Bintang Power Ranger Austin St. John Didakwa atas Dugaan Penipuan Pinjaman COVID-19

Dilansir dari Anime News Network, kantor pengacara Departemen Kehakiman AS untuk Wilayah Timur Teksas pada hari Rabu (15/5) mengumumkan telah mendakwa aktor serial Mighty Morphin Power Rangers, Austin St. John bersama 17 orang lain atas dugaan konspirasi penipuan elektronik. Menurut pengumuman, 18 orang tersebut telah ditangkap atau dipanggil menghadap hakim federal tanpa rincian detail.

St. John (47) dan terdakwa lain diduga menipu pemberi pinjaman dan bagian Small Business Administration (SBA) dari Paycheck Protection Program (PPP). PPP adalah program yang menyalurkan bantuan keuangan darurat dari Pemerintah AS untuk usaha kecil yang terdampak pandemi COVID-19 berupa pinjaman lunak. Program bantuan ini adalah bagian dari CARES Act yang berlaku mulai bulan Maret 2020. Departemen Kehakiman menuduh para terdakwa telah dengan sengaja memalsukan data pendaftaran permohonan bantuan seperti keterangan jenis usaha, jumlah pegawai, dan besaran gaji.

SBA telah menyetujui dan mencairkan pinjaman tersebut kepada masing-masing terdakwa. Namun mereka diduga menggunakannya untuk keperluan pribadi, membayar ketua komplotan, atau memberikannya kepada pihak ke-tiga untuk berinvestasi dalam bursa valuta asing. Departemen Kehakiman AS menuduh para terdakwa telah mendapatkan total kurang lebih 16 pinjaman senilai 50,8 milyar rupiah (US$3.5). FBI dan IRS saat ini bertugas menyelidiki kasus ini. Jika terbukti bersalah masing-masing terdakwa akan terancam hukuman hingga 20 tahun penjara.

Pengacara St. John menyampaikan dalam sebuah pernyataan bahwa kliennya mengaku tidak bersalah. Agensi Galactic Production mengunggah pernyataan melalui akun Twitter St. John pada 20 Mei lalu yang menyatakan bahwa aktor tersebut telah ditipu oleh pihak ketiga yang diipercaya untuk mengurus urusan finansialnya. Agensi talenta tersebut berharap tim hukum St. John dapat membela kliennya dan membebaskannya dari segala dakwaan.

St. John berperan sebagai Jason Lee Scott/ Red Ranger dalam serial TV Mighty Morphin Power Ranger yang tayang pada tahun 1993 hingga 1994. Ia telah berkali-kali memainkan kembali peran tersebut dalam berbagai serial Power Ranger lain, dengan yang paling baru adalah dalam pertunjukan Power Ranger Beast Morphers pada tahun 2020.

 

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: animenewsnetwork

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan