Review Komik Uzumaki: Cerita Spiral yang Sangat Menyeramkan!

Titip Jepang-Komik Uzumaki

Komik Uzumaki atau Naruto Uzumaki?! Ini bukan Naruto!!

Judulnya memang Uzumaki, tapi Uzumaki di sini berarti Spiral. Manga Uzumaki karya Junji Ito adalah manga horor yang legend, bukan hanya menyajikan gambar yang seram seperti cerita horor di Indonesia pada umumnya tapi manga ini memiliki cerita yang original dan cukup disturbing. Karena visualisasi gambar dan ceritanya benar-benar membuat bulu kuduk merinding.

Tanggal 28 Mei 2022, M&C! menerbitkan komik Uzumaki. Entri terbaru dari m&c! untuk komik bertema horor yang terbit dengan bundel 3-in-1. Komik ini bisa dibilang komik yang sangat dinantikan oleh para penggemar, karena komik yang berseri biasanya diterbitkan sesuai volume. Dan bundel omnibus setebal ini memang yang pertama kalinya di dunia komik yang terbit di Indonesia. Sinopsis resmi dari penerbit adalah sebagai berikut:

Titip Jepang-Uzumaki Junji Ito

Seorang gadis SMA, Ghosima Kirie dan pacarnya, Saito Shuichi tinggal di kota terkutuk Kurouzu. 

Di kota ini, ada orang yang tubuhnya bisa terpuntir seperti spiral, ada yang berubah menjadi manusia siput, ada yang rambutnya bergerak-gerak sendiri seperti ‘spiral hidup’. Ranting, dedaunan pohon, dan tanaman meliuk-liuk dalam putaran angin puyuh. 

Keadaan Kota Kurouzu semakin aneh dan tak masuk akal. Ketika Kirie memutuskan melarikan diri dari kota ini, semuanya sudah terlambat…

Apa yang sebenarnya ada di tengah kutukan ini? Manga horor klasik karya komikus Ito Junji yang menggambarkan kesenjangan masyarakat saat ini dan terjebak dalam keputusasaan yang berputar-putar seperti spiral. 

BACA JUGA: Hijaber ini Cosplay Uzumaki dengan Make-up yang Menyeramkan

 Kualitas Cover dan Jaket 

Sebelum membahas cerita, kita review dulu tampilan komik Uzumaki. Komik ini masuk kategori kualitas yang bagus, berbeda dengan Shaman King: Complete Edition yang mengusung format bundel 2-in-1 ekslusif Elex Media Komputindo dengan menggunakan sampul berjaket, Uzumaki mengambil format bundel bunkou 3-in-1 menggunakan sampul yang berkualitas premium dengan kertas bookpaper, tentunya komik ini lebih tebal dan cukup memuaskan dilihat.

Titip Jepang-Uzumaki Junji Ito

Tampilan cover jaket Uzumaki hanya di bagian depan saja, jika dibalik covernya putih biasa tanpa ada embel-embel gambar. Art dari gambar cover menggambarkan para korban setiap chapter.

Menilai isi komik dilihat sisi art dari gambar yang ditampikan sangat tajam dan detail. Komik horor ini juga diperuntukkan 18+ karena adegannya yang disturbing dan ada adegan kekerasan, karena umumnya penggemar Ito Junji berusia remaja ke atas.

 Mangaka Horor yang Legendaris  

Junji Ito, seorang mangaka horor jenius yang ceritanya original dan Uzumaki ini adalah serial yang paling terkenal. Komik ini juga mendapatkan live action movie-nya yang rilis pada tahun 2000 di Jepang. Latar cerita pada film dan versi komik mengambil tempat di sebuah kota yang diganggu oleh kutukan misterius yang melibatkan spiral. Meskipun produksi film ini dikerjakan bersamaan dengan manga ini ditulis dan dirilis, tapi film ini berangkat dari cerita karya aslinya dan menampilkan akhir yang berbeda.

Beberapa komik karya Junji Ito yang telah terbit di Indonesia. Berikut daftar komik yang diterbitkan oleh mnc!:

  • Gyo
  • Best of the Best
  • Uzumaki

Ada satu komik Junji Ito yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, yaitu komik yang berjudul “Cat Diary Yon & Mu” rilis pada tanggal 25/5/22.

 Cerita dari Berbagai Latar  

Bagi kalian yang pernah membaca komik Uzumaki volume 1, setiap chapter di dalamnya menceritakan kutukan spiral ini dengan latar yang berbeda. Mulai dari ayah Suichi yang terobsesi dengan segala pernak pernik spiral, hingga bisa dibilang ayah Shuichi nyaris gila. Hingga membuat dirinya meninggal dalam keadaan yang dengan cara yang benar-benar disturbing, melingkar seperti spiral di dalam wadah seperti baskom. Kematian ayah Shuichi adalah awal dari kegilaan di kota Kurouzu.

Pada setiap chapter menceritakan kisah dan kejadian yang berbeda-beda, tapi inti cerita dari tiap chapter penyebab kematian para korban adalah kutukan spiral di kota tersebut. Sehingga banyak orang yang ingin pergi dari kota agar lepas dari kutukan, namun yang terjadi justru sebaliknya. Banyak orang yang tersesat dan merasa jika dirinya hanya berjalan di tempat itu berulang kali, dan Kurozu jadi hancur karena tiupan angin puting beliung dan tidak ada seorang pun yang bisa keluar dari kota tersebut.

 Romance 

Komik Uzumaki menceritakan kisah horor yang menjijikkan, namun siapa sangka jika pemeran utamanya memiliki kisah romansa yang sangat mengharukan. Suichi dan Kirie adalah sepasang kekasih yang mengetahui asal muasal penyebab kutukan spiral di kota Kurouzu.

Titip Jepang-Uzumaki Junji Ito

Suichi menyadari ada kejanggalan yang terjadi di kota itu, dia mengajak Kirie untuk kawin lari agar terhindar dari kutukan spiral. Namun yang terjadi adalah mereka sendiri yang bisa mengakhiri kutukan spiral di kota Kurouzu, yang menyatu lalu berubah menjadi spiral. Dan di sinilah ceritanya terkual dan bangunan kota itu melapuk dan rata kembali dengan tanah. Di saat itulah ada kota baru yang terlahir di atas reruntuhan dan yang akan dihuni kembali oleh manusia. 

 Collect it or Skip it? 

Sebenarnya komik karya Junji Ito banyak yang belum diterbitkan secara legal di Indonesia. Meskipun para penggemar Junji ito banyak yang menunggu karya-karyanya bisa dinikmati secara bebas, namun kebanyakan manga itu belum diterjemah.

Untuk komik Uzumaki ini sangatlah worth to buy karena komik horor ini adalah cerita original yang sangat keren, mengangkat tema Spiral! cuma tentang spiral tapi menarik dan disturbing.

Titip Jepang-Komik Uzumaki

Hak cipta gambar milik M&C!

Komik Uzumaki dibanderol dengan harga Rp. 128.000,-, cukup mahal tapi untuk komik dengan format spesial bundel dan jaketnya yang tebal sangatlah worth buat pecinta komik horor.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Animanga Anime Artikel News Rubrik

10 Rivalitas di Anime

Film Layar Live Action News Others Rubrik Tokusatsu

Godzilla Minus One Jadi Film Paling Dibajak, Toho Dikritik

Animanga Anime Film News Rubrik

Review Film Totto-Chan: Little Girl at The Window

Tinggalkan Balasan