Kaisar Reiwa: Harapan Pembawa Perdamaian

Titip Jepang - Kaisar Reiwa, Naruhito

Tanggal 23 Februari ditetapkan menjadi hari libur di Jepang sejak tahun 2020. Hal ini untuk memperingati ulang tahun sang kaisar, Naruhito. Dia juga disebut dengan Kaisar Reiwa.

Naruhito (徳仁) merupakan kaisar Jepang ke-126, dia menjabat secara resmi sebagai kaisar pada tanggal 1 Mei 2019, satu hari setelah ayahnya, Kaisar Akihito mengundurkan diri. Masa kekuasaannya sebagai kaisar disebut dengan Era Reiwa (令和) yang berarti ‘keselarasan nan indah’.

 PROFIL NARUHITO  


Naruhito kecil

Naruhito lahir pada 23 Februari 1960. Kelahiran Naruhito, terjadi pada saat kakeknya, Kaisar Hirohito atau Kaisar Showa masih bertahta.  Ayahnya adalah Akihito, kaisar sebelumnya yang juga disebut Kaisar Heisei. Ayahnya menjabat sebagai kaisar selama 30 tahun, tepatnya sejak 7 Januari 1989 hingga 30 April 2019. Sedangkan ibunya adalah Permaisuri Michiko (美智子). Ibunya merupakan permaisuri pertama dari kalangan non-bangsawan.

Dia menempuh pendidikan di Jepang sejak masa kanak-kanak hingga S1. Dia berkuliah di Universitas Gakushūin dan lulus pada Maret 1982 dengan gelar Bachelor of Letters pada bidang sejarah. Pangeran Naruhito muda melanjutkan kuliah S2 di Universitas Oxford, Inggris. Pada masa kuliahnya S2, dia menyempatkan diri berkeliling negara Eropa dan bertemu bangsawan Eropa. Di sana, dia kagum dengan tata krama istana Eropa yang cukup longgar daripada di Jepang.

Setelah kakeknya, Kaisar Hirohito wafat pada Januari 1989, ayahnya naik tahta sebagai kaisar. Naruhito pun dinobatkan sebagai ‘putra mahkota’ pada 23 Februari 1991. Naruhito kemudian menikah dengan Mawako Osada pada 9 Juni 1993, pertemuan pertama mereka November 1986 dalam sebuah acara minum teh keluarga bangsawan Spanyol.

Pernikahan Naruhito dan Mawako Osada

 PACEKLIK PEWARIS TAHTA 


Kaisar Naruhito, Permaisuri Mawako Osada, dan Putri Aiko

Pernikahannya dengan Mawako Osada sempat mengalami hambatan. Hal ini lantaran hingga tahun 2000, mereka belum juga dikaruniai seorang anak. Lalu pada Desember 2001, anak pertama mereka lahir, yaitu Putri Aiko (愛子内親王). Namun, hal itu tentu saja memunculkan kontroversi dalam negeri. Karena hingga beberapa waktu kemudian, mereka tidak juga melahirkan anak laki-laki.

Dalam aturan pewarisan tahta Kekaisaran Jepang, kaisar harus dijabat oleh seorang laki-laki dan hanya keturunan dari garis laki-laki dari Yoshihito (Kaisar Taisho) yang dianggap sebagai anggota resmi keluarga istana dan memiliki hak atas takhta.

Naruhito sendiri saat itu memiliki adik laki-laki, Pangeran Fumihito. Namun Pangeran Fumihito juga hanya memiliki dua anak perempuan. Sementara itu, keturunan kaisar dari jalur lain Yoshihito juga tidak memiliki pewaris laki-laki. Hal ini menimbulkan wacana untuk mengizinkan perempuan sebagai kaisar. Namun, wacana ini mendapatkan penentangan.

Akhirnya paceklik pewarisan tahta berakhir pada tahun 2006, setelah istri Pangeran Fumihito melahirkan anak laki-laki, yang bernama Pangeran Hisahito. Istri dari Naruhito sendiri mengalami depresi berat, lantaran mendapatkan tuntutan untuk melahirkan anak laki-laki.


Pangeran Fumihito, Pangeran Hisahito, dan Putri Mako

 NAIK TAHTA DAN PEWARIS TAHTA 


Seremoni naik tahta Kaisar Naruhito

Sejak Februari 2012,  Ayahnya Pangeran Naruhito, Kaisar Akihito menjalani operasi bypass jantung. Kesehatannya pun mulai mengalami penurunan dan sulit untuk menghadiri seremoni kenegaraan. Naruhito pun mulai sering menggantikan peran ayahnya dalam urusan istana.

Akihito mulai memikirkan pengunduran dirinya sebagai kaisar karena masalah kesehatan. Tahun 2017, pemerintah Jepang mulai menggodok aturan masalah turun takhta kaisar dan kemudian menerbitkan aturan yang memungkinkan kaisar turun tahta.

Pada 30 April 2019, Kaisar Akihito resmi mengundurkan diri sebagai kaisar dan menjadi kaisar pertama yang mengundurkan diri dalam 200 tahun terakhir. Seremonial pengunduran dirinya disiarkan langsung di Televisi. Sehari kemudian, 1 Mei 2019, Naruhito resmi naik tahta, era nya disebut sebagai Era Reiwa.

Pada bulan November 2020, Naruhito menunjuk adiknya, Pangeran Fumihito sebagai pewaris tahta kekaisaran. Seremoni proklamasi Pangeran Mahkota digelar di Tokyo.

 PERAYAAN ULANG TAHUN KAISAR REIWA 

Tanggal 23 Februari ditetapkan sebagai hari libur untuk merayakan sebagai hari kelahiran Kaisar. Pada perayaan ulang tahun kaisar tahun 2023 ini, kaisar menyapa rakyatnya di kompleks Istana Kekaisaran.


Kaisar dan keluarganya menyapa rakyat


Rakyat Jepang memasuki kompleks Istana untuk melihat Kaisar Reiwa

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^
.

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *