Pencipta Evangelion dan Pendiri AKB48 Menerima Medali Pita Ungu Dari Pemerintah Jepang

Pemerintah Jepang mengumumkan pada hari Kamis (28/4) bahwa sutradara Evangelion sekaligus pendiri Gainax, Hideaki Anno menerima Medali Musim Semi 2022 dengan Pita Ungu. Medali ini diberikan kepada “individu yang telah berkontribusi pada perkembangan, peningkatan, dan pencapaian akademis dan artistik.”

Yasushi Akimoto, pendiri franchise grup idola AKB48 dan pencipta novel dan film franchise One Missed Call, Chakushin Ari, juga menerima Medali dengan Pita Ungu.

Anno adalah salah satu dari tujuh pendiri studio anime legendaris, Gainax. Perusahaan ini pertama kali terkenal karena memproduksi anime pendek yang membuka konvensi fiksi ilmiah Daicon III dan Daicon IV pada tahun 1981 dan 1983. Film tahun 1987, Royal Space Force – The Wings of Honnêamise adalah proyek anime besar pertama studio tersebut, dan seperti banyak anggota pendiri Gainax lainnya, Anno banyak terlibat dalam produksi film, termasuk sutradara animasi, perancang tata letak, perancang produksi, dan artis special effect. Anno akan tetap menjadi bagian dari animasi karya-karya studio selanjutnya.

Anno mungkin paling dikenal karena serial anime Neon Genesis Evangelion dari studio Gainax, yang menelurkan franchise media raksasa dengan film, manga spin-off dan novel, dan banyak media terkait lainnya. Karya itu berpengaruh pada dunia anime, dan banyak media otaku. Banyak creator anime kemudian menyebutnya sebagai karya yang berpengaruh. Anno kemudian mendirikan Studio Khara pada tahun 2006, dan berpisah dengan Gainax pada tahun 2007.

Di Khara, Anno menyelesaikan tetralogi film Evangelion, dimulai dengan Evangelion: 1.0 You Are [Not] Alone pada tahun 2007, dan baru-baru ini diakhiri dengan Evangelion: 3.0+1.0: Thrice Upon A Time pada Maret 2021.

Anno juga penulis dan co-sutradara film Shin Godzilla, penulis film Shin Ultraman yang akan datang, dan sutradara dan penulis film Shin Kamen Rider mendatang. Shin Ultraman akan tayang pada 13 Mei, sementara Shin Kamen Rider akan tayang pada Maret 2023. Ketiganya adalah beberapa karakter budaya pop paling terkenal dari Jepang, yang mewakili film kaiju (monster raksasa) dan film tokusatsu (efek khusus). Anno tidak menghindar dari kecintaannya pada media tokusatsu dan kaiju, dan secara terbuka menyebutkan pengaruh mereka pada karyanya.

Sementara itu, Yasushi Akimoto pada tahun 2005, ia meluncurkan grup idola “AKB48“, dan sebagai produser umum, ia merencanakan berbagai proyek, mendapatkan popularitas dari berbagai generasi di Jepang dan luar negeri, dan menjadi satu juta penjual, termasuk grup saudari lain yang diproduksi.

Pada tahun 2011, Akimoto meluncurkan grup saudari dari AKB48 luar Jepang pertama, tepatnya di Indonesia dengan nama JKT48. Setelah itu, Akimoto kemudian mendirikan grup saudari lain, yaitu BNK48, MNL48, SNH48, TPE48. Dia juga berkontribusi atas pembentukan grup Korea Selatan, IZ*ONE.

Sebelum dikenal sebagai pendiri AKB48Akimoto dikenal sebagai penulis lagu di antaranya adalah “Kawa no Nagare no Youni” dari Hibari Misora.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber : animenewsnetwork

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

One thought on “Pencipta Evangelion dan Pendiri AKB48 Menerima Medali Pita Ungu Dari Pemerintah Jepang

  1. Pingback: Shin Kamen Rider Rilis PV Terbaru! - TITIP JEPANG

Tinggalkan Balasan