3 Fakta Power Rangers Wajib Tahu! Jawara Tokusatsu di Barat!

Titip Jepang - Fakta Power Rangers

Selain Kamen Rider dan Ultraman, Super Sentai merupakan jenis Tokusatsu yang paling terkenal serta yang telah berjalan paling lama. Sekarang memiliki 46 total judul, dengan judul ke 47 yang akan datang, ketenaran Super Sentai juga terkait dengan adaptasi seri tersebut yang lahir di barat. Judul yang meningkatkan pamor Super Sentai hingga mendunia ini tidak lain adalah Power Rangers. Di sini akan dipaparkan 3 fakta Power Rangers!

Bahkan bisa dibilang pada awalnya kalau Power Rangers jauh lebih terkenal daripada Super Sentai. Dan semua orang pasti tahu tentang cerita kelompok berkostum ini yang melawan kejahatan.

Sekarang, nama Power Rangers merupakan bagian umum dari pop-kultur era 90-an. Serial tersebut juga telah berjalan selama 29 tahun dan memiliki 30 judul. Bagaimana sih asal-muasal serial ini? Bagaimana sebuah seri yang awalnya berasal dari Jepang berakhir dengan adaptasi di Amerika Serikat? Seperti apakah sejarah perkembangan Power Rangers itu sendiri? Dan bagaimana kondisi mereka sekarang?

Langsung intip semua fakta Power Rangers yuk Titipers!

 1. FAKTA POWER RANGERS – SEBUAH CERITA ADAPTASI 

Fakta Power Rangers yang selalu terkait dekat dengan Super Sentai karena Power Rangers sendiri merupakan ‘Adaptasi’ dari genre Tokusatsu yang satu itu. Power Rangers dimulai dengan Mighty Morphin Power Rangers yang meski sudah lama masih menjadi wajah yang senama dengan franchise mereka.

Konsep awal Power Rangers sebenarnya dimulai pada tahun 1986, di mana Stock Footage pertarungan dari Super Sentai akan disambungkan dengan rekaman cerita yang menampilkan lokasi dan karakter yang berbahasa Inggris. Sehingga mengubah ceritanya agar lebih bisa dinikmati oleh penonton di barat tapi tetap mempertahankan unsur aksi aslinya. Karena sumber dan cara penggunaan material inilah Power Rangers kadang disebut sebagai adaptasi ala barat dari Super Sentai.

Tetapi, karena tidak ada jaringan televisi yang tertarik untuk menayangkan program tersebut, produksi Power Rangers belum dimulai sampai tahun 90-an. Dan karena rentang jeda ini, Mighty Morphin Power Rangers yang mulai tayang pada tahun 1993 akhrinya mengadaptasi seri Super Sentai yang baru saja selesai saat itu, yakni Kyōryū Sentai Zyuranger.

Hasil akhirnya adalah Mighty Morphin Power Rangers. Sebuah tayangan yang menceritakan 5 orang remaja yang berubah menjadi Power Rangers, masing-masing mengenakan kostum dengan warna mencolok yang bertemakan hewan zaman purba.

Judul ini awalnya direncanakan untuk hanya berjalan sepanjang 40 episode dan diberikan budget produksi yang juga terhitung kecil pula. Tetapi, Mighty Morphin Power Rangers mendapatkan sambutan yang sangat positif dari banyak penonton. Hasilnya seri itu pun mulai diperpanjang dengan prospek sekuel.

 2. FAKTA POWER RANGERS – LAHIRNYA SEBUAH FRANCHISE 

Kesuksesan Mighty Morphin Power Rangers memastikan kelanjutan serial Power Rangers di barat. Mighty Morphin Power Rangers sendiri tayang hingga memiliki 6 season yang mengadaptasi 5 seri Super Sentai yang berbeda. Karena alasan tersebut, Mighty Morphin menjadi seri Power Rangers yang paling ikonik sekaligus terpanjang.

Seperti yang kita ketahui, ada sangat banyak judul Power Rangers setelah Mighty Morphin, yang tahun depan akan memulai judul mereka yang ke-30. Jadi sudah jelas bahwa sejak awal nama Power Rangers akan dengan pesat berkembang menjadi sebuah franchise.

Meski sangat khas dan bertahan lama, sejarah franchise Power Rangers cukup kompleks dalam perihal kepemilikan. Pada awalnya Power Rangers diproduksi di bawah Saban Entertainment, yang berbagi nama dengan pencipta Power Rangers sendiri, Haim Saban, dan disiarkan melalui saluran televisi Fox Kids.

Ini berakhir pada tahun 2001, di pertengahan produksi Power Rangers Wild Force, perusahaan Disney mengakuisisi Power Rangers serta Saban Entertainment, lalu mengubah namanya menjadi Buena Vista Entertainment. Di bawah Disney, Power Rangers tetap berjalan hingga judul Power Rangers RPM.

Saban akhirnya kembali, lalu membeli hak untuk franchise Power Rangers secara utuh di tahun 2010 dan bekerjasama dengan Nickelodeon. Kerja sama ini diperingati dengan penayangan Power Rangers Samurai yang disiarkan melalui channel Televisi Nickelodeon.

 3. FAKTA POWER RANGERS – FRANCHISE LINTAS MEDIA 

Paling terakhir, adalah penutupan Saban Entertainment setelah mereka menjual hak untuk Power Ranger ke Hasbro pada tahun 2018. Setahun setelah itu, Hasbro memulai produksi Power Rangers Beast Morpher yang mengadaptasi Tokumei Sentai Go-Busters dari tahun 2019-2020. Ini menandai babak baru untuk franchise Power Rangers.

Sumber: Hasbro

Hasbro mulai memproduksi lini mainan Power Rangers, dimulai dengan Lightning Collection yang berupa action-figure para Power Rangers baik dari judul lama dan baru. Lini mainan ini masih diproduksi hingga sekarang, dengan proyek Action-Figure Megazord mulai dirilis di akhir tahun 2022 ini. Dengan konfirmasi Hasbro untuk melanjutkan dengan produksi Power Rangers Space Fury, terlihat jelas bahwa babak berikutnya untuk franchise Power Rangers selanjutnya sangat terkait dengan merchandising mainan di bawah Hasbro.

Titip Jepang - Hasbro Zord Ascension

Sumber: Hasbro

Selain dalam bentuk mainan, Power Rangers juga sebenarnya telah lama bercabang ke media di luar televisi. Paling pertama, adalah media Film Layar Lebar, dan totalnya ada tiga film Power Ranger yang dibuat untuk layar bioskop. Ketiga film ini semuanya menampilkan cast orisinal Mighty Morphin Power Rangers, yaitu Mighty Morphin Power Rangers: The Movie, dan Turbo: A Power Rangers Movie. Sementara film terakhir yang tayang pada 2017 yang berjudul Power Rangers, merupakan film re-imagining Mighty Morphin Power Rangers di era modern masa kini.

Sumber: Rangerwiki

Konsep yang sama juga diusung adaptasi komik Power Rangers oleh Boom! Studios. Setelah membeli hak untuk nama Power Rangers dari berbagai perusahaan komik lain, Boom! Studios merilis dua komik utama dengan judul Mighty Morphin Power Rangers, dan Go Go Power Rangers. Keduanya lebih berfokus ke penggambaran karakter para Power Rangers, dan efek dari kehidupan ganda mereka.

Sumber: Boom! Studios

Kesuksesan dua judul tersebut mendorong Boom! Studio untuk merilis berbagai macam komik crossover dan graphic novel. Dan hingga sekarang, adaptasi bacaan Power Rangers pertama ini masih terus berjalan dengan kuat.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: RangerWiki, Hasbro, Boom! Studios

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *