5 Pemain Indonesia yang Pernah Memperkuat Klub Jepang

Titip Jepang - Pratama Arhan Tokyo Verdy, pemain Indonesia yang pernah memperkuat klub jepang

Beberapa waktu lalu, pesepakbola putri Zahra Muzdalifah diumumkan akan bermain klub Jepang, Cerezo Osaka Yanmar Ladies. Dia menjadi yang ke-5 pemain Indonesia yang pernah memperkuat klub Jepang.

Sebelum Zahra, sudah ada beberapa pemain Indonesia yang pernah memperkuat klub Jepang. Mereka semua pernah bermain untuk Timnas Indonesia.

Berikut adalah 5 pemain Indonesia yang pernah memperkuat klub Jepang:

 1. Ricky Yakobi 

Almarhum Ricky Yakobi merupakan salah satu legenda sepakbola Indonesia. Beliau dikenal sebagai legenda klub PSMS Medan dan Arseto Solo. Selain memperkuat klub Indonesia, Ricky Yakobi juga sempat merasakan karier di luar negeri, tepatnya di liga Jepang. Kala itu di tahun 1988, Matsushita merekrut Ricky Yakobi untuk memperkuat klub tersebut di musim 1988. Ricky Yakobi hanya bermain sebanyak 6 pertandingan dengan 1 gol. Kelak, klub Matsuhita berganti nama menjadi Gamba Osaka.

 2. Irfan Bachdim 

Berikut adalah Irfan Bachdim yang pernah memperkuat dua klub Jepang. Pada tahun 2014, dia dikontrak oleh klub J1 League, Ventrofet Kofu. Namun di musim 2014, Irfan gagal membukukan satu pertandingan sepanjang musim. Di musim berikutnya, Irfan pindah ke klub Hokkaido Consadole Sapporo yang bermain di J2 League (kasta kedua liga Jepang). Di klub tersebut, Irfan mencatatkan 7 kali bertanding.

 3. Stefano Lilipaly 

Sebelum merekrut Irfan Bachdim Hokkaido Consadole Sapporo sudah pernah merekrut pemain Indonesia lain, Stefano Lilipaly pada tahun 2014. Namun selama semusim memperkuat Consadole Sapporo, pemain naturalisasi tersebut gagal memainkan satu pertandingan pun. Akhirnya di musim berikutnya, Stefano kembali memperkuat Belanda.

 4. Pratama Arhan 

Pemain putra terbaru yang memperkuat klub Jepang adalah Pratama Arhan. Pada tahun 2022, klub J2 League Tokyo Verdy mengumumkan merekrut pemain muda Indonesia, Pratama Arhan. Dalam musim debutnya di J2 League, Arhan hanya membukukan satu pertandingan. Meski demikian, Arhan akan kembali memperkuat Tokyo Verdy di musim 2023. Arhan menjalani laga keduanya di Tokyo Verdy pada turnamen Emperor Cup 2023, Arhan memberikan asist melalui lemparan dalamnya.

 5. Zahra Muzdalifah 

Jika sebelumnya adalah pemain laki-laki, maka kali ini adalah pemain perempuan. Zahra Muzdalifah menjadi pemain putri pertama yang mendapatkan kontrak profesional di Liga Jepang sekaligus di luar negeri. Klub Liga Jepang Wanita, Cerezo Osaka Yanmar Ladies mengumumkan perekrutan Zahra Muzdalifah sebelum musim 2023.

Titip Jepang - Zahra Muzdalifah gabung cerezo ladies

Ya, itulah dia daftar 5 pemain Indonesia yang pernah memperkuat klub Jepang. Saat ini, hanya ada 2 pemain Indonesia di Liga Jepang yang masih memiliki kontrak dengan klub Jepang, yakni Arhan dan Zahra. Kita nantikan di masa depan, semoga mereka berdua mampu menunjukkan taji di klub Jepang, tidak sekedar penghangat bangku cadangan atau hanya ‘jualan kaos.’

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *