Perusahaan Logistik Onken Menggunakan Lencana Untuk Memantau Kondisi Karyawan

Perusahaan Jepang sangat mengedepankan konsep “komunikasi.” Semua pertemuan, interaksi tatap muka, makan dan minum setelah bekerja dengan rekan kerja sangat diperlukan. Dengan begitu, diharapkan semua orang di kantor akan bisa lebih saling memahami. Namun, terdapat beberapa potensi masalah dengan perusahaan yang menerapkan konsep ini. Sayangnya, karena nilai-nilai budaya Jepang menekankan pentingnya individu memenuhi tanggung jawab mereka kepada kelompok, banyak yang merasa tidak nyaman secara terbuka dan langsung mengatakan kepada rekan kerja mereka bahwa mereka mengalami kesulitan. Mereka cenderung mencoba menyembunyikan kesulitan yang dialami.

Untuk mengatasi masalah tersebut, perusahaan logistik dan media Tokyo, Onken mengambil inspirasi dari desain interface video game, dan membuat lencana karyawan dengan pengukur HP bergaya RPG. Setiap karyawan akan mendapat 3 lencana. Lencana warna hijau menunjukkan 10.000 HP, warna kuning untuk 3.899 HP, dan warna merah menunjukkan 15 HP. Karyawan dapat menggunakan lencana yang paling sesuai dengan kondisi mereka. Dengan adanya lencana tersebut, rekan kerja dapat mengetahui seberapa banyak kapasitas yang mereka miliki untuk tugas tambahan, kerja lembur, dan sejenisnya.

 

Onken memahami bahwa kondisi mental dan fisik karyawan bisa naik turun, baik dari faktor yang berhubungan dengan pekerjaan dan kehidupan pribadi, tetapi tidak mudah untuk mengakui kalau mereka sedang kelelahan. Metode ini mendapat respon positif dari warga twitter. 

Saat ini, hanya karyawan Onken yang memiliki akses ke lencana tersebut. Namun, setelah melihat respon positif, perusahaan mengatakan berencana untuk mulai menjualnya akhir bulan ini.

 

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: soranews24

Sumber gambar : onkenkenken

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *