KATEGORI

Belum ada Produk di keranjang kamu, yuk cari produk incaran kamu di sini!

Marak Pelatihan Kursus Senyum di Jepang Pasca COVID-19, Kebanyakan Peserta Perempuan

Sekitar 20 orang berkumpul pada Minggu pagi untuk sesi kursus senyum di Jepang. Sehari sebelum perubahan pemakaian masker, untuk mempersiapkan diri dengan kehidupan “normal baru” tanpa penutup wajah.

Pemerintah mencabut pedoman pemakaian masker disiarkan pada hari Senin. Setelah tiga tahun pandemi COVID-19, beberapa orang merasa perlu untuk melatih senyum dan ekspresi wajah mereka sebelum melepasnya di depan umum.

Baca Juga:

Perubahan Aturan Masker di Jepang, Emang Masih ada yang Make?

Peserta pelatihan di Yokohama, Jepang ini kebanyakan adalah perempuan. Pelatihan kursus senyum ini dimulai dengan  melakukan pemanasan dengan melenturkan tubuh untuk meredakan ketegangan, lalu mereka duduk kembali dan diarahkan untuk mengangkat cermin genggam mereka setinggi mata.

Titip Jepang-Kursus Senyum di Jepang

Peserta diinstruksikan untuk mengikuti arahan seorang instruktur wanita di depan. Dan meminta mereka untuk melenturkan berbagai bagian wajahnya untuk mendapatkan ekspresi kebahagiaan yang paling hangat dan paling cerah.

Keiko Kawano, seorang penyiar radio yang beralih menjadi pengusaha, menghabiskan hari-harinya menjalankan dua pelatihan: Egaoiku, yang diterjemahkan sebagai “pelatihan/kursus senyum” dan Asosiasi Pelatih Egao. Pelatihan ini bertujuan untuk menekankan pentingnya egao, yang berarti “wajah tersenyum” dalam bahasa Jepang. Kursus ini berdampak positif, baik dalam pola pikir maupun penampilan, di mana peserta akan dilatih dan mendapatkan dan pembelajaran untuk tersenyum.

Titip Jepang-Kursus Senyum di Jepang

Kyoko Miyamoto, berusia 74 tahun, ia mengangkat tangannya dan mengakui bahwa sekeras apa pun dia berusaha, sulit baginya untuk menciptakan senyuman yang dia inginkan.

Teman sekelasnya mengangguk setuju. Tapi tetap saja, mereka bekerja keras untuk kelas 45 menit, melenturkan otot pipi, mulut, dan bahkan leher mereka dengan metode baru secara bersamaan.

Sejarah pelatihan kursus senyum di Jepang

Kawano sendiri telah mengadakan pelatihan dan kelasnya dengan lebih dari 4.000 orang. Selain itu, dia telah membantu lebih dari 700 orang menjadi “spesialis senyum” bersertifikat sejak dia memulai pekerjaannya pada tahun 2017. Dan bulan ini, jaringan pelatihnya yang dapat menangani kelas di seluruh negeri akan bertambah menjadi 20 orang.

Titip Jepang-Kursus Senyum di Jepang

Secara budaya, tersenyum dan melakukannya dengan gigi tidak selalu sesuai di Jepang, dan Anda dapat berbicara bahasa Jepang tanpa terlalu banyak menggerakkan mulut,” kata Kawano. “Kemudian, ketika pandemi dimulai, rasanya senyum berkurang. Hanya ada perasaan kecewa.”

Panduan penyamaran mulai berubah pada Mei tahun lalu, dan antara November dan Januari lalu, Kawano menerima permintaan tiga kali lipat, baik dari individu maupun perusahaan, seperti yang dia alami selama periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga:

Bunga Sakura Telah Kembali, Apakah Tokyo Merayakannya?

Kawano jarang tampil di televisi atau media sebelum pandemi, tetapi karyanya dengan cepat menarik perhatian setelah kemunculannya. Dia mulai menerima permintaan dari orang-orang di seluruh negeri yang ingin tahu cara terbaik untuk mengungkapkan senyuman atau kebahagiaan tanpa melepas topeng mereka atau selama bekerja jarak jauh saat di depan kamera.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: japantimes

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang