“Keajaiban” Evakuasi Penumpang Pesawat Japan Airlines Berkat Kesigapan Kru

blog-keajaiban evakuasi japan air lines berkat kesigapan para kru-2

Semua penumpang dan awak Japan Airlines berhasil selamat dari kecelakaan yang terjadi

Selamatnya 379 orang penumpang pesawat Japan Airlines Penerbangan 516 dari kobaran api akibat kecelakaan yang terjadi disebut sebagai sebuah “keajaiban”. Pesawat tersebut diketahui mengalami tabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang di Bandara Haneda pada hari Selasa (02/01/2024).

Semua penumpang dan awak Japan Airlines Penerbangan 516 dibawa ke tempat aman dalam waktu 18 menit setelah mendarat dalam kobaran api. Banyak media asing yang mengungkapkan keterkejutan dan kekagumannya, dan menyebut bahwa evakuasi yang terjadi saat itu merupakan sebuah keajaiban karena berhasil menyelamatkan seluruh penumpang.

Dilansir dari halaman Japan News, seorang karyawan perusahaan berusia 28 tahun asal Mizuho, Tokyo, yang duduk di bagian kiri belakang pesawat, langsung melihat api datang dari sisi sayap. Saat asap memenuhi kabin, penumpang mulai merasakan panasnya api.

Sedangkan menurut pernyataan penumpang lainnya, asap terlihat mulai mengepul dalam waktu kurang dari satu menit setelah mendarat. Rekaman video yang beredar menunjukkan kabin dipenuhi asap pada pukul 17.51.

Seorang pramugari memberi instruksi kepada para penumpang untuk tetap tenang, menutup hidup dan mulut dan tetap berada pada posisi rendah untuk menghindari menghirup asap.

blog-keajaiban evakuasi japan air lines berkat kesigapan para kru-1

Beberapa penumpang yag kebingungan dengan marah meneriakkan hal-hal seperti, “Ayo keluar sekarang!” dan “Mengapa kamu tidak membuka pintu keluarnya saja?”

Evakuasi dimulai dari dua pintu keluar di bagian depan dan satu pintu keluar di kiri belakang pesawat. Penumpang saling mendorong menuju perosotan pelarian meskipun pramugari telah meminta penumpang dengan tenang mengambil giliran untuk melarikan diri.

Menurut Japan Airlines Co., kapten dan awak kapal lainnya memeriksa setiap baris untuk melihat apakah ada penumpang yang tidak melarikan diri. Mereka mendesak penumpang yang tetap di kursinya untuk maju. Salah satu kru berpikir cepat untuk membuka pintu darurat di bagian belakang badan pesawat, kata perusahaan tersebut.

Setelah berhasil mengevakuasi penumpang, kapten dan awak kapal turun ke landasan pacu pada pukul 18.05, 18 menit setelah mendarat. Sekitar 10 menit kemudian, pesawat dilalap api disertai ledakan keras.

Japan Airlines mengatakan latihan evakuasi darurat diadakan setahun sekali untuk seluruh awak pesawat. Mereka menghabiskan satu hari penuh untuk memastikan pengoperasian pintu darurat dan prosedur lainnya.

“setiap anggota kru harus menilai situasi kebakaran dan memilih pintu darurat yang tepat untuk memandu penumpang”, kata kritikus penerbangan Yoshitomo Aoki. “Penumpang tidak panik dan mengikuti instruksi, sehingga membuahkan hasil.”

Ikuti terus berita-berita terbaru di kanal Titip Jepang. Yuk baca artikel lainnya lainnya di sini!

sumber: japan news

Jangan lupa ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *