Perusahaan Figure Anime: Good Smile Company

good smile company

 Sekilas Tentang Good Smile Company 

Good Smile Company, Inc. (株式会社グッドスマイルカンパニー, Kabushiki-gaisha Guddo-sumairu-kanpanī), atau biasa disingkat dengan GSC, adalah perusahaan asal Jepang yang memproduksi mainan seperti nendoroid dan figma. 

Good Smile Company menjual berbagai produk dengan fokus pada miniatur karakter berbahan PVC. Sebagian besar produk berdasarkan karakter anime, manga, atau video game yang populer di Jepang. Mereka memiliki produk berdasarkan film dan komik Amerika yang populer di Jepang seperti Star Wars dan karakter dari Marvel Comics. Seri populer yang termasuk dalam jajaran produk mereka antara lain Hatsune Miku, Black Rock Shooter, Puella Magi Madoka Magica, serta karakter dari game Nintendo. 

good smile company
Sumber gambar: jurnalotaku

Good Smile Company didirikan oleh Aki Takanori pada tahun 2001 sebagai perusahaan event management. Setelah itu GSC mulai bekerja sama dengan Max Factory untuk produk-produk terkait hobby product yang akhirnya menjadi fokus utama perusahaan ini. 

Good Smile Company juga bertindak sebagai distributor dan untuk sejumlah perusahaan terkait hobi lainnya termasuk Max Factory, FREEing dan perusahaan Phat!. Perusahaan GSC memiliki hubungan sangat panjang dengan Max Factory, dan sering berbagi stan serta ruang pameran di acara-acara seperti Wonder Festival. 

Pada Juni 2012, Good Smile Company memindahkan kantornya dari Matsudo, Chiba ke Menara Timur Tokyo Skytree, yang telah menjadi markas bersama bagi GSC dan Max Factory.

good smile company Aki Takamori
Sumber gambar: jurnalotaku

Jurnal Otaku Indonesia pernah mewawancarai CEO perusahaan GSC, Aki Takanori. Mereka berdiskusi tentang awal mula Aki Takanori menciptakan produk nendoroid. Aki Mengatakan bahwa awalnya Ia kesulitan untuk membuat figure skala besar dengan detail yang berkualitas, sehingga muncullah ide untuk membuat nendoroid, yang ternyata hasilnya bagus dan lebih enak untuk dipegang. Saat dibuat prototype-nya, akhirnya GSC putuskan untuk menjadikannya High-end deformed figure. Deformed figure biasanya produksinya murah, tapi setelah mereka mengecat dengan gradasi, desain menjadi lebih baik. Harganya jadi lebih mahal tapi memang dari awal kami ingin buat menjadi produk high end. Setelah kita coba pasarkan, untungnya responnya baik.

 Good Smile Cafe 

good smile cafe osaka
Sumber gambar: osaka-info

Selain memproduksi hobby product, GSC membentangkan sayapnya ke bisnis Cafe yang telah didirikan sejak 20 Agustus 2010. Di sana kamu dapat menikmati makananmu sambil berkeliling cafe atau berbelanja figma, manga, alat tulis, dan pernak-pernik lainnya bertemakan animanga.

Seperti dikutip dari Danny Choo, The Good Smile Cafe yang terletak di Akihabara adalah tempat yang sangat keren. Di sana semua interiornya bernuansa anime, sangat cocok buat kamu para pecinta dan penggemar setianya.

good smile cafe
Sumber gambar: osaka-info

Sayangnya kini Cafe ini hanya buka di Osaka saja. Jika kalian berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mengunjungi Cafe ini ya!

 

Address as follows:
〒556-0005 大阪府大阪市浪速区日本橋4丁目15−17 2F
Jepang, 〒556-0005 Osaka, Naniwa Ward, Nipponbashi, 4 Chome−15−17 2F

Access:
Approx. 8-minute walk from Osaka Metro “Nippombashi Station”, Kintetsu Railway “Kintetsu-Nippombashi Station”
Approx. 10-minute walk from Osaka Metro “Namba Station”

Opening times: 11:00 – 21:30

Sumber: wikipedia, osaka-info, jurnalotaku

 

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *