Review Komik Junji Ito Compilation 3: Souichi’s Convenient Curses

Titip Jepang-Junji Ito Compilation 3

Junji Ito Compilation 3: Souichi’s Convenient Curses, komik horor yang menceritakan dunia aneh Souichi. Ito Junji  Compilation 3: Souichi’s Convenient Curses merupakan bagian dari seri kompilasi karya-nya. Sebelumnya, m&c! juga telah menerbitkan volume satu dan duanya yang mengusung cerita berbeda dengan tokoh yang juga berbeda, yaitu Ito Junji Compilation 1: Tomie dan Ito Junji Compilation 2: Tomie.

BACA JUGA: 

REVIEW KOMIK Tomie Junji Ito Compilation 1: Intip Wajah Cantik Tomie Bak Suzzanna

Setelah komik horor Fragments of Horror karya Junji Ito terbit pada tanggal 27 Mei, di akhir bulan pada hari Senin (30/05/2023) Akasha resmi merilis komik Junji Ito Compilation 3, yang merupakan imprint dari m&c!.

 Sinopsis Komik 

“Ingat, ya! Kalian pasti akan ketakutan!!” Souichi, putra kedua keluarga Tsuji yang aneh. Mulutnya gemeletakan karena mengulum paku. Dia juga sering terlibat dalam kejadian-kejadian mengerikan. Selamat datang ke dunia aneh Souichi, yang terkadang diseling tawa sinis…

Seperti komik horor Junji Ito sebelumnya, kompilasi ke-3 ini bisa dibilang komik paling berbeda, paling unik, paling ngeselin dah dari semua komik yang sudah pernah rilis di Indonesia. Yang jelas komik Souichi’s Convenient Curses ini adalah komik yang bikin pembaca banyak baca istighfar, karena kita (pembaca) tidak hanya diajak menikmati cerita horor yang sedikit mudah ditebak plot cerita-nya.

Sesuai dengan judulnya, Souichi’s Convenient Curses (Kutukan Souichi), Junji Ito mengajak kita berpikir kritis seperti kita sedang mengikuti kuis berhadiah. Penasaran bagaimana ceritanya?

Simak, review komik Junji Ito Compilation 3: Souichi’s Convenient Curses ini baik-baik. Check these out! 

 Sosok Souichi 

Titip Jepang-Junji Ito Compilation 3

Souichi’s Convenient Curses terdiri dari kumpulan kisah seputar Souichi Tsujii, anak bungsu keluarga Tsujii yang aneh. Dia suka mengulum paku dan bertingkah seperti vampir. Setiap bab dalam komik ini mengandung cerita berbeda, dan Souichi bertemu dengan berbagai orang yang secara tidak sengaja memancing kemarahannya, membuatnya melancarkan kutukan kepada mereka. Hingga kutukan-kutukan ini sering kali aneh, mengerikan, dan penuh dengan kekuatan gelap. Entah itu mengubah orang menjadi boneka hidup, memanipulasi objek untuk menyebabkan kerusakan, atau melepaskan roh jahat, kutukan Souichi memiliki efek yang mendalam dan mengganggu terhadap para korbannya. Terlepas dari sikapnya yang menakutkan dan tindakannya yang kejam, Souichi sendiri sering kali menghadapi konsekuensi dari kutukannya sendiri.

Membayangkan jadi sosok Souichi bagi penulis sangat membingungkan. Karena, dia harus selalu memutar otak untuk mencari solusi ketika satu atau dua rencana gagal eksekusi. Kisah-kisah dalam buku membahas kedalaman jiwa manusia, penulis cukup mengeksplorasi tema balas dendam, kekuasaan, dan konsekuensi dari tindakan seseorang. Berperan sebagai karakter phsyco bercampur aduk dengan horor.

 Aneh tapi Seru! 

Walaupun komik Junji Ito terlihat menyeramkan dan disturbing, itulah ciri khas cerita Junji Ito. Kalau ditanya komentar dari komik Souichi gimana, jawabannya waaa gelaseh komik ini sangat asyik, aneh tapi seru! Mampu mengubah perspektif penulis tentang teori ‘feminisme’ dari setiap cerita Junji Ito selalu menonjolkan karakter perempuan. Penulis sendiri cukup merasa boring dengan komik Fragments of Horror karena isi setiap cerita menggambarkan kata ‘Wanita Racun Dunia’.

Pemeran Souichi ini digambarkan seorang anak kecil laki-laki duduk di bangku Sekolah Dasar. Karena sifat-nya yang aneh membuat orang-orang di sekitarnya merasa risih dan tidak menyukai kejailan Souichi, seperti melempar paku sampai melakukan hal-hal ekstrem lainnya.

Baca Juga: 

Review Komik Junji Ito: Fragments of Horror Definisi dari Kata ‘Wanita Racun Dunia’

Membahas tentang paku, mengingatkan pada sosok Kuntilanak. Jika paku yang ada di ubun-ubun kepalanya dicabut maka ia akan berubah menjadi wujud aslinya, tampak sebagai manusia dengan bantuan paku yang tertancap di kepalanya. Mungkin, Titipers sedikit merasakan ngilu ketika membaca bab awal cerita. Dan akan terasa biasa saja ketika sudah membuka bab kedua hingga terakhir.

 Keunggulan komik Junji Ito 

Titip Jepang-Junji Ito Compilation 3Hak cipta gambar milik M&C!

Komik Junji Ito Compilation 3: Souichi’s Convenient Curses dibanderol dengan harga Rp95.000,-, sangat worth buat pecinta komik horor. Kisah di komik ini sangat mind blowing, aneh, seru, tapi bikin candu. Dari kompilasi pertama sampai ketiga ini, kisahnya tidak ada yang gagal. Cerita horornya ada, visualnya ngga kalah serem, bahkan ada beberapa yang bikin ngilu. Sangat rekomendasi untuk menjadi tambahan koleksi di perpustakaan Titipers, mengapa?

BACA JUGA: Daftar Komik Horor Junji Ito yang Terbit di Indonesia

  1. Karya mangaka horor legendaris, Ito Junji
  2. Masa terbit yang cukup panjang, membutuhkan waktu 24 tahun untuk menyelesaikan cerita yang dibagi ke dalam 20 chapter ini. 
  3. Gambarnya bagus dan menyeramkan, mendukung kisahnya yang mencekam.
  4. Ceritanya seru dan bikin penasaran.
  5. Ada animenya di Netflix.
  6. Diadaptasi ke layar lebar.
  7. Terdiri dari beberapa kisah yang dapat dibaca secara acak.

Tidak perlu ragu apa lagi membandingkan dengan komik horor lain, komik Junji Ito Compilation memang ngga pernah gagal. Ayo, langsung cuss buruan ke toko terdekat!

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan