4 Fakta Shohei Ohtani, Pebisbol Jepang yang Jadi Atlet Dengan Bayaran Tertinggi di AS

Titip Jepang - Fakta Shohei Ohtani

Pebisbol asal Jepang, Shohei Ohtani menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat. Hal ini setelah kepindahannya dari klub Los Angeles Angels ke Los Angeles Dodgers. Di klub barunya tersebut, dia mendapatkan kontrak selama 10 tahun dengan bayaran USD 700 juta. Itu berarti, setiap tahunnya dia akan mendapatkan bayaran USD 70 juta (setara Rp1,09 triliun).

Perolehan pendapatan itu, melampaui bayaran atlet bisbol Amerika lain, seperti Max Scherzer yang mendapat bayaran USD 43,3 juta/tahun, lalu ada juga Aaron Judge yang dibayar USD 40 juta/tahun.

Ohtani juga melampaui pendapatan dari bintang liga basket NBA, seperti Stephen Curry yang memiliki bayaran USD 53,8 juta/tahun ataupun Giannis Antetokounmpo yang mendapat bayaran USD 45,6 juta/tahun.

Berikut adalah Fakta Shohei Ohtani:

 Berposisi Sebagai Pitcher dan Designated Hitter Dengan Kemampuan Hebat 

Shohei Ohtani hebat bermain dalam dua posisi, yakni Pitcher dan Designated Hitter. Posisi pitcher sendiri bertugas melempat bola ke catcher dengan sekeras mungkin agar bola tidak bisa dipukul, posisi ini dipakai saat tim sedang dalam posisi bertahan. Sedangkan posisi designated hitter adalah peran memukul bola dan berlari mengelilingi lapangan jika berhasil memukul bola, peran ini digunakan saat tim dalam posisi menyerang.

Pemain jenis ini disebut dengan Two-way player karena memainkan peran menyerang dan bertahan. Memiliki dua posisi dengan peran krusial, tentu saja itu menjadi hal sulit. Namun, pemain kelahiran 5 Juli 1994 tersebut mampu memerankan dua posisi itu dengan cukup baik. Dia termasuk pemain elite Two-way player dengan skill mumpuni. Oleh sebab itu, wajar saja jika dia mendapatkan bayaran mahal atas kemampuannya tersebut.

 Karier Profesional Lima Tahun di Jepang dan Enam Tahun di Amerika Serikat 

Shohei Ohtani memulai karier profesionalnya pada tahun 2013 bersama klub Hokkaido Nippon-Ham Fighters. Pada musim pertamanya bermain di Nippo Pro Baseball (NPB), dia dinobatkan sebagai Rookie of the Year (pendatang baru terbaik). Dia menghabiskan 5 tahun karier pertamanya di klub tersebut.

Setelah itu, Shohei Ohtani mulai berkarier di Amerika. Klub pertamanya di Amerika adalah Los Angeles Angels yang bermain dalam kompetisi Major League Baseball (MLB). Dia pertama kali dikontrak pada Desember 2017, namun saat itu dia mengalami cedera sehingga tidak bisa dimainkan. Dia menjalani debutnya mulai musim 2018.

Pada Desember 2023, dia mengakhiri masa kontraknya bersama Los Angeles Angels dan berstatus Free Agent (tanpa klub). Dia pun kemudian dikontrak oleh rival sekota Angels, yakni Los Angeles Dodgers. Bersama Dodgers, dia dikontrak 700 juta dolar selama 10 tahun.

 Bintang Utama Timnas Bisbol Jepang 

Sebagai olahraga terpopuler di Jepang, tentu saja atlet-atlet yang menjadi bintang bisbol menjadi selebriti di Jepang. Apalagi Shohei Ohtani yang bermain di MLB yang merupakan liga bisbol paling elite di dunia.

Pada tahun 2012, dia terpilih ke dalam skuad Timnas U-18 Jepang untuk berlaga di Piala Dunia Bisbol U-18.  Saat itu Jepang menempati peringkat ke-6. Lalu dia juga berpartisipasi dalam kompetisi WSBC Premier12 pada tahun 2015. Saat itu Jepang, berhasil meraih posisi ketiga atau mendapatkan medali perunggu.

Prestasi terbaik Ohtani bersama Timnas Jepang adalah saat WSBC World Baseball Classic 2023 (Piala Dunia-nya Bisbol). Pada turnamen tersebut, Jepang berhasil keluar sebagai juara. Pada turnamen itu, Ohtani berhasil menjadi MVP atau pemain terbaik turnamen. Ini menjadi pelipu lara bagi Ohtani setelah gagal memperkuat Jepang pada turnamen edisi 2017 karena cedera.

BACA JUGA: Mengapa Baseball Menjadi Olahraga Populer di Jepang?

 Prestasi, Rekor, dan Pencapaian 

Selama sepuluh tahun berkarier profesional, Ohtani telah memiliki segudang prestasi. Selain mejadi juara World Baseball Classic untuk Timnas. Dia juga memberikan prestasi untuk klub. Untuk prestasi tim, dia membawa Hokkaido Nippon-Ham Fighters menjuarai Japan Series Championship pada tahun 2016.

Pada prestasi individu, selain menjadi MVP di World Baseball Classic, dia juga dua kali terpilih sebagai MVP American League. Ohtani merupakan Rookie of the Year untuk kompetisi NPB tahun 2013 dan MLB tahun 2018. Dia juga terpilih sebanyak 5x untuk bertanding di NPB All-Star dan 3x untuk MLB All-Star.  Pada tahun 2023, dia menjadi Home Run leader.

Pada tahun 2018, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe menganugerahkan Ohtani di ajang Japan Professional Sports Grand Prize Award Ceremony.

Ikuti terus berita-berita terbaru di kanal Titip Jepang. Yuk baca artikel lainnya lainnya di sini!

sumber: bbc.com

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *