Pesepakbola Tertua, Kazuyoshi Miura Gabung Klub Baru, Menolak Pensiun!

Titip Jepang - kazuyoshi miura

Lazimnya, pesepakbola akan berhenti berkarier di kisaran usia 35-40 tahun. Namun, tak jarang ada pemain yang sanggup bermain hingga usia lebih dari 40 tahun. Tahukah Titipers, siapa pesepakbola tertua di dunia? Dia adalah Kazuyoshi Miura, pemain asal Jepang. Dengan usia 57 tahun, Kazuyoshi Miura telah berkarier di sepakbola sejak tahun 1986.

Nampaknya kita belum akan melihat Miura akan pensiun dalam waktu dekat. Pasalnya pada tahun ini, Miura kembali akan bermain pada musim depan. Setelah dipinjamkan ke klub Liga 2 Portugal, Oliveirense, pemain kelahiran 26 Februari 1967 tersebut kembali ke klub utamanya, yakni Yokohama FC. Lalu dia pun kembali dipinjamkan, kali ini ke klub Divisi 4 Liga Jepang, Atletico Suzuka.

Beberapa hari sebelumnya, pemain yang dijuluki King Kazu ini sempat menjalani pertandingan uji coba melawan Tokyo Verdy bersama Yokohama FC. Saat itu, dia menjalani pertandingan dengan sehat bugar. Di klub barunya nanti, Kazuyoshi Miura akan dilatih oleh kakanya yang bernama Yasutoshi Miura. Yasutoshi dulunya juga merupakan pemain sepakbola dan sempat bermain bersama adiknya.

BACA JUGA: Profil Hiroki Ito: Pemain Jepang Yang Bergabung Bayern Munchen

 KARIER SEPAKBOLA KAZUYOSHI MIURA 

Karier sepakbola Kazuyoshi Miura diawali pada tahun 1982, saat itu dia tergabung bersama klub sekolah. Lalu di tahun yang sama, permain berposisi penyerang ini bergabung ke klub junior Juventus-SP yang merupakan klub asal Brasil. Miura berada di klub tersebut selama empat tahun, hingga tahun 1986.

Awal karier senior King Kazu, saat dia bergabung dengan klub Brasil lainnya, yakni Santos pada tahun 1986. Di sana dia bermain sebanyak dua pertandingan. Di tahun yang sama, Miura kemudian bergabung ke Palmeiras dan mengemas 25 pertandingan.

Setelah itu, Kazuyoshi Miura melanglang buana ke berbagai klub di tiga benua. Dia pernah bermain untuk klub Italia, Genoa pada musim 1994-1995 dengan status pinjaman. Dia juga pernah memperkuat klub Kroasia, Dinamo Zagreb pada tahun 1999. Puncak kariernya adalah saat memperkuat Verdy Kawasaki  (sekarang Tokyo Verdy) dari tahun 1990 hingga 1998. Di klub tersebut, dia bermain sebanyak 192 kali dan mencetak 117 gol.

Klub terlama yang pernah dia perkuat adalah Yokohama FC. Dia tergabung di klub tersebut sejak tahun 2005 hingga sekarang. Walaupun beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, seperti Sydney FC (2005), Suzuka Point Getters (2022), Oliveirense (2023-2024), dan yang terbaru dia kembali ke klub Suzuka Point Getters yang sekarang berganti nama menjadi Atletico Suzuka (2024).

Dalam karier Internasional-nya, Miura pertama kali mendapat panggilan Timnas Jepang pada tahun 1990 untuk skuad Asian Games. Miura juga masuk dalam bagian skuad Jepang saat menjuarai Piala Asia 1992, saat itu dia juga didaulat sebagai Pemain Terbaik kompetisi. Miura juga memimpin tim Samurai Biru melaju ke Piala Dunia untuk pertama kalinya pada tahun 1998.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: Instagram kingkazumiura

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang