Pameran Seni Chiharu Shiota Menghiasi Museum Macan, Keren Banget

Titip Jepang-Chiharu Shiota

Haloo Titipers, bagi kalian pecinta seni sejati ada exhibition terbaru loh di Indonesia. Pertama kalinya pagelaran seni Chiharu Shiota hadir di indonesia, tepanya di museum macan, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Museum Macan mengadakan Exhibition karya dari seniman ternama Jepang, Chiharu Shiota. Pagelaran seni ini bertajuk Chiharu Shiota The Soul Trembles.

Titip Jepang-Chiharu Shiota

Chiharu Shota : The Soul Trembles menampilkan karya seni yang sangat unik. Seperti pada gambar di atas.

Pada pintu masuk pameran seni Chiharu Shiota : Soul Trembles kalian akan menemukan patung tangan yang terlihat memegang sebuah rangkaian kawat. Patung tersebut berjudul “in the hand”.

Penulis bisa menafsirkan bahwa shiota ingin memberitahu kita bahwa dari sepasang tangan manusia, bisa melahirkan ciptaan yang luar biasa indah.
Titip Jepang-Chiharu Shiota

Setelah melewati patung tangan, kalian memasuki sebuah ruangan dengan hiasan benang rajutan merah.

Kalian seperti memasuki sebuah dunia fantasi berisikan benang2 merah. Uniknya benang merah ini terhubung dengan rangkaian berbentuk seperti perahu kecil.

Titip Jepang-Chiharu Shiota
Dari ruangan ini kalian bisa melanjutkan museum tour ini ke section berikutnya. Kalian akan melihat beberapa lukisan dan gambar seni yang dipamerkan di sebuah lorong
Titip Jepang-Chiharu Shiota
Lorong tersebut berisikan beberapa lukisan dan gambar yang merefleksikan manusia. Ada satu gambar yang memperlihatkan karya fenomenal dia yaitu pameran manusia tanpa busana dengan banyak rajutan benang merah.

Titip Jepang-Chiharu Shiota

Selain itu ada sebuah lukisan yang memperlihatkan rajutan benang merah di lantai. Karya tersebut terlihat seperti tkp pembunuhan. Ada juga display dari rajutan benang merah yang membentuk seperti pembuluh darah manusia.

Titip Jepang-Chiharu Shiota

Ada salah satu ruangan yang menampilkan rajutan benang hitam di seluruh ruangannya. Beberapa kursi juga terlihat terjerat benang hitam. Lebih tepatnya terjebak di dalam benang2 hitam tersebut.

Menurut penulis Chiharu Shiota adalah sebuah seniman yang unik dan keren.

Titip Jepang-Chiharu Shiota

Sebelum mengakhiri museum tour kalian akan mendapati satu karya Chiharu Shiota yang menurut penulis cukup mindblowing yaitu Koper-koper yang dibuat seolah melayang.

Puluhan koper tersebut dikaitkan pada instalasi besi diatasnya dengan benang-benar merah yang sangat tebal.
Titip Jepang-Chiharu Shiota

Karya seni koper melayang ini menjadi spot foto favorit pengunjung museum macan. Pemandangan ini mengingatkan penulis pada adegan film Harry Potter yang menampilkan adegan barang-barang terbang penuh dengan sihir.

Sebenarnya masih banyak sekali karya Shiota yang bisa titipers lihat di museum macan. Pameran Chiharu Shiota : The Soul Trembles bisa dikunjungi di Museum Macan. Kalian bisa mengunjungi pameran seni Chiharu Shiota hingga akhir bulan April 2023.

Bagaimana titipers, tertarik untuk memasuki dunia fantasi ala seniman Chiharu Shiota??

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: Reynaldy Yusuf, Museum Macan

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan