7 Rekomendasi Komik Romcom dari Penerbit Elex Media Komputindo

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO

Romcom atau romance comedy, adalah salah satu genre yang ceritanya biasanya berpusat pada dua orang karakter yang dibumbui dengan berbagai situasi lucu dan menghibur. Banyak sekali komik/manga Jepang ber-genre romcom yang sudah diterbitkan di Indonesia oleh penerbit Elex Media Komputindo.

Berikut adalah 7 rekomendasi komik romance comedy dari penerbit Elex Media Komputindo.

 1. Pseudo Harem 

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
Pseudo Harem 1—5. (gramedia.com)

“Kitahama Eiji punya impian seperti layaknya seorang anak lelaki remaja. Dia mau disukai oleh banyak cewek, punya harem. Tapi dia bukan cowok yang laku, dan satu-satunya cewek yang ada di dekatnya adalah Nanakura Rin, adik kelasnya di klub teater. Rin bersedia memenuhi keinginan seniornya dengan sekuat tenaga. Maka jadilah hari-hari Eiji kini diwarnai oleh para gadis dengan karakter yang penuh warna. Nama mereka adalah, Rin. Gimana ceritanya?”

Komik ini menceritakan tentang Eiji Kitahama, siswa kelas dua SMA, yang hanya ingin menjadi populer. Untuk membantunya mewujudkan mimpi ini, Rin Nanakura, juniornya di klub drama, menggunakan keterampilan aktingnya untuk menciptakan harem gadis-gadis yang penuh kasih untuknya. Meskipun berbagai “gadis” semuanya menunjukkan kesukaan terhadap Eiji, kasih sayang aktris di belakang mereka sangat nyata. Akting Rin yang penuh warna terus menerus menyenangkan Eiji.

Pada tanggal 10 April 2023, adaptasi anime TV telah diumumkan, berikut pengisi suaranya:
Saori Hayami sebagai Rin Nanakura
Nobuhiko Okamoto sebagai Eiji Kitahama

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
https://twitter.com/GijiHarem/status/1645335808218365952

 2. Love After World Domination 

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
Love After World Domination 1—2. (gramedia.com)

“Kujelaskan! Si Cowok adalah Aikawa Fudou atau Red Gelato, pemimpin Gelato Five, pasukan pahlawan yang menginginkan perdamaian dunia. Dan, si Cewek adalah Magahara Desumi yang dikenal sebagai Reaper Princess, seorang pejuang dalam Organisasi Misterius ‘Gekko’, yang bertujuan untuk menguasai dunia. Ternyata, ada ‘Takdir’ yang melampaui batas kelompok yang mengikat keduanya….!”

Komik ini menceritakan tentang Aikawa Fudou, yang merupakan pemimpin pasukan pahlawan, yaitu Gelato Five, yang melawan Organisasi Misterius Gekko yang pasukannya dipimpin oleh cewek bernama Magahara Desumi atau yang dikenal sebagai Reaper Princess. Ternyata sedari awal, saat Fudou pertama kali bertemu dengan Desumi, ia mempunyai perasaan suka terhadapnya, bisa dibilang, Fudou jatuh cinta pada pandangan pertama. Setelah berhasil menyatakan cintanya dan meyakinkan Desumi, mereka berdua akhirnya berpacaran, tetapi mereka harus merahasiakan hubungan ini dari orang lain—atau bahasa gaulnya backstreet—terutama dari organisasi mereka bekerja. Jika kalian pernah membaca dan suka komik Juliet of The Boarding School, maka kalian akan suka dan merasa tidak asing dengan tipe cerita seperti ini.

Pada tanggal 8 April 2022—24 Juni 2022, adaptasi anime TV telah ditayangkan, animenya berjumlah 12 episode dan bisa kalian tonton secara legal dan gratis di website atau aplikasi Bilibili/Bstation.

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
https://www.bilibili.tv/id/play/1049679

 3. Fly Me To The Moon 

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
Fly Me To The Moon 1—11. (gramedia.com)

“Nasa adalah korban orang tua yang tak bertanggung jawab saat menamai anaknya. Putra mereka yang dinamai seperti lembaga antariksa Amerika Serikat merasakan diejek oleh teman-temannya semasa kecil, sehingga akhirnya bertekad untuk bisa membuktikan dirinya lebih hebat dari NASA. Namun, takdir berkata lain. Suatu malam dia bertemu seorang gadis yang membuatnya jatuh cinta, karena gadis itu sangat manis.”

Komik ini menceritakan tentang Nasa Yuzaki yang sedari kecil ia ingin menjadi orang yang hebat. Pada pada malam hari, ketika ia masih SMP ia tidak sengaja bertemu dengan perempuan di halte bus yang bernama Tsukasa. Nasa ternyata mengalami cinta pada pandangan pertama, belum sempat ia berkenalan lebih jauh, Nasa tidak sengaja tertabrak truk yang lewat—absurd ya? Namanya juga komik komedi—Nasa mengalami luka-luka, sebelum ia akhirnya pingsan, ia menyatakan cintanya kepada perempuan tersebut dan berjanji akan menikahinya, lalu ia pingsan. Setelah beberapa tahun, perempuan tersebut secara tiba-tiba mendatangi rumah Nasa, dan akhirnya mereka menikah. Komik ini berisi tentang cerita komedi romantis keseharian mereka sebagai pengantin baru.

Fly Me To The Moon adalah komik karya Hata Kenjiro. Pertama kali diserialisasikan di majalah Weekly Shonen Sunday dari penerbit Shogakukan sejak 14 Februari 2018—sekarang. Komik ini sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di Indonesia.

Selain Fly Me To The Moon, penerbit Elex Media Komputindo juga menerbitkan karya Hata Kenjiro yang lain, yaitu Hayate the Combat Butler—volume 1—52— dan Before Hayate the Combat Butler—satu buku tamat—, kedua judul tersebut sudah diterbitkan sampai tamat di Indonesia.

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
(Dokumentasi pribadi | gramedia.com)

Fly Me To The Moon mendapatkan adaptasi anime TV sebanyak dua season, season pertama tayang pada tanggal 3 Oktober 2020—19 Desember 2020 sebanyak 12 episode + 2 OVA—yang berjudul SNS dan Seifuku—dan season kedua tayang pada tanggal 7 April 2023—24 Juni 2023 sebanyak 12 episode. Lalu pada tanggal 12 Juli 2023—23 Agustus 2023 anime Tonikawa: Over the Moon for You – High School Days tayang sebanyak empat episode. Anime season satu, season dua, dan OVA Seifuku bisa kalian tonton secara legal dan gratis di website atau aplikasi Bilibili/Bstation.

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
https://www.bilibili.tv/id/play/34613 | https://www.bilibili.tv/id/play/2080237 | https://www.bilibili.tv/id/play/2071587

 4. Komi Sulit Berkomunikasi 

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
Komi Sulit Berkomunikasi 1—18. (gramedia.com)

“Komi, sang gadis cantik yang mampu membuat semua orang menoleh kagum, memiliki kesulitan berkomunikasi . Dia sangat lemah dalam hal sosial dan selalu berpikir, “Apa yang harus kulakukan untuk menyapa mereka? Apa yang harus kulakukan setelah berhasil menyapa?” Meski demikian, Komi akhirnya berhasil mendapatkan teman pertama, yaitu pemuda biasa-biasa saja bernama Tadano yang mengetahui kesulitan Komi dan membantunya. Sedikit demi sedikit, tumbuh ikatan emosional di antara mereka. Inilah kisah komedi sang gadis cantik yang sulit berkomunikasi, yang penuh adegan lucu namun terkadang menusuk hati!!”

Komik ini menceritakan tentang siswi cantik bernama Komi Shouko, karena kecantikannya, ia menjadi siswi yang populer, tetapi di balik kepopulerannya, ia memiliki kesulitan untuk berkomunikasi. Saat pertama kali masuk ke kelas, teman sebangkunya bernama Tadano Hitohito menyadari bahwa Komi mempunyai masalah dalam berkomunikasi dengan orang lain, lalu akhirnya ia membantu Komi untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Komi pun bertekad untuk melawan rasa sulit berkomunikasinya dan juga ia ingin mempunyai 100 teman dengan cara dibantu oleh Tadano. Seiring berjalannya waktu, Komi akan menemukan teman-teman baru dengan sifat yang berbeda-beda, kebanyakan sih kelakuan teman-temannya sangat komikal sekali, yang bisa membuat para pembaca pun ikut tertawa. Pada akhirnya, terdapat perasaan lain yang tumbuh di antara mereka berdua.

Komi Sulit Berkomunikasi adalah komik karya Tomohito Oda. Pertama kali diserialisasikan di majalah Weekly Shonen Sunday dari penerbit Shogakukan sejak 18 Mei 2016—sekarang. Komik ini sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di Indonesia.

Pada tanggal 6 September 2021—1 November 2021, Komi Sulit Berkomunikasi mendapatkan adaptasi live-action drama TV sebanyak 8 episode.

Komi Sulit Berkomunikasi mendapatkan adaptasi anime TV sebanyak dua season, season pertama tayang pada tanggal 7 Oktober 2021—23 Desember 2021 sebanyak 12 episode dan season kedua tayang pada tanggal 7 April 2022—3 Juni 2022 sebanyak 12 episode. Anime season satu dan season dua bisa kalian tonton secara legal di aplikasi Netflix.

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
Visual key anime Komi Sulit Berkomunikasi season 1 dan season 2. (https://twitter.com/comisanvote/status/1427646404349071363 | https://twitter.com/comisanvote/status/1498674419639545856)

 5. Komikus Shojo Nozaki 

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
Komikus Shojo Nozaki 1—14, Komikus Shojo Nozaki Anthology. (gramedia.com | elexmedia.id)

“A, aku mau menembak cowok yang kusuka. Tapi saat berhadapan dengannya, yang keluar malah lain. Tapi akhirnya, yang kudapat darinya adalah sebuah tanda tangan…!? Lho, lhoo….ternyata dia komikus komik cewek…!!?”

Komik ini menceritakan tentang siswi SMA bernama Chiyo Sakura yang menaruh rasa suka kepada Umetaro Nozaki, saat ia ingin menyatakan cintanya, ia malah salah ucap dan berakhir mendapatkan tanda tangannya. Kemudian ia menyadari bahwa nama dan tanda tangannya merupakan nama komikus shojo/komik perempuan/komik romance yang karyanya sering ia baca di majalah, Sakura pun akhirnya tahu bahwa Nozaki ternyata seorang mangaka/komikus. Sakura akhirnya ditawari oleh Nozaki untuk jadi asistennya, karena ini merupakan kesempatan agar Sakura bisa dekat dengan Nozaki, Sakura pun menerima tawaran tersebut. Selain dirinya, ternyata ada asisten lainnya yang bekerja dengan Nozaki dan merupakan teman-teman satu sekolahnya. Perlahan-lahan teman Sakura pun bertambah, dan Sakura semakin dekat dengan Nozaki, tapi komikus shojo satu ini tidak menyadari perasaan Sakura, yang membuat Sakura harus bertepuk sebelah tangan sampai… entahlah… Bagi kalian yang suka komik comedy romance, komik ini mungkin cocok untuk kalian, apalagi teman-teman dan kelakuan Sakura juga bikin ngakak.

Komikus Shojo Nozaki adalah komik karya Izumi Tsubaki. Pertama kali diserialisasikan di majalah Gangan Online dari penerbit Square Enix sejak 25 Agustus 2011—sekarang. Komik ini sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di Indonesia.

Pada tanggal 6 Juli 2014—21 September 2014, adaptasi anime TV telah ditayangkan, animenya berjumlah 12 episode. Lalu pada tanggal 24 September 2014—25 Februari 2015, adaptasi anime OVA juga telah rilis sebanyak 6 episode.

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
https://www.at-x.com/program/detail/5552

 6. Kubo Won’t Let Me Be Invisible 

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
Kubo Won’t Let Me Be Invisible 1—5. (gramedia.com)

“Junta Shiraishi, siswa kelas 1 SMA adalah seorang cowok karakter latar yang tak terasa kehadirannya, biarpun duduk di sebelah orang, orang itu tidak menyadari kehadirannya, bahkan meskipun ikut terfoto dalam foto bersama, fotonya dibuatkan gambar wajah karena dikira absen. Akan tetapi, hanya Kubo-san, cewek cantik teman sekelasnya yang level heroine saja yang menemukannya dengan mata yang tajam, hari ini pun masih mengusilinya.

Siapa pun bisa menjadi spesial bagi seseorang. Tapi, untuk sampai pada yang namanya cinta, perasaan kedua orang itu masih sedikit polos. Komedi manis remaja antara cewek heroine dan cowok karakter latar yang masih 2 langkah lagi menuju cerita komedi percintaan. Mulai!”

Komik ini menceritakan tentang Junta Shiraishi, siswa kelas 1 SMA yang pendiam, bahkan keberadaannya tidak dirasakan oleh teman-temannya di kelas. Teman-temannya saja tidak sadar kalau ternyata Shiraishi masuk ke sekolah dan mengikuti pelajaran di kelas, tapi ada satu murid perempuan yang bernama Nagisa Kubo yang ternyata menyadari bahwa ada Shiraishi di kelas. Karena hanya dia yang hanya menyadari di kelas, Kubo mencoba untuk mengobrol dengan Shiraishi, dan akhirnya ia mencoba membantu Shiraishi untuk bisa menjadi siswa yang aktif dan membuat hawa keberadaannya bisa disadari oleh teman-teman kelasnya dan keluar dari zona nyamannya. Seiring berjalannya waktu dan seringnya mereka berinteraksi, muncul sedikit demi sedikit benih-benih cinta.

Kubo Won’t Let Me Be Invisible adalah komik karya Nene Yukimori. Pertama kali diserialisasikan di majalah Weekly Young Jump dari penerbit Shueisha sejak 24 Oktober 2019—2 Maret 2023. Komik ini sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di Indonesia.

Pada tanggal 10 Januari 2023—20 Juni 2023, adaptasi anime TV telah ditayangkan, animenya berjumlah 12 episode dan bisa kalian tonton secara legal dan gratis di website atau aplikasi Bilibili/Bstation dan YouTube Ani-One Asia.

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
https://www.bilibili.tv/id/play/2073746
TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
https://www.youtube.com/watch?v=ceI1wb0KfLk&list=PLxSscENEp7JiX27YReyiUaX4eiTdogphh

 7. Chitose Is In Ramune Bottle 

TITIP JEPANG - 7 REKOMENDASI KOMIK ROMCOM DARI PENERBIT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
Chitose Is In Ramune Bottle 1—2. (gramedia.com)

“Saku Chitose dari kelas 1-5 adalah playboy bajingan”. Hari pertama di tahun kedua kehidupan SMA Saku Chitose dibuka dengan topik cacian yang dibuat entah oleh siapa. Padahal masa SMA seharusnya penuh dengan kenangan indah. Ya, setidaknya untuk mereka yang sukses bergaul dan menonjol di antara sesamanya. Sebagai cowok paling gaul di sekolah, yang menantinya bukan hanya hal-hal indah dan menyenangkan saja.”

Komik ini menceritakan tentang Saku Chitose, siswa kelas 2 SMA yang menduduki kasta teratas di sekolah—si paling gaul gitu lah—, dia menikmati masa mudanya setiap hari bersama para anggota gengnya/circle-nya yang dikenal dengan “Tim Chitose”—kebanyakan sih isinya cewek cantik semua ya, walau ada teman laki-lakinya juga—. Suatu hari, Chitose diminta oleh wali kelasnya—Kuranosuke Iwanami—untuk membujuk teman sekelasnya—Kenta Yamazaki—yang telah mengurung diri di rumah. Chitose akhirnya bekerja sama dengan anggota “Tim Chitose” lalu membujuk dan mengajari Kenta Yamazaki untuk jadi cowok gaul. Sebenarnya saya juga bingung ini komik apa, cuma karena gambarnya bagus, jadi saya beli. Karena ini merupakan adaptasi dari light novel-nya, maka akan banyak sekali balon teks di sepanjang chapter, bagi kalian yang kurang suka kalau komik isinya kebanyakan teks, mungkin kalian kurang suka dengan komik ini. Menurut saya nilai plus dari komik ini terletak pada gambar cewek-cewek cantiknya.

Chitose Is In Ramune Bottle adalah komik karya Hiromu sebagai penulis cerita, Bobkya sebagai ilustrator, raemz sebagai desainer karakter. Pertama kali diserialisasikan di majalah Manga UP! dari penerbit Square Enix sejak 11 April 2020—sekarang. Komik ini sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di Indonesia.

Itu dia 7 rekomendasi komik romcom dari penerbit Elex Media Komputindo, kalian bisa membeli komiknya di toko buku Gramedia, atau pun di marketplace secara online seperti di Tokopedia, Shopee, gramedia.com, atau di toko agen buku langganan kalian. Jika kalian membeli komik secara online, harap berhati-hati, jangan karena tergiur harga murah, bisa saja itu merupakan komik bajakan, harap cermat saat membeli ya, jangan sampai kalian membeli komik secara online, eh datangnya malah komik bajakan seperti di artikel ini.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *