Film Suzume Jadi Film Anime Terlaris ke-16

Titip Jepang - Film Suzume

Film Suzume (Suzume no Tojimari) karya Makoto Shinkai menjadi film berpenghasilan tertinggi ke-68, dan film anime berpenghasilan tertinggi ke-16, sepanjang masa di Jepang. Film tersebut telah menjual total kumulatif 6,36 juta tiket dengan pendapatan 8.592.509.010 yen (sekitar Rp. 988,6 miliar) hingga hari Minggu, 11 Desember.

Film Suzume sudah meraih pendapatan melebihi film Pokémon (Pokémon: First Movie), dan sekarang telah melampaui film ke-24 Detective Conan (Detective Conan: The Scarlet Bullet), film Yōkai Watch pertama (Yo-kai Watch: The Movie), film Ghibli Tales from Earthsea, dan Stand By Me Doraemon. Film itu juga menghasilkan lebih banyak pendapatan dari film Shin Godzilla. Hanya Demon Slayer, enam film Ghibli, dua film Shinkai sebelumnya, One Piece Film Red, Jujutsu Kaisen 0, film Evangelion terakhir, dan tiga film Detective Conan yang mendapatkan penghasilan lebih banyak di Jepang.

BACA JUGA: Novel Spin-Off Suzume Dibagikan Untuk Penonton Bioskop Jepang

Di pekan perdananya, film Suzume (Suzume no Tojimari) meraih penjualan 1,33 juta tiket dan menghasilkan 1,88 miliar yen (sekitar Rp. 208 miliar)). Film ini menjual tiket 38,7% lebih banyak dan menghasilkan 47,4% lebih banyak dari Your Name (2016), film Shinkai lain yang memperoleh 1.277.960.000 yen (sekitar  Rp. 141 miliar pada saat itu) dalam tiga hari pertama. Film Suzume juga menjual tiket 14,8% lebih banyak dan memperoleh 14,4% lebih banyak dari film Shinkai sebelumnya Weathering With You (2019), menandai tiga hari pembukaan terkuat dari film Shinkai.

Titip Jepang - trailer suzume

Studio ComicWave dan Makoto Shinkai (Your Name, Weathering With You) kembali memproduksi film ini. Shinkai berkerja sebagai sutradara film dan penulis skenario. DMasayoshi Tanaka (Your Name., Weathering With You) mendesain karakternya. Kenichi Tsuchiya (Your Name., Garden of Words) adalah sutradara animasi. Takumi Tanji (Children Who Chase Lost Voices) adalah direktur seni. Studio CoMix Wave Films bersama Story Inc. memproduksi film tersebut. TOHO mendistribusikan film tersebut. RADWIMPS akan mengisi lagu pada film tersebut. RADWIMPS dan Shinkai sebelumnya berkolaborasi dalam film Shinkai sebelumnya, your name. dan Weathering With You. Komposer film Hollywood yang berbasis di Seattle, Kazuma Jinnouchi (Ghost in the Shell: SAC_2045, RWBY: Ice Queendom) akan membuat film bersama RADWIMPS. Pemain TikTok Toaka membawakan lagu tema “Suzume” yang telah muncul di trailer Suzume sebelumnya.

BACA JUGA: The First Slam Dunk Gusur Suzume Di Box Office Jepang

Ada pun sinopsis resmi dari Comicwave adalah sebagai berikut:

Di balik pintu itu, adalah waktu tak berujung—

Perjalanan Suzume, gadis berusia 17 tahun dimulai dari kota kecil di Kyushu saat dia bertemu seorang pemuda yang menyapanya, “Aku sedang mencari sebuah pintu.” Suzume menemukan sebuah pintu lapuk tersembunyi di suatu reruntuhan, seakan-akan terlindungi dari bencana yang pernah terjadi. Terpana dengan hal itu, Suzume mencoba membuka pintu itu…

Pintu itu terhubung ke seluruh penjuru Jepang, membawa bencana kepada siapa pun yang berada di dekatnya. Suzume harus menutup portal-portal itu sebelum bencana lebih besar terjadi.

Bintang-bintang
Matahari terbenam
Langit pagi hari

Di dunia itu, seakan-akan seluruh waktu bercampur menjadi satu di ujung langit—

Aktris Nanoka Hara menyuarakan heroine utama, Suzume Iwato dalam film tersebut. Hara bersaing untuk peran tersebut dengan lebih dari 1.700 pelamar lainnya dalam suatu audisi, dan ini adalah peran pengisi suara pertamanya di anime. Anggota grup idola SixTONES, Hokuto Matsumura (Tōru di film live-action Liar × Liar, Shizuka Doumeki di film live-action xxxHOLiC) membuat debut akting suaranya dalam film ini sebagai Sōta Munakata, seorang pemuda yang memulai perjalanan dengan Suzume sebagai ” Guru Penutup Pintu.”

BACA JUGA: Daftar Film Karya Makoto Shinkai

Titip Jepang - suzume masih puncaki bioskop jepang

CrunchyrollSony Pictures Entertainment, dan Wild Bunch International akan mendistribusikan film Suzume ini di seluruh dunia kecuali di Asia pada awal 2023. Crunchyroll akan menangani distribusi Amerika Utara, sementara Crunchyroll dan Sony Pictures Entertainment akan menangani distribusi di Amerika Latin, Amerika Selatan, Australia, Selandia Baru, Timur Tengah, Afrika, dan sebagian Eropa. Bersama dengan Sony Pictures Entertainment dan Wild Bunch International, Cruncyroll akan merilis film tersebut di Eropa dengan Bahasa Prancis dan Jerman.

Sementara itu, untuk wilayah Asia terutama Indonesia, belum ada distributor yang memberikan konfirmasi membawa film Suzume ini.

Penonton film di Jepang akan menerima bonus buklet “Shinkai Makoto Hon“. Buklet ini hanya tersedia 3 juta eksemplar saja. Dalam buklet tersebut akan menampilkan wawancara panjang dengan Shinkai; Proposal asli Shinkai untuk Suzume, Weathering With You, dan Your Name.; dan wawancara percakapan antara Shinkai, pengisi suara Nanoka Hara, dan pengisi suara Hokuto Matsumura.

BACA JUGA: Film Suzume Garapan Makoto Shinkai Berkolaborasi Dengan 47 Perusahaan! Apa Saja Ya?

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: Mainichi Simbhun Mantan Web, animenesnetwork

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan