10 Rekomendasi Komik Bertemakan Shinsengumi

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI

Shinsengumi merupakan satuan elite kepolisan Jepang yang berdiri pada masa kekacauan, yaitu Era Bakumatsu. Tujuannya adalah melindungi ibukota Keshogunan yang berada di Kyoto. Satuan ini berisi pendekar pedang dari rakyat jelata atau samurai kelas rendah. Shinsengumi didirikan pada tahun 1863 dan dibubarkan pada tahun 1969.

Berikut 10 Rekomendasi Komik Bertemakan Shinsengumi

 1. Chiruran, Shinsengumi Requiem 

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI
Chiruran, Shinsengumi Requiem 1—11. (Gramedia.com)

Tahun 1912, Otaru. Seorang wartawan bertekad mengejar mantan pemimpin Resimen kedua Shinsengumi. Semua jerih payah dilakukan untuk menguak legenda Hijikata Toshizou, dan sepak terjangnya bersama teman-temannya yang bergabung dengan Shinsengumi!

Chiruran, Shinsengumi Requiem adalah komik karya Shinya Umemura sebagai penulis cerita dan Eiji Hashimoto sebagai ilustrator. Pertama kali diserialisasikan di majalah Comic Zenon dari penerbit Tokuma Shoten sejak 25 Oktober 2010—25 April 2023 dan memiliki 36 volume. Komik ini sudah diterbitkan oleh Akasha—imprint dari penerbit m&c!—di Indonesia pada tanggal 5 Februari 2020 dan volume 11 sudah terbit pada tanggal 13 Maret 2024.

 2. Blade Shall Cut The Moon 

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI
Blade Shall Cut The Moon 1—3. (Gramedia.com)

Okita Soujirou (Okita Souji) yang telah kehilangan ayahnya saat dia berumur 9 tahun, dititipkan pada dojo pedang “Shieikan”. Di sana, takdir mempertemukannya dengan kakak seperguruan, Shimazaki Katsuta (Kondou Isami). Kisah ini adalah kisah masa remaja penuh “air mata” dan “ikatan kuat” di antara para pemuda yang nantinya akan dikenal sebagai “Shinsengumi”, kelompok ahli pedang terkuat sepanjang sejarah.

Komik Blade Shall Cut The Moon ini mengangkat kisah bersejarah tentang Shinsengumi, pasukan khusus yang dibentuk pemerintahan Bakufu di Jepang pada era 1860-an. Walau cakupannya cukup luas dan melibatkan banyak karakter, Horiuchi-sensei bisa menampilkan momen-momen penting dalam kehidupan Okita dengan kuat. Ada nuansa khas komik laki-laki yang mengedepankan soal loyalitas, ikatan persahabatan, dan kejantanan dalam pertarungan. Realita tentang Shinsengumi tidaklah sesederhana. Komik This Blade Shall Cut The Moon memang bukan komik indah tentang duel pedang dalam rangka memberantas kejahatan.

Blade Shall Cut The Moon adalah komik karya Atsunori Horiuchi. Pertama kali diserialisasikan di majalah Shuukan Shounen Magazine dari penerbit Kodansha sejak 2016 dan memiliki 3 volume. Komik ini sudah diterbitkan oleh m&c! di Indonesia pada tanggal 8 Agustus 2018.

 3. Shinsengumi Imon Peace Maker dan Peace Maker Kurogane 

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI
Shinsengumi Imon Peace Makerd 1—5. (Tokopedia.com)

Shinsengumi Imon Peace Maker adalah komik karya Nanae Chrono. Diserialisasikan di majalah Comic Blade dari penerbit Mag Garden sejak Mei 1999—September 2001 dan memiliki 5 volume. Komik ini sudah diterbitkan oleh m&c!.

 Peace Maker Kurogane 

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI
Peace Maker Kurogane 1—5. (Tokopedia.com)

Peace Maker Kurogane adalah komik karya Nanae Chrono dan merupakan sekuel dari Shinsengumi Imon Peace Maker. Diserialisasikan di majalah MAGCOMIC dari penerbit Mag Garden sejak 2002, memiliki 17 volume, dan pada tahun 2020 komik ini hiatus. Komik ini sudah diterbitkan oleh m&c! dan hingga saat ini sudah diterbitkan sebanyak 5 volume.

 4. Getsu Mei Sei Ki 

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI
Getsu Mei Sei Ki 1—10. (Tokopedia.com)

Getsu Mei Sei Ki adalah komik karya Morita Kenji. Pertama kali diserialisasikan di majalah Young Sunday dari penerbit Shogakukan sejak 2003 dan memiliki 10 volume. Komik ini sudah diterbitkan oleh Tiga Lancar Comic.

 5. Flash of Wind 

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI
Flash of Wind 1—32. (Tokopedia.com)

Sei Tominaga, mengubah namanya menjadi Seizaburo Kamiya, dan menyamar sebagai laki-laki untuk menemukan pembunuh ayahnya. Untuk mencapai tujuan tersebut Kamiya pun bergabung dengan kelompok samurai serigala Mibu. Di kelompok tersebut, Kamiya bertemu dengan Soji Okita yang menjadi guru pedang bagi Kamiya

Lama kelamaan, Sei merasakan perasaan lain pada Okita. Sei tidak hanya menganggap Okita sebagai guru, kakak, atau teman. Sei mulai mencintai Okita! Sejak peristiwa Ikedaya, nama Sei (Kamiya) mulai dihormati oleh teman-temannya sesama Shinsengumi (nama yang diberikan Katamori Matsudaira, penguasa Aizu, untuk Serigala Mibu), ia dijuluki Ashura, iblis pembunuh.

Kamiya makin sadar kalau dia benar-benar mencintai Okita, tetapi karena dia sadar kalau Okita bukan tipe laki-laki yang mau mengorbankan prinsipnya, melindungi, dan menyerahkan nyawanya hanya untuk Isami Kondo, maka Kamiya terpaksa menyimpan rasa cintanya pada Okita.

Kemudian, cerita diramaikan dengan kehadiran seorang anggota baru dari Edo bernama Ito yang kemudian menjadi Genbu di Shinsengumi. Meski cukup hebat dan dihormati Kondo, Ito dianggap aneh karena jatuh cinta kepada Hijikata Toshizou (wakil ketua Shinsengumi) dan Kamiya.

Flash of Wind adalah komik karya Watanabe Taeko. Pertama kali diserialisasikan di majalah Betsucomi, kemudian dilanjutkan di majalah Flowers dari penerbit Shogakukan sejak 1997—2020 dan memiliki 45 volume. Komik ini sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo sejak tahun 2002 dan hingga saat ini sudah diterbitkan sebanyak 32 volume.

 6. Wolf’s Sanctuary 

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI
Wolf’s Sanctuary 1—5. (Tokopedia.com)

“Setelah membuka diri, kondisi politik Jepang semakin kacau. Negara terpecah belah. Para ronin-samurai tak bertuan datang ke Kyoto untuk bergabung dengan Roshigumi. Namun, sebagian anggota yang masih setia pada pemerintahan Tokugawa kembali ke Edo.”

Wolf’s Sanctuary adalah komik karya Saitoh Misaki. Pertama kali diserialisasikan di majalah Comic Birz dari penerbit Gentosha sejak 2004 dan memiliki 5 volume. Komik ini sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di Indonesia pada tahun 2008.

 7. Heisei Kid 

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI
Heisei Kid. (Tokopedia.com)

“Makoto Akimoto, bocah kelas 5 SD yang gemar main game. Suatu hari, tiba-tiba dia terbawa seorang perempuan misterius. Saat sadar, dia ada di kota Kyoto akhir zaman Edo…. Di sana, dia ikut dalam Shinsengumi dan bertemu dengan banyak monster aneh seperti dalam game. Bagaimanakah nasib Makoto selanjutnya.!?”

Heisei Kid adalah komik karya Kusunoku Kei. Diterbitkan oleh penerbit Shogakukan pada tahun 2003. Komik ini sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2006.

 8. Twin Samurai 

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI
Twin Samurai 1—7. (Tokopedia.com)

“Shinkuro Takanoha bekerja sebagai petugas rahasia bagi pemerintahan Tokugawa, sedangkan Soji Okita adalah seorang murid di sebuah dojo yang bobrok. Mereka berdua merupakan saudara kembar yang hidup terpisah sejak bayi. Takdir mempertemukan mereka, namun Shinkuro sebagai ‘Si Mata Bayangan’ tak bisa mengatakan hal yang sebenarnya, padahal sudah lama dia mencari adik kembarnya itu…!? selanjutnya?”

Twin Samurai adalah komik karya Yuzuru Shimazaki dan Tsukasa Taka. Pertama kali diserialisasikan di majalah Magazine Great dari penerbit Kodansha sejak 1996 dan memiliki 7 volume. Komik ini sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di Indonesia pada tahun 2002—2003.

 9. Girl Who Pass Throught Time – Youth Love Story 

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI
Girl Who Pass Throught Time – Youth Love Story. (https://toma-chan.livejournal.com/1629.html)

“Isami Kondo, lelaki no 1 di Shinsengumi, bertemu primadona sebuah rumah hiburan terkemuka, bernama Miyuki. Isami jatuh hati pada Miyuki dan membawanya ke rumah peristirahatannya. Miyuki pun diizinkan mengundang adiknya, Ko, untuk tinggal bersama. Tapi, selain Ko yang akhirnya sepertinya menyukai Isami, Miyuki ternyata menderita penyakit yang belum ada penyembuhnya. Apakah akhirnya Isami Kondo berpaling pada Ko!?”

Girl Who Pass Throught Time – Youth Love Story adalah komik karya Yumi Kayama. Pertama kali diserialisasikan di majalah Desssert dari penerbit Kodansha pada tanggal 13 Mei 2004. Komik ini sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di Indonesia pada tahun 2010.

 10. Samurai 

TITIP JEPANG - 10 REKOMENDASI KOMIK BERTEMAKAN SHINSENGUMI
Samurai 1—11. (Tokopedia.com)

“Di ibukota, Yakumo mengalahkan salah seorang guru dari perguruan Kuki Muso, perguruan milik Kuki Kazuma yang bekerja sebagai pengawal keluarga bangsawan Fukushima, hanya dengan sebatang tusuk kue. Hal ini membuat murid-murid perguruan Kuki Muso merasa terhina dan hendak membalas dendam dengan mengeroyoknya. Namun putri Yuki, putri bangsawan Fukushima, menahannya. Siapakah sebenarnya Yakumo Mutsu yang begitu tangguh ini…!?”

Samurai adalah komik karya Masatoshi Kawahara. Pertama kali diserialisasikan di majalah Gekkan Shounen Magazine dari penerbit Kodansha sejak tahun 1990. Komik ini sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di Indonesia pada tahun 1997—1998.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: Wikipedia, Gramedia.com

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan