Restorasi “Pink Capsule” Langka dari Nakagin Capsule Tower, Yang Dulu Digunakan untuk Hiburan Malam

Suatu sore bangunan ikonik ini akan segera dihancurkan

Nakagin Capsule Tower merupakan bangungan ikonik yang telah berdiri tegak di distrik Ginza Tokyo sejak 1972. Bangunan perumahan serba guna yang dirancang oleh arsitek Jepang Kisho Kurokawa, akan dihancurkan tahun ini.

Terlepas dari keputusan terbaik pihak penyewa lama bertujuan untuk menyelamatkan kompleks beton menara kembar dan 140 apartemen kapsul yang dibangun sendiri.

Nakagin Capsule Tower 

Titip Jepang-Nakagin Capsule Tower

Salah satu spot foto yang biasa dimanfaatkan oleh penghuni tower seperti penyewa apartemen yang bisa menghubungkan dengan kompleks perumahan lainnya. Tidak hanya itu saja, tower serba guna ini juga memiliki tempat untuk kantor utama atau kantor kedua.

Nakagin Capsule Tower ini memiliki sejarah tersendiri, terdapat kamar yang sedikit berbeda bahwa dulunya dikenal dengan julukan “kapsul merah muda” yang biasanya berfungsi untuk kegiatan anggota industri seks.

Okuyama adalah salah satu penghuni apartemen yang menemukan sisa-sisa cat merah muda yang menandakan kejayaan masa lalu tower. Mengingat pada bulan Januari 2021 pernah terjadi penutupan gedung karena akan dilakukan restorasi pada bulan Maret. Sehingga tercetuslah ide untuk merestorasi kamar itu seperti sedia kala. Mengetahui rencana Okuyama tersebut, beberapa penyewa lain (geng Nakagin) berkumpul untuk membantunya untuk mewujudkan impiannya serta mereka mengumpulkan perlengkapan proyek D.I.Y.

Beruntungnya salah satu dari geng Nakagin masih memiliki foto lama sebagai referensi untuk mengembalikan kamar merah muda tersebut. Berikut gambaran bagian dalam kamar kapsul merah muda.

Tidak hanya pintu dan jendela saja yang berwarna merah muda, mereka juga menemukan dudukan toilet berwarna pink.

 

Salah satu dari mereka dapat mengembalikan warna yang serupa dengan menggunakan referensi, mereka membeli cat merah mudah yang mirip di toko terdekat.

Kombinasi yang sempurna!

Lucunya, cat yang mereka beli mirip seperti jendela bundar di kamar.

Beberapa bekas kamar merah muda ditutupi dengan wallpaper bermotif marmer merah muda, tetapi Nakagin geng sangat terbatas pada waktu dan uang. Akhirnya mereka memutuskan untuk mengecat ulang tampilan kamar.

Operasi Pemulihan Besar yang berlangsung pada akhir Januari.

Titip Jepang-Nakagin Capsule Tower

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menutupi seluruh lantai dengan plastik dan menempelkan ujung-ujungnya ke dinding dengan selotip.

Mereka juga memasang seprai di sekitar dudukan toilet yang sudah tidak digunakan selama tujuh tahun.

Kemudian, mereka menempelkan selotip di sekitar bagian pintu dan jendela yang akan dicat agar terlihat rapi dan memudahkan pekerjaan.

Ketika persiapan sudah selesai, saatnya mulai mengecat.

Bahkan DJ cosplay penghuni menara pun siap membantu.

Titip Jepang-Nakagin Capslue Tower

Dan dia menulis “Mojisho”, nama panggilan Okuyama-san di pintu serta tanggal untuk anak cucunya, sebelum semuanya dicat dengan roller.

Warna catnya yang metalik terlihat tidak terlalu bagus pada bagian dudukan toilet dan tutupnya, tetapi warnanya yang mencolok memberikan kesan mencolok.

Setelah semuanya selesai, tim mengecat stop kontak di dinding yang terlihat seperti balok dari video game.

Hanya butuh sekitar satu jam untuk menyelesaikan pengecatan kemudian tim menyalakan AC untuk membantu pengeringan sebelum meninggalkan ruangan.

Setelah satu jam, tim pengecat kembali ke ruangan tetapi asapnya begitu kuat karena tidak ada ventilasi sehingga mereka harus meminjam sirkulasi udara dari ruangan lain untuk membantu ventilasi ruangan itu. Setelah satu jam atau lebih, mereka kembali untuk menyelesaikan pekerjaan yaitu mengupas selotip untuk melihat hasil akhirnya.

Before

After

Titip Jepang-Nakagin Capsule Tower

Semburat merah muda di sekitar ruangan menambahkan karakter yang berbeda. Pintu kamar mandi yang berbentuk bulat menjadi salah satu spot yang menarik dari Capsule room ini, tampak lebih manis dari sebelumnya.

Warna dudukan toilet yang mencerahkan bagian kamar mandi.

 

Namun, yang benar-benar menarik perhatian dalam ruangan adalah jendela bundar, yang terlihat sangat indah di bawah sinar matahari sore.

Setelah Okuyamasan-san pulang kerja, tim bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Ketika dia melewati pintu depan apartemennya, spontan dia terkejut dan terharu karena dia benar-benar menyukai hasilnya. Dia berkomentar kepada tim bahwa kamar itu menjadi jauh lebih indah daripada yang dia bayangkan.

Dia mengungkapkan perasaannya “Saya sangat senang, ternyata sangat bagus! Seandainya saya menyelesaikannya lebih cepat”.

Namun, ada satu hal yang hilang dari apartemen pink capsule yang baru direnovasi ini, dan itu adalah…wanita malam.

Salah satu dari mereka, ada yang berpose foto dengan gaya menutup matanya untuk menutupi identitasnya seperti foto ala wanita dari industri malam.

Titip Jepang-Nakagin Capsule Tower

Dia berpose gaya lain seolah-olah  “Hai sayang, Sepertinya gaunku jatuh…lagi!”

Bahkan dia merekam video seperti opening scene dari video dewasa.

https://www.instagram.com/chievampire/?utm_source=ig_embed&ig_rid=a5a04111-de19-4f73-a8d7-354d1ddb1e12

Saat dia berpose di ruang tersebut, dia mengingat bahwa apartemen ini dan sejarahnya selama lima puluh tahun, akan menjadi  puing-puing kenangan di Tokyo dan akan tersimpan hingga maut menjemputnya.

Bahkan salah satu hewan peliharaan tim, Aibo, tampak sedih mendengar cerita tentang itu.

Nakagi Tower bukan sekadar bangunan yang memiliki desain unik. Melainkan sebuah ruang yang dapat menyatukan orang-orang di dalamnya dan menciptakan rasa kebersamaan.

Rasa kebersamaan dan persahabatan itu semakin kuat selama Operasi Restorasi berlangsung, terutama menjelang peruntuhan gedung tersebut, mereka sepakat untuk tetap menjaga hubungan di masa depan.

Saatnya Geng Nakagin meninggalkan kamar itu dengan perubahan fitur kamar yang terkesan menyenangkan. Akhirnya Okuyama-san bisa memberi penghormatan yang pantas kepada ruangan itu, mengingat ruangan itu memberinya banyak kenangan selama bertahun-tahun.

Tidak hanya itu saja, ruangan itu juga menambah teman dan tetangga Okuyama-san yang juga merasakan kegembiraannya. Hingga akhirnya mereka semua datang untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir pada ruangan itu yang dirubah berhari-hari setelah restorasi.

Woman of the night juga kembali untuk memotret beberapa foto kenang-kenangan…

Tampil dengan pakaian yang berbeda dari sebelumnya di ruangan itu.

Tidak lupa dengan pakaian formal, jadi dia juga mengenakan kimononya.

Semburat merah muda di sekitar jendela sangat kontras dengan warna pakaian tradisional, menciptakan sebuah gambar 3 in one yang mengingatkan masa lalu, sekarang dan masa depan dalam satu gambar.

Titip jepang-Nakagi Capsule Tower

Sementara itu bagaimana nasib masa depan Nakagin telah disegel, siapa yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan bagi mantan penyewa Nakagin?

Titip Jepang-Nakagi Capsule tower

Di saat penyewa keluar dari gedung dan mengucapkan selamat tinggal terakhir mereka ke kamar itu, adalah satu kenangan yang tidak terlupakan tentang Nakagin Capsule Tower dan semua kebahagiaan yang terkenang bagi mereka.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: soranews24

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan