6 Kontes Kecantikan di Jepang: Perbedaan Miss Japan, Miss Nippon, Miss World Japan

Titip Jepang - kontes kecantikan di jepang

Beauty Pageant atau kontes kecantikan merupakan ajang kompetisi yang berfokus pada keindahan fisik kontestan. Namun dalam praktiknya, yang dinilai tidak cuma kecantikan wajah, tapi juga wawasan, bakat, dan kepribadian. Di negeri matahari terbit, pernah ada 6 kontes kecantikan di Jepang yang pernah digelar.

Beberapa ajang kontes kecantikan tersebut di antaranya diselenggarakan untuk memilih pewakilan Jepang di ajang Internasional. Namun, ada juga yang cuma sekedar untuk memenangkan kompetisi dalam negeri.

Berikut adalah 6 kontes kecantikan di Jepang:

 1. Miss Nippon 

Miss Nippon merupakan ajang kecantikan tertua yang digelar di Jepang. Pertama kali digelar pada tahun 1950 oleh surat kabar Yomiuri Shimbun. Sekarang, Miss Nippon berada di bawah naungan “Miss Nippon Association”. Miss Nippon tidak mewakili Jepang di ajang Internasional manapun.

Kebijakan dasar Miss Nippon adalah memilih “kecantikan Jepang tingkat tertinggi yang diselesaikan di Jepang.” Secara khusus, dalam ujian internal, “pendidikan” dan “perasaan” ditekankan.

 2. Miss Universe Japan 

Miss Universe Japan merupakan ajang kecantikan yang pertama kali digelar pada tahun 1952. Ajang ini untuk menyeleksi wanita-wanita Jepang yang akan mewakili negaranya di ajang Miss Universe. Dan sesuai namanya, ajang ini merupakan bagian keanggotaan dari Miss Universe. Sebelumnya, pada tahun 1952-1995, nama ajang ini adalah ‘Miss Japan’.

Hingga tahun 2023, Jepang berhasil menghasilkan dua orang pemenang Miss Universe, empat orang runner-up 5 besar dan 11 semifinalis 15 besar pada kontes Miss Universe.

 3. Miss World Japan 

Miss World Japan pertama kali digelar pada tahun 2013 dan berada di bawah keanggotaan Miss World. Pemenang Miss World Japan akan mewakili Jepang dalam ajang Miss World. Kadang-kadang, ketika pemenang tidak memenuhi syarat (karena usia) untuk salah satu kontes, runner-up akan dikirim.

Sejak 2013, prestasi tertinggi perwakilan Jepang di Miss World adalah mencapai 15 besar pada tahun 2017 oleh Haruka Yamashita.

 4. Miss International Japan 

Miss International Japan merupakan ajang kecantikan yang pemenangnya mewakili Jepang dalam ajang Miss International. Ajang ini pertama kali diadakan pada tahun 1960. Sejak berpartisipasi tahun 1960 dalam kontes tersebut, Jepang hanya pernah satu kali menang, yakni Ikumi Yoshimatsu (吉松 育美) dari Tosu, Jepang.

Kontes ini memiliki semangat “Duta Kecantikan Niat Baik” dari seluruh negara Jepang yang bercita-cita untuk “berkontribusi pada masyarakat global”.

 5. Miss Earth Japan 

Miss Earth Japan berada di bawah naungan Miss Earth. Pemenang dari ajang Miss Earth Japan akan mewakili Jepang dalam kontes Miss Earth. Miss Earth Japan pertama kali digelar pada tahun 2001. Pada tahun 2010, Jepang pertama kali memasuki babak semifinal dan final kontes Miss Earth, di mana Marina Kishira menempati posisi 7 besar dan memenangkan penghargaan Kostum Nasional Terbaik di Miss Earth 2010.

Pemenang kontes ini juga secara berkesinambungan melanjutkan sumbangan amal dan kegiatan filantropi, dan untuk mempromosikan kesadaran dan perlindungan lingkungan.

 6. Miss Grand Japan 

Miss Grand Japan merupakan ajang kecantikan termuda di Jepang. Pertama kali digelar pada tahun 2015, ajang ini berada di bawah naungan Miss Grand International. Pemenangnya akan mewakili Jepang dalam kontes Miss Grand International yang merupakan kontes kecantikan internasional tahunan yang mempromosikan Perdamaian Dunia dan melawan segala jenis konflik.

Sejak partisipasi pertamanya di Miss Grand International pada tahun 2013, Jepang memegang rekor 5 penempatan; pada tahun 2014 – 2015 dan 2018 – 2020, prestasi tertinggi adalah runner-up keempat yang diperoleh Haruka Oda dari Saitama pada tahun 2018.

Ikuti terus berita-berita terbaru di kanal Titip Jepang. Yuk baca artikel lainnya lainnya di sini!

Jangan lupa ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan