[Review Website] Rakuten: Sponsor FC Barcelona yang Segera Tergantikan

Halo semua. Kali ini penulis kembali lagi dengan konten baru yang tidak kalah seru dengan konten-konten yang pernah penulis bagikan sebelumnya. Kali ini penulis akan mencoba mereview sesuatu dari Jepang, namun bukan anime, manga, atau produk dari Jepang, melainkan website. Jarang sekali kan menemukan website yang mereview website lain. Nah untuk konten review website pertama ini, penulis akan mencoba mereview salah satu website e-commerce asal Jepang yang namanya sudah cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia, terutama bagi penggemar klub FC Barcelona, apalagi kalau bukan Rakuten.

Sebelumnya penulis harus melakukan disclaimer,  bahwa review ini bersifat subjektif dan hanya berdasarkan pengetahuan penulis yang masih cukup awam. Kalau sudah paham, langsung saja kita menuju browser.

Hal pertama yang akan kita temukan ketika mengetikkan kata Rakuten di mesin pencari, kita akan langsung menemukan situs website Rakuten di halaman pertama. Google akan langsung mengarahkan hasil pencarian ke website Rakuten versi global. Kira-kira begini tampilannya ketika Titipers melakukan pencarian di Google menggunakan smartphone.

Di sana, Titipers akan menemukan mesin pencari yang ditujukan khusus untuk mencari kata kunci yang terdapat di website Rakuten. Jadi tanpa Titipers membuka website Rakuten, Titipers dapat langsung melakukan pencarian, yang akan langsung menampilkan hasil pencarian kata kunci tersebut yang terdapat pada website Rakuten. Sebagai contoh, inilah hasilnya ketika Titipers mencari kata kunci Manga di mesin pencari tersebut.

Dapat terlihat, bahwa Google hanya akan memberikan hasil pencarian kata Manga yang terdapat pada website Rakuten. FYI, metode ini juga dapat Titipers gunakan di beberapa website-website lain ya.

Langsung saja kita masuk ke website dari Rakuten dan kita akan menemukan tampilan layar utama dari Rakuten. Pada tampilan versi mobile, Titipers akan langsung menemukan anjuran untuk men-download aplikasi Rakuten yang tersedia di Playstore, Appstore atau penyedia aplikasi smartphone lain.

Perlu penulis ingatkan bahwa tampilan dari versi global akan sangat berbeda jika dibandingkan versi Jepang. Untuk versi mobile dari Rakuten Jepang dapat dilihat seperti di bawah ini.

Pada tampilan mobile versi Jepang, nuansa tampilan versi desktop sangat terasa. Bagi penulis sendiri, kesan versi mobile sangat tidak terlihat di tampilan ini, jika dibandingkan dengan versi global. Hanya saja untuk versi global Titipers tidak akan langsung menemukan mesin pencari atau bahkan produk dari Rakuten. Titipers bisa klik “Let’s Shoo on Web Instead” sehingga akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Hasilnya Titipers malah diminta untuk bergabung menjadi bagian dari Rakuten. Ketika Titipers telah memutuskan untuk bergabung dengan Rakuten, barulah akan dibawa ke website e-commerce Rakuten, seperti yang dapat terlihat di bawah ini.

Ternyata cukup merepotkan ya untuk masuk ke salah satu situs belanja terpopuler dari Jepang ini. Bagaimana kalau seandainya Titipers masuk ke website melalui browser PC. Nah karena penulis juga penasaran, maka penulis akan mencoba masuk ke website Rakuten versi dekstop.

Ya kurang lebih tampilannya sama saja dengan versi mobile. Pengunjung website akan diarahkan untuk membuat akun Rakuten. Hanya saja pada tampilan desktop, pengunjung tidak diarahkan untuk menginstall aplikasi Rakuten. Penulis sendiri tidak mengetahui apakah tidak tersedia aplikasi Rakuten versi Desktop. Kalaupun tersedia, sepertinya Rakuten tidak terlalu menganjurkan untuk menggunakan versi aplikasi, terlihat dari tidak adanya anjuran menggunakan versi aplikasi.

Sebenarnya penulis masih ingin mereview banyak hal dari website Rakuten, namun berhubung tulisan sudah cukup panjang, penulis akan mengakhiri review website kali ini. Sampai jumpa lagi di review website selanjutnya, stay tune di Titip Jepang.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan