KATEGORI

Belum ada Produk di keranjang kamu, yuk cari produk incaran kamu di sini!

10 Anime Gender Bender Terbaik yang Menarik untuk Ditonton

Titipers pasti tahu anime memiliki banyak sekali genre yang berbeda dan menarik. Salah satunya adalah anime gender bender. Arti dari genre gender bender ini sendiri adalah pertukaran jenis kelamin sebuah karakter menjadi lawan jenisnya, baik itu dari laki-laki menjadi perempuan, maupun sebaliknya. Perubahan ini dapat terjadi karena teknologi, reinkarnasi, kekuatan khusus, dan lainnya. Oleh karena itu, di artikel ini, Mimin akan memberikan 10 daftar anime yang memiliki unsur gender bender di dalamnya yang menarik untuk Titipers tonton. Titipers tertarik dengan anime gender bender ini? Berikut penjelasannya!

10. Kenja no Deshi wo Nanoru Kenja

TITIP JEPANG - ANIME GENDER BENDER - GENDER BENDER ANIME LIST - KENJA NO DESHI WO NANORU KENJA - She Professed Herself Pupil of the Wise Man

Bercerita tentang seorang pemain VRMMO bernama Kagami Sakamori, dimana ia bermain sebagai karakter bernama Danblf, seorang summoner terkuat dengan wujud avatar kakek-kakek berjanggut panjang. Suatu saat, karena sebuah insiden, avatar-nya itu berubah menjadi gadis kecil imut dan membuat Kagami terjebak dalam karakter tersebut. Hal ini terjadi karena ia diperintahkan oleh Raja Solomon untuk menemukan penyihir lain yang hilang, dan petualangan dengan identitas barunya sebagai Mira—Murid dari Orang Bijak Dunbalf—pun dimulai.

Anime gender bender ini berfokus ke sang MC yang memiliki avatar laki-laki, seketika terjebak dalam karakter cewek mungil nan imut. Anime gender bender ini diketahui berasal dari adaptasi light novel dengan judul yang sama dan ditulis oleh Choko Fuji. Di anime ini memiliki latar cerita fantasi yang dipenuhi oleh sihir. Anime ini diketahui telah tayang pada 7 Januari 2022 lalu dan memiliki 12 episode, yang diproduksi oleh studio A-CAT. Di MAL sendiri, anime ini berhasil mendapatkan skor sebesar 6.33 oleh 53 ribu user.

9. Ore, Twintail ni Narimasu

TITIP JEPANG - ORE TWINTAIL NI NARIMASU - ORE, TWINTAIL NI NARIMASU ANIME - Gonna be the Twin-Tail!! - ANIME LAWAS

Cerita ini berfokus pada siswa SMA bernama Souji Mitsuka, dimana ia memiliki obsesi yang sangat besar akan gaya rambut twintail gadis-gadis di SMA nya. Di sekolah, Souji menghabiskan sebagian besar waktunya melamun dan menilai twintails para gadis, bahkan sampai membuat klub yang didedikasikan untuk gaya rambut tersebut. Namun, suatu saat sekolah Souji menerima serangan dari monster alien yang ingin menguasai bumi. Saat itulah Souji bertemu dengan seorang wanita misterius bernama Twoearlea, meminta Souji untuk memakai twintail-nya dan berubah menjadi gadis petarung dan mengalahkan alien tersebut.

Anime gender bender satu ini berfokus kepada cerita sang MC yang dapat berubah menjadi perempuan dan memiliki superpower luar biasa berkat kekuatan twintail yang ia pakai. Anime ini merupakan adaptasi dari light novel karya Yume Mizusawa dengan judul yang sama. Anime ini diketahui telah tayang sejak 10 Oktober 2014 lalu dan memiliki total sebanyak 12 episode yang diproduksi oleh studio Production IMS. Di MAL sendiri, anime Ore, Twintail ni Narimasu ini berhasil mendapatkan rating sebesar 6.42 dari 67 ribu user.

8. Girl Meet Girl

TITIP JEPANG - GIRL MEET GIRL - KASHIMASHI - ANIME LAWAS - ANIME YURI

Bercerita tentang Hazumu, seorang anak laki-laki pemalu yang sangat suka berkebun, mengumpulkan tanaman herbal, dan berjalan-jalan di pegunungan. Suatu hari, ia akhirnya memberanikan diri untuk menyatakan cintanya kepada cewe yang ia sukai bernama Yasuna, tetapi Yasuna menolaknya. Dalam keadaan tertekan, ia berjalan ke Gunung Kashimayama, dan di sana ia membuat permohonan agar diberikan keajaiban. Ucapan Hazumu pun terkabul, dan sekarang ia berubah menjadi cewe, memulai hidup barunya dengan menemukan banyak hal yang berbeda terjadi kepadanya.

Satu lagi, anime gender bender yang merubah MC-nya dari seorang laki-laki menjadi seorang cewe. Anime ini merupakan adaptasi dari manga karya Satoru Akahori dengan judul yang sama. Anime Girl Meet Girl ini telah tayang pada 12 Januari 2006 lalu, dengan total 12 episode yang diproduksi oleh studio Hibari. Di MAL, anime yang bergendre comedy girl love ini berhasil mendapatkan skor 6.62 oleh 24 ribu user.

7. Mahou Shoujo Ore

TITIP JEPANG - MAHOU SHOUJO ORE, MAGICAL GIRL ORE

Berfokus kepada Saki Uno, seorang gadis berusia 15 tahun yang bekerja sebagai duo idol bernama Magical Twins bersama temannya bernama Sakuyo Mikage. Walaupun bekerja sebagai idol, namun reputasi mereka berdua tidak terlalu populer dan kurang diketahui oleh orang lain. Suatu hari ia bertemu dengan maskot bernama Kokoro-chan yang ingin mencari wadah mahou shoujo. Dari sini, karena satu dan lain hal Saki menerima tawaran Kokoro-chan, dan merubahnya menjadi Mahou Shoujo, Namun, bukannya menjadi gadis penyihir yang cantik dan imut, ia malah berubah menjadi seorang pria yang berotot kekar dan menggunakan rok layaknya perempuan. Dan dari sinilah, perjalanan Saki untuk menyelamatkan dunia sebagai mahou “shoujo” dimulai.

Pada anime gender bender satu ini, ceritan lebih berfokus kepada MC cewe yang berubah menjadi seorang pria yang berotot kekar dimana nantinya MC mengalahkan musuh-musuhnya dengan tinju dibandingkan sihir, membuat anime ini memiliki genre comedy yang dapat membuat Titipers terhibur. Anime Mahou Shoujo Ore ini merupakan adaptasi dari manga karya Icchokusen Moukon dengan judul yang sama. Anime ini diketahui diproduksi oleh studio Pierrot Plus dan telah tayang pada 2 April 2018 lalu. Di MAL, anime gender bender ini berhasil mendapatkan rating sebesar 6.64 oleh 26 ribu user.

6. Kampher

TITIP JEPANG - KAMPHER ANIME -ANIME LAWAS - ANIME LAWAS TERBAIK

Anime ini bercerita tentang seorang cowo bernama Natsuru Senou yang saat terbangun dari tidurnya, ia berubah menjadi seorang perempuan. Ia pun terkejut saat mendengar boneka harimau yang ada di tempat tidurnya itu berbicara dan menjelaskan bahawa Natsuru sekarang adalah seorang Kampher, seorang pejuang mistis yang harus melawan Kampfer lain dalam wujud perempuan. Dari sinilah, kisah hidupnya yang tenang berubah menjadi sebuah mimpi buruk.

Anime gender bender ini berasal dari light novel dengan judul sama yang ditulis oleh Toshihiko Tsukiji. Animenya sendiri telah tayang sebanyak 12 episode + 2 episode spesial pada 2 Oktober 2009 lalu yang diproduksi oleh studio Nomad. Di MAL sendiri, anime Kampher ini berhasil mendapatkan rating sebesar 6.36 oleh 148 ribu user.

5. Ayakashi Triangle

TITIP JEPANG - AYAKASHI TRIANGLE - ANIME GENDER BENDER - GENDER BENDER ANIME LIST

Matsuri Kazamaki merupakan seorang ninja yang bertugas membasmi ayakashi, para makhluk supranatural aneh yang sering menganggu orang. Sementara itu, teman masa kecilnya Matsuri bernama Suzu Kanade merupakan seorang medium ayakashi dan sangat ingin mengobrol dengan makhluk halus tersebut. Suatu hari, nyawa Suzu terancam karena “Sang Raja Ayakashi” ingin memakan dirinya, yang untungnya berhasil disegel oleh Matsuri. Namun, Matsuri malah terkena kutukan yang dimana yang awalnya ia merupakan seorang cowo, dirubah menjadi seorang cewe cantik. Dari sinilah perjalanan mereka untuk melepaskan kutukan Matsuri dimulai.

Diketahui anime gender bender satu ini merupakan adaptasi dari manga karya Kentarou Yabuki dengan judul yang sama. Anime ini telah tayang sebayak 12 episode pada 6 Januari 2023 kemaren, yang dimana diproduksi oleh studio Connect. Di MAL sendiri, anime Ayakashi Triangle berhasil mendapatkan skor sebesar 6.43 oleh 19 ribu user.

4. Back Street Girls: Gokudolls

TITIP JEPANG - BACK STREET GIRLS - GOKUDOLLS - GOKUDOL ANIME

Bercerita tentang 3 orang Yakuza bernama Kentarou, Ryou, dan Kazuhiko yang mengecewakan dan mempermalukan boss mereka. Akibat hal ini, mereka pun dikirim ke Thailand dan dirubah menjadi cewe bernama Airi, Chika, dan Mari, dimana mereka disuruh untuk menjadi top idol di Jepang dan meraup keuntungan agar mereka dapat membayar kesalahan kepada boss tersebut. Mulai dari sinilah, kisah kocak mereka bertiga dimulai, dimana para mantan Yakuza ini berjuang sekuat tenaga untuk menjadi top idol di Jepang.

Anime gender bender ini merupakan adaptasi dari manga karya Jamine Gyuh. Anime-nya sendiri diketahui telah tayang sebanyak 10 episode pada 4 Juli 2018 lalu. Anime ini diketahui diproduksi oleh studio J.C. Staff, studio sama yang memproduksi Konosuba, Shokugeki no Shouma, Saiki Kusuo, dan anime bagus lainnya. Di MAL sendiri, anime Gokudolls ini berhasil mendapatkan rating sebesar 6.87 oleh 82 ribu user.

3. Fantasy Bishoujo Juniku Ojisan to

TITIP JEPANG - Fantasy Bishoujo Juniku Ojisan to - Life with an Ordinary Guy who Reincarnated into a Total Fantasy Knockout - ANIME GENDER BENDER - GENDER BENDER ANIME LIST

Bercerita tentang dua pria kantoran, yang pertama merupakan Tsukasa Jinguuji yang merupakan seorang pria tampan dan sangat populer di kalangan gadis-gadis. Di sisi lain, sahabatnya bernama Hinata Tachibana yang merupakan pria culun dan sangat benci akan wajahnya. Suatu malam, saat mereka habis mabuk, Hinata mengoceh kalau ia ingin menjadi perempuan saja, dan seketika mereka berdua bertemu dengan dewi yang memindahkan mereka ke dunia lain untuk mengalahkan raja iblis. Tsukasa baik-baik saja, namun Hinata kaget mengetahui dirinya sekarang berubah menjadi wanita yang sangat cantik.

Anime gender bender ini merupakan adaptasi dari manga karya Yuu Tsurusaki. Anime ini diketahui telah tayang pada 12 Januari 2022 lalu sebanyak 12 episode. Anime ini diketahui diproduksi oleh studio OLM. Di MAL sendiri, anime gender bender ini berhasil mendapatkan rating sebesar 7.13 dari 84 ribu user.

2. Ranma 1/2

TITIP JEPANG - RANMA 1/2 - RANMA ANIME - RANMA 1/2 REMAKE - MAPPA - ANIME GENDER BENDER - GENDER BENDER ANIME LIST

Kisah ini berfokus kepada Ranma Saotome yang ditunangkan dengan salah satu putri dari pemilik dojo bela diri “Soun Tendou” yang bernama Akane. Ranma sendiri diketahui juga merupakan seorang ahli beladiri yang belajar di Tiongkok, dimana suatu ketika Ranma dan ayahnya mengalami kecelakaan. Kecelakaan ini membuat hal aneh terjadi kepada mareka berdua, dimana ayahnya berubah menjadi panda, sementara Ranma akan berubah menjadi cewe ketika mereka menyentuh air. Kisah Ranma pun dimulai saat ia pindah sekolah ke tempat yang sama dengan Akane, dan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan calon pasangannya itu.

Di list nomor dua di anime gender bender ini ada Ranma 1/2, yang merupakan anime legend yang telah tayang sejak tahun 1989 dan telah memiliki 161 episode pada waktu itu. Titipers pasti tahu, kalau anime Ranma 1/2 kembali mengejutkan kita karena versi remake-nya telah tayang di tahun 2024 ini, tepatnya pada tanggal 6 Oktober lalu. Ditambah lagi, anime Ranma 1/2 remake ini diproduksi oleh studio MAPPA dan sedang tayang pada musim gugur 2024 ini. Versi remake-nya ini berhasil mendapatkan skor sebesar 7.91 oleh 5 ribu user di MAL.

1. Oniichan wa Oshimai

TITIP JEPANG - ANIME GENDER BENDER - GENDER BENDER ANIME LIST - ONIMAI - ONIICHAN WA OSHIMAI - Onimai: I'm Now Your Sister!

Muak karena sifat kakak laki-lakinya yang suka menyendiri di kamar, seorang jenius bernama Mihari Oyama membuat obat pengubah gender yang kemudian diberikan kepada kakaknya yang bernama Mahiru Oyama itu. Saat terbangun, Mahiru mendapati dirinya menjadi seorang cewe. Mihari menjelaskan bahwa abangnya tersebut harus menjadi lebih aktif lagi dan mengubahnya menjadi cewe sebagai hukuman karena terus-terusan bermain eroge di kamarnya. Akibat hal ini, Mahiro mau tidak mau harus menjalani hidupnya sebagai seorang cewe dari saat ini.

Di nomor satu di list ini ada Onimai, anime gender bender yang lumayan terkenal saat penayangannya tahun lalu. Anime gender bender ini diketahui merupakan adaptasi dari sebuah manga karya Nekotoufu. Anime onimai ini telah tayang sebanyak 12 episode pada 5 Januari 2023 lalu, yang pada telah dikonfirmasi akan mendapatkan season 2-nya. Anime gender bender satu ini diproduksi oleh studio Bind, studio yang sama yang memproduksi Mushoku Tensei. Di MAL sendiri, anime Onimai ini berhasil mendapatkan skor sebesar 7.66 oleh 75 ribu user.

Nah! Sekian daftar 10 anime gender bender yang menarik untuk Titipers tonton. Gimana nih? Titipers tertarik untuk menonton anime-anime di atas?

Sumber: My Anime List, animemotivation, gamerant

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang