11 Ciri Utama Desain Interior Jepang Modern Dengan Suasana Zen

Titip Jepang-Desain Interior Jepang Modern

Temukan cara menciptakan suasana zen yang menenangkan di rumah dengan 11 elemen desain interior Jepang modern ini

 

Orang Jepang percaya bahwa rumah harus memancarkan keindahan alam, memberikan kenyamanan serta suasana zen dari pergerakan dunia yang begitu cepat. Menikmati bagaimana suasana otentik dan menenangkan, serta menggabungkan karakteristik desain interior Jepang modern di seluruh ruang rumah.

Lagi bimbang membangun, renovasi, atau desain rumah? Kami akan memberikan gambaran rekomendasi fitur utama desain interior Jepang modern sebelum terlambat menciptakan ruang santai dan menarik, pastinya denga gaya desain yang futuristik.

 11 Ciri Utama Desain Interior Jepang Modern 

Prinsip orang Jepang sebelum membangun ruang kamar ada dua prinsip yang harus diperhatikan, Shinto dan wabi-sabi. Prinsip Shinto adalah sistem kepercayaan yang melibatkan hal gaib (roh), dan semua makhluk hidup atau benda mati. Prinsip Wabi-sabi adalah keindahan, ketidaksempurnaan, dan ketidak kekalan. Kombinasikan keduanya, dan dapatkan basic desain interior Jepang yang modern atau tradisional.

Baca Juga: 

5 Elemen Penting untuk Desain Interior Rumah Jepang Modern yang Menenangkan

Dari dua prinsip di atas menggambarkan pada kita bahwa dalam bangunan rumah juga harus dilandasi dengan hal-hal kepercayaan, seperti perwujudan dari religiusitas penghuni rumah terhadap benda atau ruangan yang ada di dalam rumah. Prinsip yang kedua mengacu pada keindahan atau kenyamanan hati. Preferensi setiap orang pasti akan berbeda, kombinasikan dua pilihan yang berbeda agar tetap memberikan suasana zen bagi penghuni rumah.

 1. Minimalisme 

Titip Jepang-Desain Interior Jepang Modern

Apa yang terlintas di benak Titipers ketika memikirkan tentang Jepang dan cara hidup masyarakatnya? Jawabanya adalah Minimalisme. Mereka mematuhi prinsip-prinsip decluttering (membuang sesuatu yang tidak penting), dan ini berlaku di seluruh desain interior mereka.

Marie Kondo, sosok inspiratif yang menggaungkan metode KonMari, seni membenahi kehidupan mulai dengan merapikan barang-barang yang ada di lemari. Caranya, atur barang-barang yang disebut Marie sebagai “spark joy” atau membawa kebahagiaan bagi diri sendiri. Lalu menyisihkan barang-barang yang nggak spark joy keluar dari lemari.

Saat mendesain ruang minimalis, pastikan semua barang pasti ada tempatnya. Ini tentang ruang dan keseimbangan, memastikan kamar tetap bersih dan rapi untuk pikiran yang jernih dan jiwa yang bahagia. Desainer Jepang bekerja berdasarkan prinsip bahwa ruang yang rapi akan menghasilkan pikiran yang rapi, membantu relaksasi dan tidur, tetapi juga produktivitas dan fokus.

 2. Lightness 

Lightness di sini bermakna dalam dua konteks – secara harfiah dan kiasan.

Pertama berarti bobot, artinya minimalkan material berat di seluruh ruangan untuk memberikan kesan lapang. Kedua arti secara kiasan, ini mengacu pada kegembiraan saat berada di ruang angkasa. Apa yang akan dirasakan saat memasuki ruang tamu, misalnya? Jika Titipers merasakan kemudahan (suasana zen), maka desain yang dipilih harus sesuai, seperti penerangan, ini adalah salah satu elemen terpenting dari desain interior Jepang modern.

 3. Bahan Alami (Natural Material) 

“Mono no aware” atau “kesadaran akan keindahan alam yang sementara” juga memainkan peran besar dalam desain yang terinspirasi dari gaya Jepang. Biasanya terdiri dari furnitur sederhana yang dibuat dari bahan alami, terutama kayu berwarna terang. Namun, Titipers juga dapat menemukan bahan alami yang bisa membingkai fitur arsitektural seperti pintu dan jendela; itu bahkan digunakan sebagai pembatas ruangan atau tangga. Dengan memilih bahan alami dapat mengurangi limbah sampah.

 4. Desain Modular 

 

 

Konsep modular modern ini tidak hanya berlaku di desain interior Jepang saja, memanfaatkan lahan yang terbatas seperti membangun rumah mungil membuat arsitek dan desainer interior berpikir lebih keras untuk menciptakan ruang multifungsi dan multifaset yang dinamis dan terasa luas, meski berukuran kecil dalam ukuran persegi.

Aspek modular juga cocok dengan prinsip hidup minimalis, berkat penataan yang bersih dan rapi dapat mengatur segala perabotan dan penyimpanannya.

 5. Penerangan 

Iluminasi – yaitu, seni cahaya – adalah salah satu karakteristik yang paling menonjol dari estetika Jepang modern. Pantulan cahaya yang diciptakan dari cahaya matahari mengarah ke seluruh ruangan rumah dapat mempengaruhi perasaan kita. Oleh karena itu, sebagian besar rumah yang terinspirasi dari Jepang dirancang dengan memperhatikan pergerakan matahari dan hal tersebut akan mempengaruhi bahan alami dan sketsa interior rumah.

Semua orang tahu bahwa cahaya alami dapat meningkatkan suasana hati mereka. Dan orang Jepang percaya bahwa salah satu alasannya adalah karena cahaya alami membantu kita merasa terhubung dengan alam bebas. Oleh karena itu, pastikan ventilasi cahaya di rumah dapat maksimal yang akan menciptakan lingkungan zen secara organik.

 6. Detail 

Titip Jepang-Desain Interior Jepang Modern

Semua orang pasti setuju, dalam membangun rumah harus detail. Bagaimanapun model bangunan rumah impian Titipers, sederhana atau modern pun harus diperhatikan secara detail. Ciri-ciri desainer yang sangat berbakat adalah yang sangat memperhatikan detail dan memastikan tidak ada kekurangan suatu apa pun.

Dalam desain interior Jepang modern, kesederhanaan terlihat sangat mewah. Dibalik furnitur kayu yang dianggap “mudah” karena menghabiskan begitu banyak waktu untuk memastikan dua pilihan tampak sebagai satu kesatuan. Faktanya, banyak yang akan mengatakan bahwa bengkel kayu Jepang adalah bentuk seni tersendiri.

 7. Emptiness 

Kekosongan (atau “kehampaan”) adalah kunci lain, namun aspek tak berwujud ini juga dari desain interior Jepang. Ruang kosong secara visual dapat menyeimbangkan benda-benda di dalam rumah, sedikit memberi waktu bagi mata untuk beristirahat dan untuk berimajinasi menjadi liar.

Melalui prinsip ini, ruangan yang terinspirasi dari Jepang membantu kita untuk menenangkan diri, mengubah persepsi dengan memahami segala sesuatu di sekitar kita dengan pikiran yang positif.

 8. Sentuhan Ornamen Putih 

Titip Jepang-Desain Interior Jepang Modern

Kehidupan di dunia yang begitu jenuh dengan nuansa semarak, warna-warni yang mencolok di pandangan, desain interior Jepang modern lebih mendominasi warna putih. Tujuannya untuk menghadirkan kemurnian dan tampilan ornamen yang estetik. Menurut Kenya Hara, seorang desainer grafis Jepang, warna putih “is all colors and no color at once.”

 9. Pattern-Free 

Inti dari konsep desain Jepang modern adalah sesuatu yang sederhana yang membawa ketenangan di dalam rumah. Ruangan yang terinspirasi dari Jepang tampak alami dan canggih, dibuat dari balok-balok bahan alami. Desain tersebut cenderung berasal dari penambahan pohon bonsai atau flora dan fauna asli lainnya.

Baca Juga: 

The Great Wave off Kanagawa: Lukisan Ombak Besar yang Paling Terkenal di Dunia

 10. Simple Furniture 

Desainer yang mengambil konsep interior Jepang modern memilih furnitur yang sederhana, biasanya dibuat dari kayu, dengan garis lurus dan bersih, hanya membuang tepi melengkung di sana-sini untuk melembutkan dan terlihat rileks. Selain itu dapat memberi kesan ruang yang lebih terbuka.

 11. Sentuhan Hijau 

Titip Jepang-Desain Interior Jepang Modern

Ciri-ciri desain interior Jepang modern dengan konsep Zen adalah mengisi ruangan dengan warna hijau.

Sedikit memberikan daya tarik yang kuat dengan alam. Sentuhan warna hijau biasanya dipilih dari tanaman hijau dengan daun besar yang cocok diletakkan di sudut rumah.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: everlineart

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *