[REVIEW KOMIK] Best of Best: Ito Junji, Antologi Horror yang Tidak Menjual Cerita Seram Aja Lho?!

Titip Jepang-Ito Junji

 Penggemar cerita horor? Sudah baca Best of Best Ito Junji Belum?! 

Best of Best adalah antologi komik (short story collection) yang diterbitkan oleh Akasha, yang merupakan imprint dari m&c! pada 3 Februari 2021. Komik ini memuat cerita-cerita pendek karya Ito Junji yang pernah dimuat di majalah Shogakukan

Seperti yang telah diketahui, Junji Ito merupakan mangaka horor senior yang jenius dan terkenal dengan ceritanya original.  Dia menulis manga sejak tahun 80-an. Salah satu keunikannya terletak pada gambarnya yang tidak creepy, tetapi juga disturbing. Karya-karya Junji Ito juga menjadi referensi yang digunakan di manga-manga populer seperti Chainsaw Man dan Jujutsu Kaisen.

Manga karya Junji Ito belum terlalu banyak diterbitkan di Indonesia. Berikut daftar komik yang diterbitkan oleh mnc!:

  • Gyo terbit pada tahun 2018
  • Best of the Best terbit pada tahun 2021
  • Uzumaki terbit pada tahun 2022

Ada satu komik Junji Ito yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, yaitu komik yang berjudul “Cat Diary Yon & Mu” rilis pada tanggal 25/5/22.

Mungkin pembaca manga penggemar karya Ito Junji sangat menanti komik ini terbit di Indonesia. Karena buku edisi spesial ini lah yang sangat kita rekomendasikan kepada penggemar horor yang ingin mulai membaca karya-karya Junji. Berikut sinopsis resmi dari penerbit mnc!:

Ito Junji: Best of Best merupakan kumpulan 10 cerita pendek yang telah dipilih khusus untuk para pembaca setia karya mangaka horor ternama di Jepang, Ito Junji. Contents: Army of One Human Chair Venus in the Blind Spot the Licking Woman Umezu Sensei and Me Other Love of this World the Possesion of Profesor Kirita Enigma of Amigara Fault the Sad Tale if the Principal Post Momento.

Selain itu ada karya yang terinspirasi dari sesi bincang-bincang dengan sutradara R. Deodato dari film ‘Shokujinzoku‘ yang juga dimuat pada komik ini.

 Cetakan Lokal Rasa Impor?! 

Sebelum membahas inti cerita, mari kita bahas tampilan komik dan apa saja yang ada di dalam komik spesial ini. Komik ini termasuk kategori yang sangat bagus, tidak hanya cover komik saja yang mirip dengan terbitan luar negeri, jika Titipers membuka cover jaketnya mungkin kalian berpikir komik ini adalah terbitan luar negeri. Berikut tampilan cover jaket komik Best of Best:

Jaket cover tampak depan

Titip Jepang-Ito Junji

Jaket cover tampak belakang

Impressive bukan? kalau untuk penulis, cover jaketnya bisa dijadikan hiasan poster di dinding kamar nih^^.

Tidak hanya itu saja, dalam komik antologi ini sudah include dengan 4 art gallery, yang dua gambar dicetak book paper seperti berikut ini tampilannya:

Titip Jepang-Junji Ito

Kirie, pemeran utama Uzumaki

Women of No Longer Human

Sedangkan 2 gambar selanjutnya menggunakan kertas biasa tapi berwarna, seperti berikut ini tampilannya:

Titip Jepang-Junji Ito

Masuk pada bagian cerita, ada beberapa halaman warna yang tercetak di komik Best of Best Junji Ito ini. Lalu apakah halaman 17 dst berwarna hitam putih seperti komik pada umumnya? Jawabannya hanya ada 16 halaman saja yang dicetak berwarna. Berikut perbandinganya:

 10 Kisah Horor Terbaik 

Ito Junji Best of Best ini berisikan 10 kisah horor terbaik yang menyeramkan banget loh! Berikut daftar isi antologi ceritanya:

  • Army of One,
  • The Human Chair,
  • Venus in the Blind Spot,
  • The Licking Woman,
  • Umezz Sensei and Me,
  • Other Love of This World,
  • The Possession of Amigara Fault,
  • The Sad Tale of Principal Post, dan
  • Memento.

Mungkin, penulis akan menceritakan tiga dari judul-judul di atas yang cukup creepy dan agak sedikit membuat paranoid. Yang pertama adalah Army of One, bermula dari penemuan sepasang mayat dalam keadaan terjahit satu sama lain. Lalu berlanjut pada kasus hilangnya sekolompok orang dalam suatu acara dan beberapa hari kemudian ditemukan dalam keadaan terjahit. Michio yang menemukan kejanggalan tersebut berupaya untuk tidak berkerumun agar dirinya selamat. Suatu hari ketika dia ingin mengungkapkan perasaannya pada seorang gadis, tapi dia sendiri yang kaget dengan apa yang dilihat di depan matanya.

Titip Jepang-Junji Ito

The Human Chair, cerita ini mengisahkan seorang pria yang mencintai seorang penulis yang sudah menikah. Lalu dia membuat sebuah kursi yang didesain khusus untuk wanita tersebut. Namun siapa sangka ternyata kursi itu mengandung roh jahat agar pria tersebut  selalu dekat dengannya.

The Licking Woman, menceritakan seorang wanita aneh yang berjalan di malam hari untuk mencari mangsa dengan menjilat anggota tubuh korban dan naasnya membuat korban meninggal usai kesakitan yang disebabkan oleh racun yang wanita penjilat tersebut. Tunangan Miku yang menjadi korbannya membuat dia ingin membalas dendam atas kejadian tersebut.

 Collect it or Skip it? 

Titip Jepang-Junji ItoHak cipta gambar milik M&C!

Komik karya Junji adalah cerita horor yang sangat dinanti-nantikan banyak penggemarnya, namun masih banyak karya-karyanya yang belum diterjemahkan dan diterbitkan di Indonesia. Sedikit terobati dengan hadirnya komik Best of Best yang dibanderol dengan harga Rp. 68.000,-, untuk komik spesial ini termasuk pencapaian yang luar biasa di dunia penerbitan. Karena komik  ini sangatlah worth dan best price untuk dijadikan koleksi tambahan di perpustakaan pribadi.

Bagaimana Titipers, apakah review singkat kali ini dapat menambah amunisi cerita horor kalian?

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Animanga Anime Movies News Rubrik Uncategorized

7 Fakta Totto Chan: The Little Girl at the Window yang Perlu Kamu Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *