KENAL LEBIH DEKAT DENGAN IC CARD JEPANG

IC CARD JEPANG

YUKK~KENAL LEBIH DEKAT DENGAN IC CARD JEPANG!

APA SIH IC CARD ITU?
IC (Integrated Circuit) card adalah kartu praktis yang harus dimiliki setiap orang yang tinggal di Jepang. Kartu ini sangat mudah didapatkan dan dapat digunakan untuk berbagai hal. Seseorang yang berjalan-jalan di seputaran kota seharian kemungkinan akan menggunakan IC card nya minimal sekali. Jadi apa itu IC card dan kenapa Anda harus memilikinya? IC Card ini adalah semacam ‘E-money’ Jepang punya. Tinggal tap/scan pada alat pembacanya selama 1 detik, kamu udah bisa melakukan pembayaran di berbagai transportasi umum, vending machine, dan convenience store. Jadi kamu nggak perlu berurusan lagi dengan uang koin dan buang waktu di konter checkout deh~

Eits, tapi… nggak seperti E-money di Indonesia yaa, beberapa IC card ini hanya bisa digunakan di daerah tempat kartu ini diterbitkan. Jadi, penting banget buat kamu tahu jenis-jenis IC Card ini sebelum membelinya..

ADA JENIS IC CARD APA  AJA?
Nah ada 10 kartu IC paling populer di Jepang yang dibuat kompatibel satu sama lain,ini memungkinkan kamu untuk bepergian menggunakan hampir semua mode transportasi di sebagian besar kota terbesar di Jepang hanya dengan satu kartu. Nih~ ada 3 di antaranya:

💳 SUICA bisa digunakan untuk naik kereta di area Tokyo metropolitan, baik itu kereta di jalur JR East, subway, bus, dan Tokyo Monorail yang menyambungkan bandara Haneda dengan pusat kota Tokyo.

IC CARD SUICA

💳 PASMO bisa digunakan untuk kereta, subway, bus, atau shuttle bus di area Tokyo metropolitan. Kamu juga bisa menggunakan PASMO untuk belanja di toko-toko yang memasang logo PASMO.

💳 ICOCA adalah kartu transportasi untuk wilayah Kansai, termasuk dua kota terkenal; Osaka dan Kyoto. Kamu bisa gunakan kartu ini untuk kereta JR, subway, bus, dan berbelanja.

 

IC CARD ICOCA

GIMANA CARANYA PUNYA IC CARD INI?
Kamu bisa beli IC Card ini di mesin penjual tiket yang berada di stasiun dan bandara. Biaya awal biasanya terdiri dari deposit sebesar 500 yen ditambah jumlah awal (minimal 1500 yen). Tapi, kalau kamu nggak mau ribet, kamu juga bisa langsung membelinya jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Jepang ya Titiperss~

Gimana gimana?? Setelah tahu info ini, Titipers makin siap liburan ke Jepang kan?^^ Tentu saja setelah pandeminya berlalu. Sabar sebentar lagi yaaa~

 

Sumber: jalan-tour.com,pasmo.co.jp,insideosaka.com

Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan