Sang Mangaka Pensiun, Manga Captain Tsubasa Berakhir April 2024

blog-mangaka yoichi takahashi pensiun, manga captain tsubasa berakhir apirl-0

Manga olahraga sepak bola, Captain Tsubasa, telah mencetak 90 juta kopi di seluruh dunia

Situs web resmi manga Captain Tsubasa karya Yoichi Takahashi telah mengumumkan pada Jum’at (05/01/2024) bahwa serialisasinya akan berakhir pada bulan April mendatang. Kabar tersebut juga terungkap dalam majalah Captain Tsubasa edisi ke-19 yang dirilis di Jepang di hari yang sama.

Manga asli Captain Tsubasa pertama kali diserialkan di majalah Weekly Shonen Jump milik Shueisha pada Maret 1981 hingga Mei 1988. Sejak itu, seiring dengan pertumbuhan sang karakter utama, Tsubasa Ozora, ceritanya turut berkembang dan menginspirasi banyak sekuel yang dibuat berseri.

Serial ini telah mencetak lebih dari 90 juta kopi di seluruh dunia dan telah diadaptasi menjadi beberapa serial anime TV serta video game. Manga ini menjadi salah satu alasan lahirnya banyak pemain sepak bola profesional di Jepang dan luar negeri.

Pernyataan dari Yoichi Takahashi

blog-mangaka yoichi takahashi pensiun, manga captain tsubasa berakhir apirl-yoichi takahashi“Pada tahun 2024, itu akan menjadi 43 tahun sejak saya mulai membuat serial Captain Tsubasa di Weekly Shonen Jump pada tahun 1981. Selama beberapa tahun terakhir, saya telah memikirkan sejauh mana saya bisa melanjutkan cerita tersebut hingga akhir dan terus menggambar manga hingga batas kekuatanku, aku memutuskan untuk menghentikan serialisasi dan meninggalkan “cerita” hingga bab terakhir Captain Tsubasa.”

“Saya sekarang berusia lebih dari 60 tahun, dan dibandingkan dengan hari-hari ketika saya menggambar mingguan untuk Weekly Shonen Jump dan Weekly Young Jump, saya menderita presbiopia dan pusing, dan kondisi fisik saya menjadi jauh lebih buruk. Karena penurunan ini dalam kekuatan fisik, serta perubahan dalam lingkungan penulisan yang disebabkan oleh gelombang digitalisasi baru-baru ini, kecepayan saya menggambar manga melambat.”

Bab terakhir dari dua seri yang sedang berlangsung, Captain Tsubasa Rising Sun THE FINAL dan Captain Tsubasa Memories 4: Saikyou! The Legend of Meiwa FC, akan dimuat dalam majalah Captain Tsubasa edisi ke-19 mendatang yang akan dirilis pada awal April 2024. Dan ini akan menjadi edisi terakhir dari majalah tersebut.

BACA JUGA: Manga Captain Tsubasa: Kids Dream Berakhir Di Volume 5! Sekuel Baru Diumumkan

BACA JUGA: Lirik Lagu Kapten Tsubasa versi Bahasa Indonesia

kuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: crunchyroll

Jangan lupa ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *