Semua Arc Solo Leveling Secara Lengkap dan Berurutan

TITIP JEPANG - SOLO LEVELING
TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Sung Jin-Woo dari manhwa Solo Leveling (gambar dari Chugong/Webtoon)

Menyusul kesuksesan besar dari adaptasi animenya yang sedang tayang, para penggemar sangat antusias untuk melihat semua arc Solo Leveling diadaptasi ke dalam anime. Walau anime ini baru memiliki empat episode, namun telah berhasil mendapatkan banyak penggemar dan menjadi anime terpopuler di Musim Dingin 2024.

Hanya dalam empat episode, anime Solo Leveling telah berhasil menggemparkan komunitas anime, banyak sekali para penggemar yang memilih untuk melihat materi sumber animenya—yaitu dari manhwanya—hal ini dilakukan agar para penggemar mengetahui arc apa saja yang akan datang dan mempelajari lebih dalam arc yang akan ditayangkan. Oleh karena itu, artikel ini akan mencantumkan semua arc Solo Leveling secara Lengkap dan berurutan.

Semua Arc Solo Leveling Secara Lengkap dan Berurutan

 1. D-Rank Dungeon Arc (Manhwa chapter 1—10) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Sung Jin-Woo di anime Solo Leveling (gambar dari A-1 Pictures)

Sebagai arc pertama, arc Dungeon Level E. menampilkan Sung Jin-Woo dan anggota raid party-nya memasuki Dungeon Level E. Saat di dalam, mereka segera menemukan Double Dungeon yang tersembunyi di dalam gerbang, dan akhirnya mereka memasuki Double Dungeon setelah mengambil keputusan dengan anggota raid party lainnya.

Namun, mereka segera menyesali keputusan yang telah mereka buat setelah menyadari bahwa apa yang ada di dalam Double Dungeon jauh lebih menyeramkan dari yang mereka bayangkan. Saat mereka terjebak di dalam tanpa jalan keluar, para anggota raid party takut akan nyawa mereka karena mereka menyadari bahwa membuat kesalahan sekecil apa pun dapat menyebabkan akhir yang mengerikan.

 2. Reawakening Arc (Manhwa chapter 11—12) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Sung Jin-Woo menyadari adanya System (gambar dari A-1 Pictures)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah selamat dari insiden di Double Dungeon, Sung Jin-Woo terbangun di rumah sakit tiga hari kemudian. Di sini, dia menemukan keberadaan System, yang memberinya kesempatan kedua untuk hidup dan meningkatkan “level”-nya, yaitu menjadi lebih kuat dengan menyelesaikan misi yang menantang.

 3. Instant Dungeon Arc (Manhwa chapter 13—17) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Arc Instant Dungeon adalah salah satu arc Solo Leveling pertama yang mengawali perjalanan Sung Jin-Woo untuk menjadi lebih kuat (gambar dari A-1 Pictures)

Setelah sedikit pulih dari luka-lukanya di rumah sakit, Sung Jin-Woo menerima kunci untuk E-Rank Instant Dungeon dari System. Dengan demikian, perjalanannya untuk menjadi Hunter terkuat di dunia dimulai, untuk pertama kalinya dia pergi berburu sendirian.

 4. Dungeons and Lizards Arc (Manhwa chapter 18—24) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Sung Jin-Woo di manhwa Solo Leveling (gambar dari Chugong/Webtoon)

Setelah berhasil sembuh dan keluar dari rumah sakit, Jin-Woo memutuskan untuk bergabung dengan strike squad untuk melakukan penyerbuan ke Dungeon Level C untuk mendapatkan uang dengan cepat.

Namun, anggota raid party-nya ternyata bukanlah Hunter yang ramah seperti yang terlihat pada awalnya, karena motif tersembunyi mereka akan segera terungkap. Konon, selama arc inilah Jin-Woo pertama kali bertemu dengan Yoo Jin-Ho, yang kemudian menjadi salah satu karakter utama dalam cerita.

 5. Dungeons and Prisoners Arc (Manhwa chapter 25—34) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Dungeons and Prisoners Arc Merupakan salah satu arc Solo Leveling yang paling menarik (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Dalam arc ini, Jin-Woo dipertemukan kembali dengan anggota raid party-nya yang masih hidup dari insiden di Double Dungeon untuk melakukan satu misi raid terakhir. Namun, reuni damai mereka diganggu oleh Kang Taeshik dari Korean Hunter Association dan kelompok penjahat kejam yang berada di bawah pengawasannya, di dalam dungeon tersebut, mereka berseteru.

 6. Yoo Jin-Ho Raid Party Arc (Manhwa chapter 35—37) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Sung Jin-Woo dan Yoo Jin-Ho di manhwa Solo Leveling (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Dalam salah satu arc Solo Leveling terpendek, Jin-Woo membuat kesepakatan dengan Yoo Jin-Ho—rekannya dari C-Rank Dungeon Raid sebelumnya—untuk membentuk raid party agar dapat mulai membersihkan Dungeon Level C secara bersama. Dikarenakan mereka membersihkan Dungeon secara cepat, mereka menarik perhatian seorang pegawai kelas atas dari White Tiger Guild, yang ingin merekrut Jin-Woo.

 7. Job Change Arc (Manhwa chapter 37—45) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Job Change Arc adalah salah satu arc Solo Leveling yang paling penting (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Tidak diragukan lagi, ini adalah salah satu arc Solo Leveling yang paling penting, karena di sinilah Sung Jin-Woo mendapatkan gelar “Monarch of Shadows” atas kemampuannya yang bisa menciptakan pasukan bayangannya sendiri.

Dimulai ketika Jin-Woo mendapat pemberitahuan dari System dan dipindahkan ke Instant Dungeon lainnya. Di dalam Dungeon, dia menghadapi gerombolan ksatria dan penyihir yang tak ada habisnya dan juga mengalami pengalaman hampir mati lainnya.

Namun, menjelang akhir, ada Final Boss Dungeon, Blood-Red Commander Igris, yang akhirnya menjadi salah satu sekutu yang paling dipercayai oleh Jin-Woo.

 8. Red Gate Arc (Manhwa chapter 46—55) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Red Gate Arc adalah salah satu arc Solo Leveling terbaik (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Di arc inilah pembaca dapat menyaksikan tentara bayangan Jin-Woo beraksi untuk pertama kalinya. Dimulai dengan salah satu teman saudara perempuannya—Han Song-Yi—yang berhenti sekolah untuk menjadi seorang Hunter. Namun, dia adalah seorang Hunter Level E yang pangkatnya rendah, itulah sebabnya Jin-Woo memutuskan untuk membawanya ke Dungeon untuk menunjukkan kepadanya bahaya yang dihadapi para Hunter setiap hari.

Dengan demikian, Jin-Woo berhasil mengamankan tempat untuk latihan White Tiger Guild’s bagi para anggota baru, yang berada di dalam Dungeon. Namun, keadaan menjadi kacau ketika Jin-Woo dan anggota lainnya menemukan diri mereka terjebak di dalam Red Gate dan berada di dalam dunia Ice Elves.

 9. Demon Castle Arc (Manhwa chapter 56—61) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Demon Castle Arc adalah salah satu arc Solo Leveling yang paling menarik (gambar via Chugong/DUBU/Webtoon)

Untuk meningkatkan levelnya lebih tinggi lagi, Jin-Woo memasuki Demon Castle yang dibuat oleh System. Saat dia menyelesaikan lantai demi lantai, dia menemukan resep ramuan yang disebut Holy Water of Life, yang mungkin bisa menyembuhkan Eternal Sleep Disease ibunya.

 10. Retesting Rank Arc (Manhwa chapter 61—64) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Retesting Rank Arc adalah salah satu arc Solo Leveling yang singkat namun paling menyenangkan (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Setelah menyelesaikan beberapa lantai di dalam Demon Castle dan mendapatkan sebagian besar bahan yang dibutuhkan untuk membuat Holy Water of Life, Jin-Woo kembali ke dunia manusia untuk mengevaluasi kembali peringkatnya. Selama arc inilah dia akhirnya dikonfirmasi telah mencapai Level S, yang membuat semua Hunter Guild besar melirik kepadanya.

 11. Hunters Guild Gate Arc (Manhwa chapter 65—75) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Hunters Guild Gate Arc adalah salah satu arc Solo Leveling yang paling menarik (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Sambil menunggu untuk secara resmi menerima lisensi Level S-nya, Jin-Woo memutuskan untuk bergabung dengan tim penambang milik Hunters Guild untuk merasakan pengalaman di Dungeon Level A. Tentu saja ini merupakan salah satu arc Solo Leveling yang paling penting, karena ini pertama kalinya Jin-Woo berinteraksi dengan Cha Hae-In, yang berperan sebagai karakter utama dalam serial ini sekaligus akan menjadi love interest-nya.

 12. Return to Demon Castle Arc (Manhwa chapter 76—89) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Return to Demon Castle Arc adalah salah satu arc Solo Leveling yang paling menarik (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Dalam arc ini, Sung Jin-Woo kembali ke Demon Castle untuk mengumpulkan bahan terakhir yang dibutuhkan untuk membuat Holy Water of Life. Saat dia berusaha menaiki tangga demi tangga, dia bertemu dengan bangsawan iblis yang ramah bernama Esil Radir, yang ternyata adalah putri dari klan Radir.

Sebagai imbalan dari menyelamatkan nyawanya, Esil menawarkan untuk membantunya dalam perjalanannya menuju puncak dan dalam pertempuran yang akan segera terjadi melawan Demon King Baran, bos terakhir Demon Castle.

 13. Jeju Island Arc (Manhwa chapter 90—107) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Jeju Island Arc adalah salah satu arc Solo Leveling terbaik (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Mungkin ini adalah salah satu arc Solo Leveling paling penting yang mengubah jalannya serial ini. Jeju Island Arc menampilkan kematian dan kebrutalan dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi para Hunter.

Rupanya, para Hunter tidak berhasil dalam raid mereka sebelumnya di Jeju Island yang menakutkan, dan kali ini mereka berharap dapat membalikkan keadaan. Di sisi lain, Jin-Woo memutuskan untuk tidak mengikuti acara ini karena ibunya akhirnya sembuh dari Eternal Sleep Disease.

Namun, dia berubah pikiran ketika dia menyadari bahwa semut yang mengerikan telah muncul entah dari mana, dan membantai Hunter Level S satu demi satu.

 14. Recruitment Arc (Manhwa chapter 108—110) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Sung Jin-Woo saat di pemakaman Min Byung-Gyu (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Saat di pemakaman mendiang Healer Level S Min Byung-Gyu setelah insiden Jeju Island Raid, Sung Jin-Woo didekati oleh pemerintah Amerika Serikat, yang menawarkannya kesempatan untuk menjadi lebih kuat. Dia memperkenalkannya pada Norma Selner, yang memiliki kemampuan unik untuk meningkatkan kekuatan seseorang.

 15. Ahjin Guild Arc (Manhwa chapter 111—122) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Ahjin Guild Arc adalah salah satu arc Solo Leveling yang paling intens (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Dalam arc ini, Jin-Woo membuat Guild baru yang diberi nama Ahjin Guild yang diambil dari nama adiknya, Jin-Ah. Tak lama setelah itu, Hunter Level S Cha Hae-In mengungkapkan ketertarikannya untuk bergabung dengan Guild milik Jin-Woo. Setelah itu, Jin-Woo memutuskan untuk membantu Knights Guild membersihkan Dungeon Level A.

Di tempat Jin Ah bersekolah—adik dari Jin-Woo—tiba-tiba beberapa Orc tinggi muncul dari gerbang dan mulai membantai para siswa.

 16. Double Dungeon Arc (Manhwa chapter 123—131) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Double Dungeon Arc adalah salah satu arc Solo Leveling yang paling signifikan (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Setelah mencapai level tertentu, Jin-Woo mendapat undangan dari System untuk kembali ke tempat di mana semuanya dimulai, yaitu Double Dungeon. Namun, kali ini dia siap menghadapi apa pun yang menghalanginya.

Ini mungkin merupakan arc Solo Leveling yang paling penting, karena tidak hanya mengungkap maksud sebenarnya dari Architect of the System, tetapi juga mengungkapkan sumber kekuatan Jin-Woo.

 17. Japan Crisis Arc (Manhwa chapter 132—139) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Sung Jin-Woo menyembuhkan ayah Yoo Jin-Ho dari Eternal Sleep Disease (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Dalam arc ini, Gate Level S muncul entah dari mana di Tokyo, Jepang, membuat seluruh negeri menjadi kacau balau. Selain itu, para Hunter Level S yang dibentuk oleh pemerintah Jepang terbukti bukan tandingan monster yang keluar dari Gate tersebut. Hal ini mendorong Sung Jin-Woo untuk turun tangan dan menangani situasi tersebut, kemudian dia menutup Gate sendirian setelah mengalahkan King of Giants.

 18. International Guild Conference Arc (Manhwa chapter 140—149) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Sung Jin-Woo saat di International Guild Conference (gambar dari Chugong/Webtoon)

Setelah peristiwa yang terjadi di Jepang, Jin-Woo diundang ke Amerika untuk mewakili Korea di International Guild Conference, di mana dia memberi tahu kepada seluruh dunia tentang ancaman yang akan segera mereka hadapi.

Di tempat lain, ras monster kuno yang dikenal sebagai Monarchs memulai serangan mereka terhadap musuh bebuyutan mereka, yaitu Rulers. Sebagai langkah awal, mereka menargetkan Nation-Level Hunters satu per satu, yang pada dasarnya berfungsi sebagai kapal bagi para Rulers.

 19. Monarchs War Arc (Manhwa chapter 150—166) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Monarchs War Arc adalah salah satu arc Solo Leveling yang paling menarik (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Berfungsi sebagai awal dari arc penutup Solo Leveling, Monarchs War Arc menampilkan para Monarchs yang melanjutkan serangan mereka ke wadah para Ruler di dunia manusia.

Dalam salah satu adegan dari arc ini, Frost, Insect, dan Beast Monarch berhadapan langsung dengan Sung Jin-Woo. Mereka saling memberikan perlawanan yang hebat, Frost Monarch dan Beast Monarch akhirnya berhasil mengalahkan dan hampir mengakhiri hidup Jin-Woo.

 20. Final Battle Arc (Manhwa chapter 167—177) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Final Battle Arc adalah salah satu arc Solo Leveling yang paling memikat pembaca (gambar dari Chugong/DUBU/Webtoon)

Setelah sepenuhnya menyerap kekuatan Ashborn, the Original Shadow Monarch, Sung Jin-Woo bersiap untuk pertempuran terakhir melawan Antares, The Monarch of Destruction, yang telah disebut-sebut sebagai strongest Monarch dalam sejarah dan King of Dragons.

Ketika pertempuran antara kedua kekuatan itu terjadi, dunia berada dalam kekacauan besar, karena sebagian besar dunia dihancurkan oleh Antares, yang menyebabkan kematian dan kehancuran dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

 21. Epilogue (Manhwa chapter 178—179) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Sung Jin-Woo di manhwa Solo Leveling (gambar dari Chugong/Webtoon)

Setelah keluar sebagai pemenang dalam pertarungan klimaksnya melawan Antares dengan bantuan para Rulers, Sung Jin-Woo memutuskan untuk menggunakan Reinkarnasi untuk menyelamatkan orang-orang yang sudah mati sepanjang kisah ini. Dengan melakukan hal tersebut, Jin-Woo bersiap untuk menghadapi semua musuhnya sendirian, karena dunia akan kembali ke keadaan normal sebelum adanya Gate dan Dungeon.

 22. Academy Arc/Side Stories (Manhwa chapter 180—200) 

TITIP JEPANG- SOLO LEVELING
Academy Arc tidak diragukan lagi merupakan salah satu arc Solo Leveling yang paling mengharukan dan memuaskan (gambar dari Chugong/Webtoon)

Setelah Jin-Woo berhasil mengalahkan Antares sekali lagi di-timeline yang baru, dia kembali ke dunia dan melanjutkan kehidupan normal sebagai siswa SMA, meskipun dia adalah orang terkuat yang pernah ada.

Kisah-kisah tambahnnya berfokus pada bagaimana Jin-Woo berhasil terhubung kembali dengan semua rekan-rekannya dari timeline sebelumnya dan memperbaiki semua hubungan yang hilang dengan mereka.

Dia akhirnya menikahi Cha Hae-In dan bahkan memiliki satu anak laki-laki. Jin-Woo juga menjadi seorang detektif terkenal, yang sering disebut oleh rekan-rekannya sebagai “The Phantom“. Dia mulai menggunakan kemampuannya dalam bidang pekerjaannya untuk memberikan keadilan yang layak bagi para korban dan menghukum mereka yang pantas mendapatkannya.

Ikuti terus berita-berita terbaru di kanal Titip Jepang. Yuk baca artikel lainnya lainnya di sini!

Jangan lupa ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *