Menjangkau Hikkikomori dengan Metaverse

Hikkikomori adalah istilah yang digunakan di Jepang untuk orang-orang yang tidak ingin keluar rumah. Dalam bahasa Jepang, kata hikkikomori  berartin menyendiri atau membatasi diri. Mereka menolak untuk keluar dari rumah dan mengisolasi diri dari masyarakat dengan terus-menerus berada di dalam rumah untuk satu periode yang melebihi enam bulan. Hal ini menjadi semakin buruk karena orang tua mereka mendukung mereka dan membiarkannya.

Suatu kelompok bernama JACFA di Kota Fukuoka berkomitmen menemukan cara agar para hikkikomori ini bisa kembali ke masyarakat. Namun, hal tersebut tidak mudah. Sebanyak 80% orang yang menghubungi JACFA adalah orangtua hikkikomori, bukan orang itu sendiri. Dalam kasus-kasus tersebut, pertemuan sangat sulit diatur.

JACFA mencoba cara lain dengan menyiapkan Fukuoka Virtual Support Room yang merupakan pusat dukunngan secara virtual di platform yang mirip dengan metaverse SecondLife. Di platform tersebut, semua orang bisa memilih avatar mereka masing-masing. Awalnya mereka tidak begitu yakin cara tersebut dapat berhasil. Namun, ternyata para hikkikomori tidak hanya bergabung melainkan mulai berinteraksi menggunakan alter ego virtual.

Pada 13 Juli, dilakukan uji coba Fukuoka Virtual Support Room. Sebuah exchange meeting diadakan. Sebanyak 20 staf dan hikkikomori hadir secara virtual.  Biasanya orang hikkikomori tiba-tiba berbicara dengan staf secara sukarela dan terlibat dalam pengenalan diri dengan nama panggilan dan kegiatan seperti kuis. Mereka berbagi kesan mereka tentang platform tersebut bahwa mereka bisa lebih santai sebagai avatar dan bisa berbicara lebih banyak daripada berbicara secara tatap muka.

Walaupun masihsangat jauh dari masyarakat, namun paltform tersebut dapat memfasilitasi untuk menjangkau dan berkomunikasi dengan orang-orang hikkikomori. Dengan adanya  komunikasi, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membawa orang-orang tersebut keluar dari rumah mereka.

Selain itu pendidikan dan pelatihan dapat diadakan di platform metaverse untuk membantu JACFA mencapai tujuan akhir mereka orang-orang hikkikomori bisa mendapatkan pekerjaan agar bisa mandiri.B erdasarkan hasil uji coba seperti ini, mereka berharap tahun depan sudah ada program penuh untuk orang hikkikomori di plaform ini .

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: soranews24

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *