Public Investment Fund Arab Saudi Membeli 5.01% Saham Nintendo

Dilansir dari artikel Anime News Network, Public Investment Fund (PIF) Kerajaan Arab Saudi yang diketuai Putra Mahkota Mohammed bin Salman melaporkan telah membeli 5,01% saham Nintendo pada minggu lalu. Pembelian saham senilai 43,5 trilyun rupiah (US$2.98 milyar) itu membuat PIF menjadi pemegang saham asing kelima terbesar perusahaan tersebut, dari sebelumnya peringkat dua.

Februari lalu PIF mengumumkan telah membeli lebih dari 5% saham perusahaan pengembang Jepang CAPCOM dan Nexon. PIF juga memiliki saham perusahaan pengembang game dan penerbitan seperti Activision-Blizzard, Electronic Arts, dan Take-Two Interactive.

Pangeran Salman mendirikan Yayasan Pangeran Mohammed bin Salman (MiSK) yang merupakan induk perusahaan media Manga Productions. Perusahaan ini bekerjasama dengan Toei Animation dalam beberapa proyek, seperti anime pendek The Woodcutter’s Treasure, Future’s Folktales, dan The Journey. Anak perusahaan MiSK yang lain, Electronic Gaming Development Company, Januari lalu juga telah mengakuisisi 96.18% saham perusahaan pengembang game Jepang SNK.

Pangeran Salman dianggap sebagai dalang pembunuhan jurnalis The Washington Post asal Saudi, Jamal Kashoggi. Kashoggi terbunuh di Istanbul pada tahun 2018. Ia juga mendapatkan kritik karena berperang dengan Yaman dan menindak orang-orang yang tidak setuju dengannya. Namun pada tahun 2018 ia dipuji karena mencabut larangan mengemudi bagi wanita Saudi.

 

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: animenewsnetwork

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan