Shuiesha Luncurkan Manga Plus Creators. Bisa Masukin Manga Buatan Kita

Titip Jepang - Manga Plus Creators

Shueisha meluncurkan aplikasi manga dan layanan web “MANGA Plus Creators by SHUEISHA” pada hari Selasa (30/8). Platform tersebut menjadi sarana untuk mangaka-mangaka seluruh dunia mengunggah manga karya-nya. Departemen editorial Shonen Jump+ menjalankan layanan ini bekerja sama dengan perusahaan lokalisasi MediBang.

Pengguna bisa meng-upload manga karya mereka dari mana saja ke audiens yang mencakup Jepang. Layanan ini kompatibel untuk bahasa Inggris dan Spanyol. Judul manga yang terbit melalui platform MANGA Plus juga dapat dilihat melalui platform MANGA Plus Creators by SHUEISHA.

Upload Karya, Menangkan Uang Satu Juta Yen

Layanan ini akan mengadakan penghargaan manga bulanan, yang dinilai oleh departemen editorial Shonen Jump+. Shueisha akan menerbitkan manga pemenang di platform MANGA Plus dan Shonen Jump+ melalui terjemahan bahasa Jepang dan akan memberikan hadiah uang tunai hingga satu juta yen (sekitar US$7,200 atau Rp. 107 juta).

Untuk mengikuti penghargaan ini, para kreator setidaknya meng-upload minimal 3 chapter manga dalam satu bulan. Setiap tanggal 2, plaform tersebut akan memulai pemeringkatan manga. Setelah satu bulan, pihak editorial akan menyeleksi daftar karya yang masuk di peringkat 5 besar. Pemenang akan diumumkan pada 2 bulan kemudian.

Tentang Shonen Jump+ dan MANGA Plus

Aplikasi Shonen Jump+ diluncurkan pada September 2014 sebagai publikasi digital yang menawarkan manga secara gratis dalam Bahasa Jepang. Shonen Jump+ memiliki beberapa serial manga, seperti SPY×FAMILY, Kaiju No. 8, Ghost Reaper Girl, dan Summer Time Rendering. Ayakashi Triangle baru-baru ini pindah ke Shonen Jump+ dari majalah Weekly Shonen Jump. Selain itu, layanan tersebut mulai membuat serialisasi bagian kedua dari manga Chainsaw Man pada 13 Juli.

Shueisha meluncurkan platform MANGA Plus di seluruh dunia pada Januari 2019. Layanan ini adalah langkah pertama Shueisha sebagai platform langsung secara global. MANGA Plus memiliki 6 juta pengguna aktif bulanan. Departemen editorial Shonen Jump+ mengelola distribusi luar negeri melalui MANGA Plus in-house.

Ketika pertama kali diluncurkan, platform ini memasukkan 50 judul, termasuk 13 seri yang telah selesai. Platform ini menerbitkan chapter baru dari manga Weekly Shonen Jump, Jump Square, dan layanan Shonen Jump+ pada saat yang sama rilis di Jepang. Chapter pertama dan chapter terbaru dari manga serial saat ini juga gratis. Sebagian dari pendapatan dari iklan di situs web langsung masuk ke mangaka.

Agustus lalu, layanan tersebut menghapus batasan wilayahnya untuk semua bahasa. Pembaca sekarang dapat memilih bahasa pilihan mereka untuk layanan dari Inggris, Spanyol, Thailand, Portugis Brasil, Indonesia, dan Rusia.

Pada bulan Juni, departemen editorial mengumumkan bahwa semua seri manga baru di aplikasi dan situs web Shonen Jump+ akan diluncurkan secara bersamaan dalam bahasa Inggris di aplikasi MANGA Plus mulai tahun 2023 dan seterusnya.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: animenewsnetwork, MediBang Manga Plus Creators website

Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan