JENIS RAMEN BERDASARKAN DAERAHNYA

Halo wahai penggila ramen. Apakah kalian tau bagaimana cara membedakan ramen di Jepang? Titip Jepang kasih tau ya, jadi untuk membedakan jebisramen biasanya Titipers bisa pisahkan berdasarkan tare (垂れ) alias kuahnya. Secara umum ada Shoyu (kecap Jepang), Shio (garam), Miso (fermentasi kedelai), dan Tonkotsu (tulang babi).

Selain menggunakan tare-nya, Titipers juga bisa lho nyari ramen di Jepang berdasarkan daerahnya. Berikut beberapa ramen khas beberapa daerah di Jepang..

1. Asahikawa Ramen – Prefektur Hokkaido

titip jepang jenis ramen berdasarkan daerahnya asahikawa ramensumber gambar : japan-guide.com

Ramen spesial dari kota Asahikawa ini dapat dikenali dengan penggunaan dua kuah yang berbeda untuk satu mangkok ramennya. Asahikawa mencampurkan kuah tonkotsu yang beraroma kuat dengan kuah seafood untuk membuat aromanya menjadi lebih bersahabat untuk semua orang.

2. Kitakata Ramen – Prefektur Fukushima

titip jepang jenis ramen berdasarkan daerahnya kitakata ramen

sumber gambar : fukushima-challenge.org/project

Kitakata memiliki kuah shoyu yang ringan. Mie yang digunakan adalah mie telur yang lebar dan kenyal. Ramennya dilengkapi dengan topping chasiu, rebung, dan naruto.

3. Sapporo Miso Ramen – Prefektur Hokkaido

titip jepang jenis ramen berdasarkan daerahnya sapporo miso ramensumber gambar : livejapan

Satu lagi ramen dari Hokkaido, selain menggunakan kuah miso yang dicampur dengan jahe dan bawang, di daerah ini Titipers bisa request untuk diberi topping jagung dan butter untuk membuat mangkuk Titipers berasa lebih creamy.

4. Okinawa Soba – Prefektur Okinawa

titip jepang jenis ramen berdasarkan daerahnya okinawa sobasumber gambar :japannakama.co.uk

Walaupun dinamai soba, Okinawa Soba ini lebih cocok dimasukkan ke dalam variasi ramen. Mie yang digunakan memang jauh lebih tebal dibandingkan dengan ramen pada umumnya. Terkadang Titipers juga bisa menemukan topping kaki babi di atas ramen ini.

5. Wakayama Ramen – Prefektur Wakayama

titip jepang jenis ramen berdasarkan daerahnya wayakama ramen

sumber gambar : foodinjapan.org\

Ramen yang satu ini memiliki kuah tonkotsu yang dicampur shoyu. Mie yang digunakan juga kecil dan tipis dengan topping chasiu, daun bawang, rebung, dan kamaboko.

6. Onomichi Ramen – Prefektur Hiroshima

titip jepang jenis ramen berdasarkan daerahnya onomichi ramensumber gambar : chushikokuandtokyo

Daerah Onomichi yang berada di pinggir laut membuat ramen ini memiliki rasa seafood lokal yang kuat. Kuah shoyu yang digunakan juga semakin kuat dengan tambahan minyak babi yang dicampurkan di atas ramen ini.

Gimana Titipers jadi makin pengen jalan jalan ke Jepang dan keliling makan ramen dari satu daerah ke daerah lain gak nih? Atau ada ramen lain yang belum masuk ke list ini?? Tulis di komen yaaaa

Ingin titip beli atau kirim barang – barang dari jepang? Kalau begitu silahkan masukkan linknya ke REQUEST ITEM ya^^

Tinggalkan Balasan