Kaligrafer Kimetsu no Yaiba, Tsunanori Sakaguchi Meninggal Dunia

Dilansir dari Anime News Network pada hari Rabu (16/3), surat kabar Minami Nihon Shimbun mengabarkan bahwa Tsunanori Sakaguchi telah meninggal dunia pada hari Senin lalu di usia 86 tahun akibat gagal jantung. Sepanjang kariernya, Sakaguchi yang menggunakan nama pena Eisen Tsunanori telah menciptakan total 57 font kaligrafi yang mencakup hingga 400.000 karakter. Font ciptaannya telah banyak digunakan dalam acara TV, buku, dan game, salah satunya adalah pada serial anime Demon Slayer : Kimetsu no Yaiba.

Sakaguchi yang meninggal di rumah kelahirannya di kota Satsuma, Prefektur Kagoshima saat kecil pernah tinggal di Taiwan, ia sangat menyukai kegiatan menggambar dan melukis. Berdasarkan biografinya di laman Adobe.com, saat duduk di kelas empat SD ia bahkan pernah diberi tugas membantu penggalangan dana untuk sekolahnya dengan menjual lukisan-lukisan karyanya. Hasil penjualan lukisan-lukisan tersebut lalu digunakan untuk membeli buku.

Meskipun awalnya ia ingin menjadi pelukis, Sakaguchi memutuskan menggunakan bakatnya untuk menjadi pembuat tanda dan mengikuti magang di Tokyo. Pada usia 25 tahun ia akhirnya pulang ke Kagoshima dan mendirikan perusahaan pembuat tanda. Pada tahun 2004 karya kaligrafinya diubah menjadi font dan dikomersialkan, font itu kemudian menjadi populer. Akhirnya pada tahun 2014 ia mendirikan perusahaan yang membuat dan mendistribusikan font ciptaannya bersama anak dan cucunya. Cucunya inilah yang pertama kali memberitahu Sakaguchi bahwa font buatannya digunakan dalam serial anime Demon Slayer : Kimetsu no Yaiba. Dua jenis font buatannya yang digunakan dalam anime tersebut, Kokuryu-sou dan Shinryu-sou akhirnya dimasukkan dalam layanan Adobe Font pada tahun lalu.

Di masa senjanya Sakaguchi menghabiskan waktu dengan menikmati produk kuliner, menonton TV, dan menggambar huruf Jepang. Ia terus menggambar kurang lebih 100 huruf setiap harinya untuk menciptakan font baru, dan ingin terus bekerja hingga usia 90 tahun.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber : animenewsnetwork

Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

 

Tinggalkan Balasan