Funayurei, Para Hantu Kapal di Laut Jepang

funayurei

Funayurei (船幽霊 atauふなゆうれい) yang berarti “perahu hantu” adalah hantu yang mati ketika berlayar di laut lepas menurut mitologi Jepang. Jepang sebagai negara yang dikelilingi oleh laut, memiliki cukup banyak cerita rakyat yang berkaitan dengan laut untuk diceritakan. Funayurei adalah salah satu kisah tentang hantu laut yang beredar.

 Jiwa-Jiwa yang Mati di Laut 

Menurut beberapa legenda, Funayurei dikisahkan sebagai korban yang mati di laut, entah terdampar, tidak sengaja jatuh ke laut, atau dibunuh. Namun pada versi lain, Funayurei dikisahkan sebagai korban yang diperkosa secara beramai-ramai oleh sekelompok bajak laut, lalu ditenggelamkan hidup-hidup di laut lepas ataupun sisa-sisa dari mereka yang tenggelam di bangkai kapal.

Funayurei
source: google

Apapun penyebabnya, dipercaya bahwa Funayurei haus akan balas dendam. Funayurei berusaha mengambil nyawa yang hidup untuk ikut bersama mereka, dengan menyebabkan badai laut atau merusak kapal. Mereka sering bangkit dari laut dan menyerang perahu, sendirian ataupun berkelompok.

 Serangan Funayurei 

Funayūrei biasanya muncul di malam hari, ketika bulan baru atau penuh, atau di malam yang berangin atau berkabut dan selama hari raya Obon. Funayurei menyerang calon korbannya dengan berbagai cara, seringkali mereka menabrakkan kapal mereka dan membuat kapal korban rusak parah bahkan terbalik. Para kru hantu kemudian menyelinap di kapal korban dan mencoba menyeretnya ke bawah air, mereka juga membawa ember dan gayung besar untuk mengisi air ke dalam kapal korban sehingga membuat kapal tenggelam. Bermacam cara dilakukan oleh Funayurei untuk mendapatkan anggota roh baru.

funayurei
source: google

Kabarnya, untuk menghadapi serangan dari kapal hantu Funayurei, para kru awak kapal harus berlayar melewati kapal Funayurei dan tidak berbalik untuk menghindari tabrakan dengan mereka. Terkadang, para kru kapal juga dengan sengaja membawa gayung dan ember yang dilubangi pada bagian bawah untuk mengelabui Funayurei.

sumber: astonishinglegends, artforia, wikipedia

Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan