Review Sailor Moon Cosmos the Movie (2023) – Dua Sisi Kehidupan

blog-review sailor moon cosmos the movie-0

Sailor Moon Cosmos the Movie menjadi film yang dinanti-nantikan para penggemar seri Sailor Moon, pasalnya film ini menceritakan arc terakhir dalam alur cerita manganya. Selain itu, bisa dipastikan film ini akan jauh berbeda dengan film Sailor Moon sebelumnya yang mengambil arc yang sama yang berjudul Sailor Moon Super Star. Kenapa berbeda? Ini dikarenakan Naoko Takeuchi belum menyelesaikan manga Sailor Moon saat film Sailor Moon Super Star di produksi.

BACA JUGA: Final Arc Sailor Moon Dapatkan Adaptasi Film, Tayang 2023

BACA JUGA: Film Anime Sailor Moon Cosmos Ungkap PV Baru

Film ini kembali terbagi menjadi dua bagian seperti yang di alami oleh Sailor Moon Eternal the Movie, dengan part pertama dirilis di Jepang pada 9 Juni 2023 dan bagian kedua pada 30 Juni 2023.

PENYANGKALAN USAGI

blog-review sailor moon cosmos the movie-4

Mengambil timeline beberapa bulan setelah mengalahkan Dead Moon Circus, Usagi Tsukino dan teman-temannya kembali menjalani kehidupan normal mereka sebagai siswa sekolah menengah biasa di distrik Azabu-Juban, Minato, Tokyo. Begitupula dengan Mamoru, pacar Usagi, yang berencana melanjutkan studi-nya ke Amerika Serikat. Di bandara, Mamoru memberi Usagi sebuah cincin, tapi sebelum dia bisa melamarnya, tiba-tiba datang Sailor Galaxia membunuh dan mencuri Golden Kristal miliknya.

Tidak dapat memahami kematian Mamoru, Usagi jatuh pingsan. Saat terbangun, dia meyakinan dirinya bahwa Mamoru sudah naik pesawat dan pergi ke luar negeri. Sementara itu, seorang anak misterius bernama Chibi-Chibi tiba di rumah Usagi.

Sailor Galaxia kembali menganggu kehidupan Usagi, dia menyerang, membunuh, dan mengambil kristal kehidupan dari teman-teman Usagi, tidak terkecuali Luna, Artemis, dan Diana. Dibantu oleh Sailor Senshi Planet lain dan Putri Kakyuu, Usagi memutuskan untuk menghadapi Galaxia secara langsung dan mendapatkan kembali kristal kehidupan semua orang. Dapatkah Sailor Moon menyelamatkan teman-temannya? Temukan jawabannya dengan menonton Sailor Moon Cosmos the Movie

SIAPA SAILOR COSMOS?

blog-review sailor moon cosmos the movie-3

{PERINGATAN SPOILER} Menjadi sebuah pertanyaan tentang sosok asli Sailor Cosmos. Dia digambarkan sebagai pejuang misterius dan kuat yang telah menempuh perjalanan dari masa depan yang jauh, di mana dia menyaksikan pertempuran dahsyat yang mengakibatkan kehancuran alam semesta. Karakter ini mengambil peran Sailor Galaxia di film Sailor Moon Super Star, yang menolak untuk berperang dan memilih melarikan diri dalam bentuk Chibi-Chibi.

Di manga-nya, Sailor Cosmos sering digambarkan sebagai penasehat Sailor Moon dan teman-temannya namun asal usulnya yang tidak pernah dijelaskan membuatnya menjadi karakter yang penuh dengan kemisteriusan. Banyak yang menduga, kalau sosok Sailor Cosmos adalah sosok Sailor Moon di masa depan karena mereka memiliki gaya rambut dan tongkat yang sama.

ARC PALING GELAP

Plot cerita di film kali ini merupakan alur cerita tergelap di sepanjang seri Sailor Moon. Pasalnya, banyak kesedihan yang menyerang sang tokoh utama hingga bertubi-tubi, di mana Usagi kehilangan orang-orang yang ia cintai satu per satu sambil terus berjuang melawan Sailor Galaxia. Pastinya akan membuat Titipers merasa sedih dan bahkan menangis saat menontonnya.

Sailor Galaxia terlihat sangat kejam seperti yang diharapkan, bahkan tanpa bantuan antek-antek nya pun ia sudah berhasil mengambil banyak kristal kehidupan para Sailor Senshi. Dia berbeda dengan villain sebelumnya yang duduk manis sambil menyuruh anak buahnya bekerja keras dan menghukum mereka yang tidak memberikan kepuasan.

blog-review sailor moon cosmos the movie-1

Pertarungan akhirnya pun dibuat dengan sangat epic dan indah. Tidak seperti di film Sailor Moon Sailor Star, di sini Sailor Galaxia bukan menjadi musuh terkuat terakhir yang harus Sailor Moon lawan, ada kejahatan lebih besar yang bersembunyi di bayang-bayang Sailor Galaxia.

LIGHT STAR YANG TIDAK TERLALU MENONJOL

blog-review sailor moon cosmos the movie-2

Jika di film Sailor Moon Sailor Star, karakter Light Star menjadi karakter yang menonjol dengan banyak adegan bersama Sailor Moon dan bahkan menggeses posisi para Sailor Guardian lainnya, tapi tidak di cerita aslinya. Penjelasan mengenai ketiga karakter ini sangat minim begitu pula dengan adegan mesra Seiya dan Usagi yang sudah saya nanti-nantikan. Selain itu, tidak ada penjelasan mengenai apa yang terjadi pada Sailor Senshi yang lain yang juga diambil kristal kehidupannya oleh Sailor Galaxia. Apakah mereka kembali ke kehidupan mereka seperti Usagi dan kawan-kawan? atau menunggu reinkarnasi?

BACA JUGA: Urutan Terbaik Menonton Series Anime Sailor Moon – Dari Classic Hingga Movie Terbaru

RECOMMENDED OR NOT?!

Perhatian terhadap detail, musik, cara penggambilan gambar yang pas, membuat film Sailor Moon Cosmos menjadi salah satu seri Sailor Moon yang pantas untuk kalian tonton. Sebuah pekerjaan hebat dari orang-orang yang telah berjasa memproduksi film ini. IMDb memberikan skor 7,4/10 dan MyAnimeList skor 7,6/10 untuk film ini.

Ikuti terus berita-berita terbaru di kanal Titip Jepang. Yuk baca artikel lainnya lainnya di sini!

Jangan lupa ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan