5 Masjid Terkenal Di Jepang Yang Bisa Kamu Kunjungi

titip Jepang - Masjid Terkenal di Jepang

Jika mendengar kata “Jepang” tentu yang terlintas adalah Kuil dengan pohon sakura didepannya. Tapi bagaimana ceritanya jika masjid terkenal di Jepang yang berpasangan dengan pohon sakura?

Islam memang bukanlah agama mayoritas di Jepang. Namun, Negeri Sakura sangat menjunjung toleransi umat beragama. Maka tak heran jika ada beberapa masjid terkenal di Jepang bahkan satu diantaranya menjadi saksi sejarah Jepang pada Perang Dunia ke-II.

Semakin banyaknya masjid, restoran halal, hotel, dan salon khusus muslim membuat negara ini semakin ramah terhadap wisatawan muslim. Maka tak heran bila Jepang menjadi destinasi wisata utama di Asia sejak 2016. Berikut adalah 5 masjid terkenal di Jepang yang bisa kamu kunjungi.

titip Jepang -Masjid terkenal di Jepang

1. Masjid Fukuoka

Masjid Fukuoka merupakan salah satu masjid terkenal di Jepang. Masjid ini terletak di Higashi-ku, Fukuoka, Prefektur Fukuoka. Masjid yang terdiri dari satu lantai dasar dan tiga lantai utama ini dibangun dan diresmikan di tahun 2009. Masjid Fukuoka menjadi masjid pertama di Pulau Kyushu.

Pembangunan masjid ini tak lepas dari pendirian Pusat Islam Fukuoka (Fukuoka Islamic Center, FIC) di tahun 1998 oleh mahasiswa muslim internasional Universitas Kyushu. Di tahun 2004 FIC terdaftar sebagai Pusat Kebudayaan Islam Kyushu (ICCKyu).

Awal tahun 2005 ICCKyu membeli tanah seluas 336 meter persegi di Higashi, Kota Fukuoka. Pada tahun 2006 mereka mulai menggalang dana dan terkumpul 200 juta Yen. Di tahun 2008 dimulai pembangunan dan selesai 2009, kemudian masjid ini diberi nama An-nour.

Selain tempat Sholat, masjid ini juga memiliki perpustakaan dan kelas untuk pembelajaran bahasa arab dan islam. Masjid ini dibuka dari jam 10.00 hingga 21.00 waktu setempat. Di masjid ini juga menyelenggarakan berbagai aktifitas, seperti kelas mingguan, seminar, diskusi, kelas memasak masakan halal, dan festival islam dan budaya Jepang.

titip Jepang - Masjid Terkenal di Jepang

2. Masjid Gifu

Masjid terkenal di Jepang selanjutnya adalah Masjid Gifu. Masjid Gifu didirikan oleh masjid Nagoya dan selesai dibangun 30 Juni 2008 dengan total biaya 129 juta Yen. Pembangunan masjid ini guna memenuhi kebutuhan umat islam, khususnya mahasiswa muslim Universitas Gifu.

Masjid Gifu diberi nama Masjid Bab Al-Islam dan menjadi masjid pertama di Prefektur Gifu. Masjid ini bergaya arsitektur khas timur tengah. Masjid yang terdiri dari dua lantai ini berwarna putih sehingga membuat tempat ibadah ini terlihat sangat mencolok di tengah hamparan sawah.

Masjid Gifu menjadi pusat pengetahuan Islam di Gifu. Selain difungsikan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga memiliki sebuah Pusat Budaya Muslim dan Sekolah Islam. Selain itu, ada juga kegiatan lain seperti konseling Islam, pembagian pamflet keislaman, prosedur memeluk agama Islam, pembuatan sertifikat memeluk agama, prosedur nikah secara Islam, pembuatan akta nikah, pengelolaan zakat dan sedekah, dan berbagai acara tahunan lainnya.

titip Jepang - Masjid Terkenal di Jepang

3. Masjid Hiroo

Masjid Hiroo merupakan masjid terkenal di Jepang lainnya. Masjid ini berada di kawasan internasionla di Roppongi, Tokyo. Sebagai kawasan internasional kawasan ini ditinggali oleh banyak etnis dari seluruh dunia. Masjid ini meruapakan salah satu bagian dari Institut Islam Arab Tokyo.

Institut Islam Arab Tokyo menjadi lembaga pendidikan pertama di pusat kota Tokyo. Institut ini didirikan pada tahun 1982 dan merupakan hadiah dari Arab Saudi untuk Jepang. Institut ini telah memberikan kontribusi untuk mempromosikan saling pengertian, pertukaran budaya dan hubungan persahabatan antara Jepang dan Arab serta negara-negara Islam, terutama Arab Saudi.

titip Jepang - Masjid Terkenal di Jepang

4. Masjid Kobe

Masjid Kobe atau dikenal juga sebagai Masjid Muslim Kobe ini merupakan salah satu masjid terkenal di Jepang yang harus Titipers kunjungi. Masjid ini didirikan pada bulan Oktober 1935 di Kobe dan didanai oleh Komite Islam Kobe. Masjid Kobe merupakan masjid tertua di Jepang yang sampai sekarang masih berdiri dan difungsikan.

Masjid Kobe memiliki sejarah dan cerita yang sangat panjang. Masjid ini pernah sempat disita oleh angkatan laut kekaisaran Jepang, namun akhirnya dibuka kembali. Bangunan masjid ini juga sangatlah kokoh, masjid ini jadi satu-satu bangunan yang masih utuh tanpa kerusakan struktural pasca pengeboman AS di Kobe. Masjid ini juga berhasil selamat dari Gempa Bumi besar Hanshin tahun 1995.

Masjid Kobe terletak di distrik Kitano-Cho dan hanya memakan waktu 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Kobe-Sannomiya. Masjid ini memiliki arsitektur khas Turki, strukturnya terdiri dari tiga lantai dengan kubah besar di bagian atas dan dua menara untuk adzan.

Masjid ini dibuka sepanjang tahun dan berfungsi sebagai tempat ibadah, tempat perayaan umat Muslim seperti Idul Fitri, upacara keagamaan, dan pesta pernikahan. Non-Muslim dan turis dipersilakan jika ingin mengunjungi masjid ini.

titip Jepang - Masjid Terkenal di Jepang

5. Masjid Tokyo Camii

Masjid terkenal di Jepang yang terakhir adalah Masjid Tokyo Camii, masjid ini merupakan masjid terbesar di Jepang. Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur ottoman yang khas. Masjid ini dibangun tahun 1938, awalnya masjid tersebut difungsikan sebagai sekolah islam untuk pengungsi Baskhir dan Tatar yang melarikan diri dari Rusia.

Masjid ini kemudian dihancurkan pada tahun 1986 karena rusak parah, kemudian tanah tersebut dihibahkan ke  Pemerintah Turki. Pada tahun 2000 masjid ini telah selesai di rekonstruksi oleh Pemerintah Turki. Masjid Tokyo Camii ini mampu menampung 2000 jamaah.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Tokyo Camii juga difungsikan sebagai Pusat Kebudayaan Turki. Masjid ini terdiri dari tiga lantai, didalamnya terdapat berbagai fasilitas, mulai perpustakaan, pusat kebudayaan, tempat istirahat, dan ruang pertemuan.

Itulah kelima masjid terkenal di Jepang. Masjid-masjid tersebut dibuat dengan sangat fungsional serta mengakomodir kebutuhan umat islam. Ada masjid yang menjadi pusat kebudayaan, pusat pendidikan islam, dan bahkan menjadi saksi sejarah Perang Dunia ke-II di Jepang.

Bagaimana Titipers tertarik untuk mengunjunginya?

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan