10 Rekomendasi Anime Romance Untuk Pemula, Awas Ketagihan!

blog-rekomendasi anime romance untuk pemula-0

Untuk Titipers yang baru ingin mencoba menonton anime, penulis akan memberikan rekomendasi beberapa judul anime romance yang ceritanya mudah untuk kalian pahami. Tenang saja, jumlah episode yang ditawarkan tidak terlalu banyak bukan seperti One Piece maupun Naruto yang memiliki episode panjang. Jadi Titipers bisa menontonnya di waktu luang atau saat weekend nanti.

Yuk langsung saja kita intip rekomendasi anime romance untuk pemula berikut ini!

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Manga Romance Terbaik Untuk Menemani Valentine

1. Ao Haru Ride (アオハライド)

blog-rekomendasi anime romance untuk pemula-ao haru ride
sumber gambar: IMDb
Jumlah Episode: 13 dengan 1 episode tambahan
Durasi:23 menit
Rating:7,64/10 (MyAnimeList) ; 7,5/10 (IMDb)

Ao Haru Ride merupakan adaptasi anime dari serial manga karya Io Sakisaka, yang terbit pertama kali di majalah shoujo Bessatsu Margaret antara tahun 2011 dan 2015. Film ini akan membawa Titipers dalam kisah komedi romantis yang menyentuh.

Anime Ao Haru Ride mengisahkan tentang seorang gadis bernama Futaba Yoshioka yang jatuh cinta kepada seorang siswa bernama Ko Tanaka. Ko adalah anak dengan tutur kata halus dan sopan. Cinta Futaba rupanya tidak bertepuk sebelah tangan, karena Ko juga menyukai Futaba, meskipun hal itu tidak pernah diungkap.

Namun, masa-masa itu tiba-tiba berakhir dengan masam ketika tiba-tiba Ko pindah sekolah. Ketika Futaba mengetahui bahwa Ko telah kembali dengan nama belakang yang berbeda, ia merasa ini adalah sebuah kesempatan untuk bisa kembali ke masa itu. Namun, Ko Mabuchi bukanlah anak laki-laki hangat yang dulu ia kenal, Ko berubah menjadi lebih tinggi, lebih kharismatik, dan pendiam – membuatnya semakin sulit didekati.

2. Say I Love You (好きっていいなよ。)

blog-rekomendasi anime romance untuk pemula-say i love you
sumber gambar: IMDb

Anime Say I Love You merupakan serial anime TV adaptasi manga dengan judul yang sama karya Kanae Hazuki. Disutradarai oleh Takuya Satō.

Say I Love You menceritakan Tachibana Mei yang tidak punya pacar dan bahkan tidak bisa berteman. Sifat ini dikarenakan pengalaman masa kecilnya yang menyebabkan ia percaya bahwa orang akan saling mengkhianati cepat atau lambat, teman sekalipun. Suatu hari dia melukai Kurosawa Yamato, anak laki-laki paling populer di sekolah, dan karena alasan tertentu Yamato tertarik padanya. Melalui kesalahpahaman tentang hukuman baru mereka, satu sama lain, dan perhatian gadis-gadis lain, Mei dan Yamato menjadi lebih dekat dan mempelajari arti sebenarnya dari tiga kata kecil itu: “Aku mencintaimu”

Jumlah Episode: 13
Durasi:23 menit
Rating:7,41/10 (MyAnimeList) ; 7,3/10 (IMDb)

3. Kimi ni Todoke (君に届け)

blog-rekomendasi anime romance untuk pemula-kimi ni todoke
sumber gambar: IMDb
Jumlah Episode: 25
Durasi:22 menit
Rating:8,01/10 (MyAnimeList) ; 7,8/10 (IMdb)

Kimi ni Todoke merupakan anime romantis yang memiliki alur cerita santai dan sangat cocok untuk menemani waktu luang Titipers. Kalian akan dibuat penasaran dengan kisah cinta Sawako yang lucu dan menggemaskan.

Anime Kimi ni Todoke menceritakan kisah masa SMA Sawako Kuronuma yang sulit bersosialisasi dan memperoleh teman. HIngga suaru hari, semua kehidupan SMA nya berubah setelah bertemu dengan Kazehaya, siswa laki-laki populer di sekolahnya. Dari pertemuan itulah, Sawako menemukan dirinya di dunia yang baru, memiliki teman yang baru dan berbicara dengan orang yang berbeda. Perlahan, tapi pasti, cinta masih tumbuh di antara keduanya saat mereka mengatasi keadan dan rintangan yang menghalangi mereka.

BACA JUGA: Kimi ni Todoke Season 3 Ungkap Staf dan Pemeran

4. Wotakoi : Love is Hard for Otaku (ヲタクに恋は難しい)

blog-rekomendasi anime romance untuk pemula-wotakoi
sumber gambar: IMDb
Jumlah Episode: 11
Durasi:22 menit
Rating:7,93/10 (MyAnimeList) ; 7,5/10 (IMDb)

Anime berikutnya adalah Wotakoi, anime romantis berjumlah 11 episode ini wajib Titipers tonton! Anime ini berbeda dengan kebanyakan anime romantis lainnya yang menceritakan tentang kehidupan romansa anak SMA, Wotakoi melakukan gebrakan lain dengan menceritakan kisah romantis yang lebih dewasa dengan latar belakang perkantoran. Terdapat banyak referensi pop dalam anime ini sehingga karakternya terasa relate dengan penonton.

Wotakoi berfokus pada Narumi, seorang pegawai biasa yang menginginkan kehidupan yang seimbang antara kerja denngan kehidupan pribadinya, Ia merasa kesulitan untuk menyembunyikan identitas aslinya sebagai otaku. Walau begitu, ternyata Hirotaka, teman kantornya, dapat menerima Narumi apa adanya, Terpesona olehnya, maka kedua orang tersebut mulai berkencan dan kisah cinta canggung mereka pun dimulai.

5. Golden Time (ゴールデンタイム)

blog-rekomendasi anime romance untuk pemula-golden time
sumber gambar: crunchyroll
Jumlah Episode: 24
Durasi:24 menit
Rating:7,7/10 (MyAnimeList) ; 7,6/10 (IMDb)

Anime Golden Time cocok untuk teman bersantai di akhir pekan. Genre komedi romantis yanhg dihadirkan dalam rangkaian seri animasi sepanjang 24 episode ini, akan membuat Titipers mengenang masa indah kisah percintaan di masa lalu.

Banri Tada adalah mahasiswa baru di sekolah hukum Tokyo. Setelah kecelakaan, dia menderita kehilangan ingatan yang parah. Terlepas dari kejadian tersebut, ia berteman dengan sesama mahasiswa baru, Mitsuo Yanagisawa, yang membawanya ke Kouko Kaga yang cantik namun obsesif.

6. My Happy Marriage (わたしの幸せな結婚)

blog-rekomendasi anime romantis untuk pemula-my happy marriage
sumber gambar: IMDb
Jumlah Episode: 12
Durasi:23 menit
Rating:7,8/10 (MyAnimeList) ; 7,8/10 (IMDb)

Film My Happy Marriage merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Akumi Agitogi. Seri film animasi TV-nya disutradarai oleh Takehiro Kubota sebanyak 12 episode. Serial ini ditayangkan di Jepang mulai 5 Juli hingga 20 September 2023.

Seorang wanita muda yang tidak bahagia dari keluarga yang kejam dinikahkan dengan seorang komandan tentara yang menakutkan dan dingin, Namun keduanya kemudian belajar lebih banyak tentang satu sama lain.

BACA JUGA: Anime My Happy Marriage Mendapatkan Season Kedua

BACA JUGA: Suka Dengan Happy Marriage? Tonton Juga 7 Anime Shoujo Lainnya

7. Fruit Basket (フルーツバスケット)

blog-rekomendasi anime romantis untuk pemula-fruit basket
sumber gambar: IMDb
Jumlah Episode: 26
Durasi:24 menit
Rating:7,69/10 (MyAnimeList) ; 8,6//10 (IMDb)

Berdasarkan salah satu manga shoujo yang paling digemari sepanjang masa, Fruit Basket menjadi salah satu anime yang paling ditunggu-tunggu. Serial anime ini mengadaptasi secara keseluruhan dari karya asli Natsuki Takaraya.

Fruit Basket mengisahkan tentang Tohru Honda seorang siswa SMA yang datang untuk tinggal bersama dengan keluarga Sohma yang misterius. Ternyata keluarga tersebut menyimpan sebuah rahasia besar di mana mereka dikutuk oleh roh zodiak yang membuat mereka berubah menjadi hewan saat dipeluk oleh lawan jenisnya.

BACA JUGA: Film Fruits Basket -prelude- Rilis BD Kompilasi Menyertakan 8 Halaman Tambahan Manga

8. Horimiya (ホリミヤ)

blog-rekomendasi anime romantis untuk pemula-horimiya
sumber gambar: IMDb
Jumlah Episode: 13
Durasi:23 menit
Rating:8,20/10 (MyAnimeList) ; 8,10/10 (IMDb)

Rekomendasi berikutnya adalah Horimiya. Anime romantis produksi Clover Works satu ini dirilis pada tahun 2021. Anime bergenre komedi romantis ini cocok untuk kalian yang menyukai drama cinta masa sekolah.

Alur cerita Horimiya berfokus pada karakter Kyoko Hori yang menunjukkan kepribadian berbeda saat di sekolah dan di rumah. Namun rahasia tersebut selalu ia simpan rapat-rapat dan hanya diketahui oleh Miyamura. Begitu pula dengan Hori yang mengetahui rahasia Miyamura sampai keduanya memilliki hubungan persahabatan yang begitu akrab. Mungkinkah ini awal dari sesuatu yang baru?

9. Toradora! (とらドラ!)

blog-rekomendasi anime romantis untuk pemula-toradora
sumber gambar: IMDb
Jumlah Episode: 25
Durasi:24 menit
Rating:8,1/10 (MyAnimeList) ; 8/10 (IMDb)

Anime adaptasi novel karya Yuyuko Takemiya ini memiliki 25 episode dengan durasi 24 menit per episodenya. Anime ini tayang di Jepang sejak Oktober 2008 hingga Maret 2009. Judul Toradora! diambil dari nama dua tokoh utamanya yaitu Taiga Aisaka dan Ryūji Takasu. Taiga terdengar seperti Tiger yang berarti harimau dan dalam bahasa Jepang disebut Tora, sedangkan Ryüji secara harfiah berati anak naga atau dalam bahasa Inggris adalah Dragon yang jika ditranskripsikan menjadi bahasa Jepang adalah doragon.

Toradora! berfokus pada kehidupan masa SMP Ryuji. Di hari pertamanya sebagai siswa SMP, ia duduk di antara satu-satunya temannya, Yusaku, dan gadis yang diam-diam dia sukai, Minori Kushieda. Tapi, saat dia mengira bintang-bintang akan berpihak padanya, dia tanpa sadar bertemu dengan gadis paling ditakuti di sekolah, Taiga Aisaku, menjadikannya musuh bebuyutannya. Terlebih, Taiga telah pindah ke sebelah Ryuji dan rupanya adalah sahabat Minori. Bisakah Ryuji menjalani tahun ajaran ini dengan tenang?

10. Kaichou wa Maid sama! (会長はメイド様!)

blog-rekomendasi anime romantis untuk pemula-maid sama
sumber gambar: IMDb
Jumlah Episode: 26
Durasi:24 menit
Rating:8/10 (MyAnimeList) ; 7,9/10 (IMDb)

Maid Sama! atau kerap dikenal sebagai Kaichou wa Maid-sama! adalah seri anime adaptasi manga shoujo karya Hiro Fujiwara yang ditayangkan antara April dan September 2010.

Anime ini menceritakan tentang sebuah sekolah khusus laki-laki yang akhirnya menerima siswa perempuan. Misaki Ayuzawa menjadi salah satu siswa perempuan pertama di sekolah tersebut dan diserahi jabatan sebagai ketua OSIS. Namun, tanpa sepengetahuan teman-teman sekelasnya, dia bekerja paruh waktu sebagai karyawan di Maid Cafe. Usui Takumi, anak laki-lak dari sekolahnya, menemukan dan memanfaatkan rahasia ini.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi anime bergenre romantis untuk Titipers yang ingin mencoba mengetahui tentang dunia per-anime-an. Selamat mencoba dan semangat! ^^

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Anime Slice of Life Untuk Menemani Malam Natalmu

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan