[REVIEW KOMIK] SINAWANG: Antologi Kisah-kisah Mistis yang Menyedihkan

Titip Jepang-Sinawang

Sinawang komik lokal karya Dedy Koerniawan Soesanto, yang menceritakan kisah-kisah horor yang mistis dan biasa terjadi di sekeliling orang Indonesia. Sebuah antologi cerita yang disajikan dalam bentuk komik, tentunya visualisasi horor yang ditampilkan jauh berbeda dibandingkan pada film-film horor.

Titip Jepang-Sinawang

Komik ini berhasil meraih penghargaan kategori bronze award. Melalui proses pemilihan pemenang dari seleksi awal yang mendapat dukungan kerja sama dari Perkumpulan Penerbit Komik, tim juri kontes manga internasional yang diketuai oleh Machiko Satonaka (komikus manga) memutuskan komik Sinawang mendapatkan penghargaan ”Bronze Award”.

BACA JUGA: Manga Indonesia Menangkan Kontes Manga Internasional dari Kemenlu Jepang

Menurut Titipers sehoror apa sih komik Sinawang ini. Kira-kira apa saja resep horor yang dituangkan oleh Dedy dalam komik ini, mari kita kupas satu persatu. Check it out!

 Resep Horor 1 

Komik Sinawang menceritakan empat kisah dengan masing-masing chapter ada dua bagian. Pada cerita 1, Dedy menampilkan seorang gadis yang sedang tidur dengan kompresan di dahinya. Dia merasa muncul kejadian-kejadian aneh pada saat terlelap tidur, namun saat dicek sumber tempat kejanggalan yang menurutnya berasal dari kamar mandi faktanya berbeda dengan yang ada dalam pikirannya.

Titip Jepang-Sinawang

Titip Jepang-Sinawang

 

 

Cerita seperti ini memang sering terjadi pada tiap orang yang sedang sakit atau bedrest adalah mengalami sugesti yang berlebihan. Mulai muncul perasaan yang tidak nyaman, halusinasi serta merenung yang berlebihan dan membuat pikiran kosong, perubahan hormon yang memengaruhi pikiran, hingga kepekaan indra penglihatan dan pendengaran terhadap suatu benda gaib yang berakibat mengalami kerasukan.

 Resep Horor 2 

Di cerita 2, Dedy menampilkan kisah pembangunan kantor bertingkat yang memiliki kisah mengerikan. Proyek pembangunan tersebut mengalami kendala aneh. Selama 3 bulan proyek berhenti dan berlanjut kembali dalam kurun waktu 2 bulan saja.

Titip Jepang-Sinawang

Berkacamata dari kepercayaan orang-orang Indonesia, setiap ada proyek pembangunan akan selalu mengalami kendala yang menurut stigma masyarakat hal tersebut merupakan syarat yang harus ditunaikan untuk melancarkan pembangunan. Dedy menggambarkan kisah horor ini karena biasa terjadi di Indonesia dan bukanlah cerita fiktif belaka. Dia memberi tahu kepada pembacanya bahwa banyak cerita mistis yang terjadi berdasarkan kisah nyata yang terkesan tidak masuk akal tetapi begitulah adanya.

 Resep Horor 3 

Cerita 3, menceritakan teror hantu yang berlatar belakang di kamar mandi. Seorang kakak beradik tinggal di sebuah rumah yang mengalami teror saat dini hari. Sang kakak yang paranoid selalu terngiang-ngiang pesan terakhir ibunya. Naasnya sang adik menjadi korban keusilan 2 orang yang menghantui rumah mereka.

 

Titip Jepang-Sinawang

Lagi-lagi sosok Ibu yang diceritakan oleh Dedy di sini didominasi oleh perempuan. Representasi perempuan sebagai sentral dalam cerita horor menjadi unsur dominasi untuk menghadirkan cerita yang menyeramkan. Lewat kepekaan dan nalurinya yang kuat, perempuan juga cenderung menjadi objektifitas sebagai sosok yang negatif. Sehingga munculah paranoid dan sugesti yang berlebihan.

 Resep Horor 4

Di cerita 4 ini, kisah mistis yang sangat umum terjadi di Indonesia. Saat seorang gadis mendaki di sebuah gunung, berbekal pengalaman serta tekad yang kuat dapat mencapai puncak gunung sendirian. Naasnya dia mengalami hal yang tak terduga saat di tengah perjalanan, berujung pertemuan dia dengan sosok perempuan yang aneh.

Titip Jepang-Sinawang

 

Setiap tempat dipercaya memiliki nilai sejarah dan kilas cerita yang menyebabkan hal itu menjadi mistis. Apalagi kehidupan manusia di dunia ini bersinggungan dengan makhluk astral, walaupun derajatnya lebih tinggi dibandingkan mereka. Namun, kita sebagai manusia harus memahami serta menghormati garis tuhan yang telah dianugerahkan kepada makhluk ciptaan-Nya.

 Arti Lambang 

Titip Jepang-Sinawang

Dari keempat chapter komik Sinawang ada satu lambang yang selalu muncul di setiap chapter-nya. Memang tidak ada relevansi cerita pertama ke cerita kedua bahkan hingga cerita keempat. Tidak menjelaskan makna dari lambang ini, ada satu benang merah bahwa orang yang mengenakan kalung ini adalah penolong orang-orang yang mengalami gangguan dari hantu-hantu tersebut. Apakah dia seorang malaikat, atau ibu peri yang selalu datang di waktu yang tepat.

 Worth it…

Dari empat resep cerita yang ditampilkan memang cerita-cerita yang creepy dan umum di lingkungan kita. Walaupun resepnya sudah umum, namun bumbu dan cara olah imajinasi dari penulis membuat cerita ini sangat lezat untuk dinikmati. Sangat disayangkan jika komik ini tidak dilirik oleh penikmat sastra di Indonesia.

Titip Jepang-Sinawang

 

Hak cipta gambar milik Elex Media Komputindo

Komik Sinawang yang dikemas dengan sangat baik serta plot twist yang membuat pembaca ingin terus melanjutkan lembar halaman berikutnya. Komik horor dengan nuansa yang creepy, mampu memberikan atmosfer yang membuat bulu kuduk merinding seketika.

Komik Sinawang dibanderol dengan harga Rp. 45.000,-, bacaan ringan yang santai seperti ini sangat worth dan best price untuk dijadikan koleksi tambahan di perpustakaan pribadi.

Bagaimana Titipers, apakah review singkat kali ini dapat menambah amunisi cerita horor kalian?

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: h@titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *