya mengikuti Fairy Tail, namun Penulis bisa memahami alur cerita pada komik ini. Tokoh-tokoh yang muncul pun akan ada keterangan berasal dari cerita dari manga mana.

Alur cerita pada komik ini sangat santai, konflik ceritanya pun tidak terlalu berat. Komik ini dipenuhi dialog-dialog humor, terutama dari tiga tokoh utama kita, Haru, Natsu, dan Shinki. Sikap mereka yang sembrono, menjadi kekuatan utama mereka dalam pertarungan menghadapi musuh utama.

Tak ketinggalan, unsur “nakama power” (kekuatan pertemanan) sungguh kental di komik ini. Nakama Power sendiri merupakan istilah olok-olokan dari fans, karena hanya dengan kekuatan pertemanan mereka bisa mengalahkan musuh yang kekuatannya di luar nalar. Pertarungan tokoh yang cukup sengit hanyalah pertarungan dari tiga tokoh utama menghadapi musuh utama. Sedangkan tokoh lain tidak terlalu mendapat panggung, mereka hanya melawan kroco-kroco yang notabene bisa mereka kalahkan dengan mudah.

 PLOT TWIST DAN REPRESENTASI AUTHOR 

Ketika cerita mendekati akhir, muncul plot twist dari cerita ini. Ada seorang tokoh di komik ini yang menjadi representasi auhtor di semesta mereka. Hal ini terungkap di akhir cerita, tepatnya di chapter 9. Seseorang yang menyebut dirinya sebagai Dewa Utopia menceritakan bahwa ada sebuah kekuatan yang bisa menjadi kenyataan. Dia membuat banyak cerita, tiga di antarnya adalah  kisah petualangan Haru, Natsu dan Shinki.

Tak cuma membuat unsur komedi dan mesum, Hiro Mashima juga pandai membuat adegan yang sedih. Di akhir cerita, mereka pada akhirnya harus berpisah ke dunia masing-masing. Karena Pulau True, tempat mereka bertemua, hanyalah imajinasi belaka. Mereka tersedot ke sana melalui kekuatan “ghaib”.

 WORTH KOLEKSI ATAU GAK? 

Kalau Titipers suka dengan anime Fairy Tail, atau karya Mashima-sensei yang lain semacam Rave Master yang rilis zaman dulu atau Edens Zero yang baru rilis. Tentunya komik ini cocok untuk kalian beli. Apalagi kalau kalian penyuka “fanservice” ala Hiro Mashima yang memanjakan mata, beghh wajib beli nih komik. Sekali lagi, kalau belum baca salah satu judul karya Hiro itu tidak masalah, karena setiap tokoh yang muncul akan diperkenalkan berasal dari mana.

Untuk bisa membaca komik ini, kalian bisa membelinya di toko buku kesayangan kalian atau beli secara online. Harganya Rp. 50.000. Murah kan?

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

 

Tinggalkan Balasan