Yang Harus Diketahui Dari PO Boxset Slam Dunk dari Elex Media!

Slam Dunk

Halo Titipers! Ada kabar gembira lho! Elex Media bekerja sama dengan Toko Buku Bina Usaha berencana menerbitkan Slam Dunk dengan kemasan istimewa. Bisa dibilang Collector Edition dan ekslusif. Nah, berikut akan dituliskan Q&A tentang Slam Dunk Boxset yang dihimpun tim TJ dari berbagai sumber dan sumber resmi.

Q : Seperti apa format boxset-nya?

A: Format gambarnya seperti terlampir dan akan terbit dalam 4 boxset. Total akan ada 20 volume, jadi per boxset akan berisi 5 volume dengan desain berbeda. Akan menggunakan kertas bookpaper 55 gram dengan format premium, jadi lebih tebal dari komik reguler yang menggunakan kertas koran. Ukurannya setara komik Jujutsu Kaisen yang juga diterbitkan oleh Elex Media.

Q : Bedanya apa dengan Slam Dunk yang dulu pernah terbit?

A : Slam Dunk sudah pernah terbit di Indonesia dalam dua format, Reguler dan Deluxe. Format reguler terbit dalam format tankoubon biasa sejumlah 31 volume menggunakan kertas koran.

Sedangkan versi Deluxe hadir dalam format Kanzenban sejumlah 24 volume dengan cover baru, masih menggunakan kertas koran.

Sumber : Koleksi Rekan Tim TJ

Versi boxset terbaru ini hadir dalam format Shinsou Saihenban dengan total 20 volume, yang artinya akan lebih tebal lagi dibanding versi Deluxe. Cover-nya juga digambar baru dengan penambahan beberapa gambar baru menurut info dari Elex Media.

sumber : missiontokyo

Tentu gimmick boxset ini juga memberikan nilai plus bagi yang sudah pernah mengoleksi. Format baru ini juga akan menggunakan jaket cover agar lebih terasa spesial. Satu volume akan berisi sekitar 300-an halaman, sementara komik reguler hanya sekitar 180-an halaman.

Q : Apakah ada halaman warnanya?

A : Versi Shinsou Saihenban aslinya memang tidak ada halaman warna, jadi mengikuti versi aslinya.

Q : Harganya berapa?

A : Banderol untuk boxset part 1 adalah 450 ribu per boxset. Harga untuk boxset berikutnya juga sekitar itu, tapi infonya khusus part 2 akan sedikit lebih mahal karena jumlah halamannya yang lebih banyak.

Q : Kok mahal sekali ya?

A : Untuk perbandingan, harga komik premium normal (dengan kertas bookpaper) adalah 40 ribu – 45 ribu. Harga komik premium bundel termahal jatuh pada Shaman King Complete Edition dengan harga 75 ribu dan Jojo’s Bizzare Adventure yang akan terbit dengan harga 80 ribu. Mengingat lisensi Slam Dunk mungkin cukup mahal dan juga di awal tahun ada kenaikan harga bahan baku kertas, harga yang ditawarkan cukup reasonable dengan penambahan boxset dan jaket cover.

Q : Bisa dibeli di mana?

A : Pembelian hanya bisa dari satu pintu, Toko Buku Bina Usaha yang berlokasi di Medan. Untuk pengiriman akan diusahakan sebaik mungkin agar aman.

Q : Kenapa hanya bisa dari Bina Usaha?

A : Karena ini adalah joint project Elex Media dengan Bina Usaha yang merupakan salah satu partner reseller terbesar Elex Media, maka hak ekslusif penjualan hanya ada di Bina Usaha. Jangan khawatir, komik ini tetap dalam lisensi resmi Elex Media. Kasus joint project satu pintu ini bukan pertama kalinya terjadi, dulu pernah ada penerbitan ekslusif Si Cerdik Michael yang dijual hanya lewat Toko Komikkita di Tangerang.

Kalau dibandingkan dengan penerbit di Amerika, ada toko-toko yang punya hak jual collector edition ekslusif masing-masing seperti Barnes & Noble. Ini tidak jauh berbeda dari itu kok.

Q : Tapi ongkirnya mahal nih, apa ga bisa dikirim dari Jakarta aja?

A : Untuk sementara, boxset 1 hanya dikirim dari Medan. Untuk boxset berikutnya diupayakan agar bisa ada opsi pengiriman dari Jakarta. Karena PO melalui tokopedia, ada fasilitas subsidi gratis ongkir untuk membantu meringankan ongkir.

Q : Nggak ada diskon nih kalau nggak bisa dari Gramedia?

A : Untuk boxset part 1 ada diskon 10% di PO tokopedia Bina Usaha.

Q : PO-nya sampai kapan nih?

A : PO sampai tanggal 16 Mei dan pengiriman diharapkan bisa mulai dari awal Juni.

Q : Apa akan ada periode PO batch 2?

A : Diusahakan.

Q : Ada jaminan bakal terbit sampai tamat ga nih?

A : Elex Media sudah menjamin kalau akan diterbitkan sampai akhir di boxset keempat.

Q : Ada bonusnya nggak?

A : Untuk 200 pemesan pertama akan ada bonus poster.

Q : Yah, yang sisanya nggak dapet dong?

A : Tenang, akan ada bonus menarik lain di setiap penerbitan boxset part 2, 3, dan 4. Jadi, jangan menunda beli ya, cepet-cepetan soalnya!

Q : Apa akan terbit versi satuan?

A : Tidak ada rencana menerbitkan versi satuan, karena fokusnya memang di boxset collector edition ini.

Q : Apa boxset ini akan ada ready stock di Gramedia?

A : Tidak, hanya dicetak sesuai jumlah pemesan PO dan ekslusif Bina Usaha.

Q : Kapan boxset part 2 akan terbit?

A : Paling cepat dua bulan setelah boxset pertama, biar bisa nabung dulu karena harganya memang cukup mahal.

Q : Setelah boxset Slam Dunk, apa ada rencana bikin collector edition buat judul lain?

A : Kalau Slam Dunk ini laku, kenapa tidak?

Nah, seperti itulah hal yang perlu Titipers tahu tentang produk terbaru dari Elex Media feat. Bina Usaha, boxset Slam Dunk. Proyek ambisius yang menyasar para kolektor komik. Harapannya dengan berjalan lancarnya proyek ini, akan terbuka jalan untuk edisi-edisi khusus dari berbagai macam judul legendaris lainnya. Oh ya, Titipers yang ingin membeli produk ini, bisa langsung lewat link ini ya.

Sumber: rekap rekan Shidiqi, binausaha, elexmedia 

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

[ux_products equalize_box=”tru

One thought on “Yang Harus Diketahui Dari PO Boxset Slam Dunk dari Elex Media!

  1. Pingback: Update Film Terbaru! Anime SLAM DUNK Segera Tayang 3 Desember di Jepang - TITIP JEPANG

Tinggalkan Balasan