KATEGORI

Belum ada Produk di keranjang kamu, yuk cari produk incaran kamu di sini!

Shinzo Abe Menerima Penghargaan Terbesar dari Jepang yang Diadakan di Tokyo 

28 Views

Dalam rangka menghormati mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, yang ditembak mati pada hari Jumat di kota barat Nara, pemerintah Jepang memberikan Collar of the Supreme Order of the Chrysanthemum, yaitu penghargaan paling bergengsi di Jepang.

Sebuah peringatan diadakan pada hari Senin malam untuk Abe, pemimpin terlama, di Kuil Zojoji di Tokyo, yang dihadiri oleh Perdana Menteri Fumio Kishida dan anggota parlemen lainnya. Menteri Keuangan AS Janet Yellen, yang sedang berkunjung ke Jepang, juga menghadiri upacara tersebut.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mengirim bunga dan mengutus bendahara kaisar untuk membakar dupa, menurut Kenji Ikeda, wakil kepala Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

Sekitar 2.500 orang, termasuk anggota masyarakat, menghadiri acara tersebut, menurut faksi Partai Demokrat Liberal yang dipimpin oleh Abe. Di antara mereka, terlihat para pemimpin bisnis dan duta besar terkemuka, termasuk Duta Besar AS untuk Jepang Rahm Emanuel dan Duta Besar Rusia untuk Jepang Mikhail Galuzin.

Abe adalah mantan perdana menteri keempat yang menerima penghargaan di bawah Konstitusi pasca perang, setelah Shigeru Yoshida, Eisaku Sato dan Yasuhiro Nakasone, dan juga yang diberikan penghormatan Junior First Rank of Court, menurut Kantor Kabinet.

Ikeda mengatakan pada konferensi pers bahwa dia merasa pasangan kekaisaran mungkin merasa sangat sedih tentang kematian Abe, serta turut prihatin dengan keluarga yang ditinggalkan.

Abe masih menjabat ketika kaisar naik tahta pada 2019 setelah ayahnya, Kaisar Akihito, turun jabatan.

Collar of the Supreme Order of the Chrysanthemum terbuat dari emas murni yang dikenakan oleh kaisar Jepang. Ada juga yang diberikan kepada beberapa kepala negara asing yang berkunjung di masa lalu.

Pemakaman Abe dijadwalkan pada hari Selasa sore di kuil Tokyo. Upacara peringatan akan dilaksanakan secara terpisah yang akan diadakan di Tokyo dan Prefektur Yamaguchi di Jepang barat, di mana Abe memiliki daerah pemilihan.

Sementara itu, mantan Presiden AS, Donald Trump dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menghadiri pemakaman rekannya tersebut.

Trump mengatakan kepada situs berita online AS, Breitbart, bahwa dia sedang dalam pembicaraan dengan keluarga Abe tentang kunjungan tersebut, membuktikan bahwa mantan perdana menteri itu adalah pemimpin asing pertama yang bertemu dengannya setelah dia memenangkan pemilihan presiden AS pada 2016.

“Dia datang tepat setelah pemilihan presiden, dan dia adalah orang pertama yang saya temui sebagai presiden terpilih”, kata Trump, menurut Breitbart. “Tapi kami memiliki hubungan khusus. Kami akan mempertimbangkan hal itu dan sedang membicarakannya sekarang.”

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan bahwa atas permintaan Kishida, bendera Jepang akan dikibarkan setengah tiang untuk Abe pada hari Selasa di kantor perdana menteri di Tokyo.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: japantoday

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang